Manfaat Buah Tomat untuk Wanita Hamil

Manfaat buah tomat untuk wanita hamilWanita hamil ingin selalu sehat sejak awal kehamilan hingga nanti saat melakukan proses melahirkan, kesehatan sangatlah penting, ibu hamil memerlukan kekuatan yang lebih banyak agar bisa menjaga janin yang ada di dalam perutnya karena bila kondisi ibu hamilnya saja sudah lemah, secara tidak langsung akan memberikan pengaruh buruk bagi kondisi janin. Menjaga kesehatan disaat hamil termasuk hal yang sulit, apalagi ibu hamil terikat dengan perubahan hormon yang membuatnya jadi berkali lipat lebih sensitif. Agar masa kehamilan belajar dengan lancar, pastikan jika Anda selalu mengkonsumsi makanan dan buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Advertisement

Mengkonsumsi tomat bisa menjadi alternatif pilihan camilan sehat disaat Anda hamil karena buat ini memiliki banyak manfaat. Tapi baca juga yang ini : Kehebatan Buah tomat untuk kulit

Berikut manfaat hebat buah tomat untuk wanita hamil :

Buah yang kaya antioksidan

Selama ini kita hanya mengkonsumsi buah tomat ala kadarnya saat, sangat jarang sekali orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi jus buah tomat daripada jus buah stroberi. Padahal semua sayuran dan buah-buahan yang biasa kita konsumsi setiap hari memiliki banyak fungsi yang bekerja dengan sangat baik sebagai penangkal radikal bebas. Tomat memiliki kandungan lycopene yang merupakan jenis antioksidan yang berkhasiat untuk melindungi kesehatan kulit dari paparan sinar matahari jahat, melindungi sel tubuh serta organ penting di dalam tubuh. Mengkonsumsi jus tomat secara teratur akan membantu wanita hamil menjadi lebih bugar dan tampak segar selama menjalani proses kehamilan yang panjang.

Baca juga : Efek makan buah durian bagi ibu hamil

Mencegah penyakit jantung kambuh

Setiap orang memiliki masalah kesehatan yang berbeda dan cukup kompleks, wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung bisa mencoba untuk menjaga kesehatan jantungnya dengan mengkonsumsi buah tomat segar maupun buah tomat yang sudah diolah. Dari hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan jika kandungan lycopene dalam buah tomat mampu untuk mencegah penyakit jantung menyerang kembali sehingga wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah tomat segar secara teratur.

Baca juga:  Makanan-makanan sehat untuk Ibu Hamil

Sumber nutrisi untuk bayi dalam kandungan

Manfaat buah tomat untuk wanita hamil berkaitan dengan kesehatan janin yang sedang tumbuh di dalam rahimnya. Kandungan kalium dan vitamin C di dalam jus tomat segar sangat baik untuk wanita hamil bisa menyalurkan nutrisi penting pada janin di dalam kandungan.

Baik bagi penderita diabetes

Menurut hasil sebuah penelitian, ditemukan fakta jika jus tomat bermanfaat dalam menghambat penggumpalan di pembuluh darah. Wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes disarankan untuk mengkonsumsi segelas jus tomat secara teratur agar terhindar dari komplikasi penyakit diabetes selama masa kehamilan.

Mencegah sembelit

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh jus tomat antara lain mencegah sembelit, untuk mengatasi sembelit atau mencegah sembelit, Anda hanya perlu membuat jus campuran dari buah tomat segar dengan daun bayam segar, blender kedua bahan alami dan minumlah jusnya secara teratur. Keduanya kaya akan serat yang baik untuk penceranaan sehingga sistem pencernaan bisa berjalan dengan lancar.
Buah tomat yang kita makan setiap harinya memberikan banyak pengaruh positif untuk tubuh, Anda yang tidak gemar makan buah tomat dianjurkan untuk mulai mencoba mengkonsumsinya apalagi saat sedang hamil, karena manfaat buah tomat untuk wanita hamil sangatlah banyak. Wanita hamil yang gemar mengkonsumsi buah tomat segar apalagi yang organik akan terlihat lebih bugar, segar dan sehat selama masa kehamilan dari trimester pertama hingga persalinan tiba.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *