Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Manfaat Buah Tin untuk Ibu hamilBuah tin yang juga disebut sebagai buah ara dan buah figs adalah termasuk salah satu buah yang sangat populer diseluruh dunia akan manfaat dan khasiatnya disamping buah zaitun. Buah tin adalah buah musiman yang banyak ditemukan tumbuh di Asia barat, namun buah tin kering saat ini hampir tersedia di mana-mana sepanjang tahun. Manfaat kesehatan dari buah tin berasal dari kandungan mineral, vitamin dan seratnya yang tinggi. Nutrisi bermanfaat yang terkdnung dalam buah ara termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium dan klorin. Namun manfaat terbesar dari buah tin adalah dari banyaknya kandungan serat dan kalium. Baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Plum Kering

Advertisement

Berikut banyaknya manfaat mengkonsumsi buah Tin untuk ibu hamil dan kesehatan secara umum

Manfaat untuk Ibu Hamil

  • Buah tin memiliki profil mineral yang secara keseluruhan lebih tinggi  jika dibandingkan dengan buah atau jenis sayuran umum lainnya. Hal ini sangat tinggi kalsium, zat besi, kalium, dan seng, yang merupakan nutrisi kunci untuk kehamilan yang sehat.
  • Kandungan kalium yang tinggi buah tin dapat membantu untuk membantu mengontrol tekanan darah. Hipertensi terkait dengan preeklamsia, yaitu kondisi kehamilan yang sangat berbahaya.
  • Kandungan mineral dari buah tin menyerupai ASI manusia!
  • Buah tin memiliki kandungan serat paling tinggi dari buah-buahan pada umumnya. Hal ini kaya akan kedua jenis serat yaitu serat larut dan tak larut, sehingga buah tin benar-benar membantu untuk mengurangi sembelit yang sangat umum selama kehamilan.
  • Buah tin mengandung enzim proteolitik yang juga membantu pencernaan, yang secara alami akan melambat selama kehamilan.
  • Buah tin sangat alkali,  yang telah terbukti untuk membantu mengidam. Hal ini dapat membantu mengontrol keinginan makan makanan yang kurang sehat yang dapat mengganggu diet kehamilan yang sehat.
  • Buah tin tinggi vitamin B6, yang telah lama dianggap bermanfaat  untuk mengurangi morning sickness.
  • Daun buah tin telah terbukti mengurangi dan bahkan menghilangkan kebutuhan insulin pada pasien diabetes. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah ini dapat membantu untuk mengontrol atau menghindari diabetes gestasional pada kehamilan.
  • Buah tin kering mengandung Omega 3, yang penting dibutuhkan untuk perkembangan janin yang optimal. Mengkonsumsi banyak Omega 3 selama kehamilan juga terkait dengan kasus yang lebih rendah kelahiran prematur.
  • Psoralen, senyawa kimia alami yang ditemukan dalam buah ara telah digunakan untuk mengobati banyak masalah pigmentasi kulit dan mungkin bermanfaat dalam mencegah melasma selama kehamilan.

Baca juga : Manfaat Kacang hijau untuk Kesehatan dan Kehamilan

Pencegahan sembelit:

AKonsentrasi tinggi serat membantu menyehatkan fungsi usus dan mencegah sembelit. Serat bekerja untuk gerakan usus dan mengumpulkan kotoran, sehingga tidak hanya mencegah sembelit, tetapi juga menghilangkan diare dan BAB yang tidak sehat atau tidak teratur.

Baca juga:  Manfaat penting Tempe untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat badan:

Serat dalam buah tin juga membantu untuk mengurangi kelebihan berat badan. Namun, jumlah kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama bila dikonsumsi dengan susu. Beberapa buah tin sudah cukup untuk mendapatkan nutrisi, jadi jangan berlebihan!

Menurunkan kolesterol:

Buah tin mengandung Pektin, adalah salah satu zat jenis serat larut. Ketika serat bergerak melalui sistem pencernaan, pada dasarnya menghambat penyerapan kelebihan kolesterol dan membuangnya keluar dari tubuh. Sebagai serat larut, pektin juga merangsang gerakan usus yang sehat.

Pencegahan penyakit jantung koroner:

Buah tin atau ara kering mengandung fenol, Omega 3 dan Omega 6, yaitu asam lemak yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Daun buah tin juga memiliki manfaat yang signifikan pada tingkat trigliserida dalam darah. Daun buah ini memiliki efek menghambat trigliserida, dan membuat jumlah trigliserida turun. Trigliserida adalah faktor utama di balik penyakit jantung.

Pencegahan kanker

Serat membantu untuk merangsang pembuangan radikal bebas dan zat-zat lain penyebab kanker, terutama di usus besar, karena serat meningkatkan gerakan usus yang sehat.

Serat dalam buah tin telah dikenal untuk melindungi dari kanker pay*dara. Setelah menopause, keseimbangan hormonal pada wanita seringkali berfluktuasi. Sistem tubuh yang saling berhubungan dengan hormon bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang mengubah mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Baik untuk diabetes:

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan berserat tinggi yang membantu meningkatkan kontrol fungsional diabetes. Daun buah ara dapat mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan oleh pasien diabetes yang harus secara teratur menerima suntikan insulin. Buah tin juga kaya Kalium, yang membantu mengatur jumlah gula yang diserap ke dalam tubuh setelah makan. Kalium dalam jumlah besar bisa memastikan lonjakan gula darah turun dan lebih jarang, sehingga dapat membantu penderita diabetes bisa hidup jauh lebih normal.

Pencegahan hipertensi:

Orang biasanya memperoleh asupan sodium dalam bentuk garam. Tapi kalium rendah dan tingkat natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Buah tin tinggi kalium dan rendah sodium, sehingga mencegah hipertensi.

Memperkuat Tulang:

Buah tin yang kaya kalsium, yang merupakan salah satu senyawa paling penting untuk memperkuat tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis. Hal ini juga kaya akan fosfor, yang mendorong pembentukan tulang dan pertumbuhan kembali jika ada kerusakan atau degradasi tulang.

Demikian beberapa poin penting mengenai manfaat buah tin buat kesehatan, terutama bagi Ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan menyongsong datangnya kebahagiaan baru.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *