Manfaat Buah Terong untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah terong bagi kesehatan tubuhBuah Terong sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita,  karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentunya sangat dibutuhkan untuk menunjang semua fungsi kerja organ. Terong merupakan buah sayuran seperti  tomat, atau buah jengkol, petai, dsb. Walaupun kurang begitu populer, terong sebenarnya sangat bergizi,  dan oleh karena itu sangat layak jika kita masukkan kedalam menu sehat harian kita. Hal ini tidak hanya mempromosikan kesehatan yang baik, tetapi juga membantu mencegah masalah kesehatan seperti kanker. Menurut ahli gizi Tracy Vandermark dari Nyack College, orang perlu memasukkan terong kedalam diet harian mereka, karena merupakan sumber nasunin, asam klorogenat, serat, vitamin, dan mineral yang baik. Terong terdiri dari banyak sekali kultivar, ada terong ungu, hijau, dsb tapi semua kurang lebih memiliki gizi dan manfaat yang sama.

Advertisement

Berikut ini adalah top manfaat terong bagi kesehatan tubuh kita yang jarang diketahui

Terong  salah satu dari sedikit jenis sayur/buah yang mengandung Nasunin

Nasunin adalah jenis Antioksidan yang ditemukan dalam kulit terong. Pada tahun 2005, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah melaporkan bahwa nasunin dalam kulit terung memiliki sifat antiangiogenic. Menurut para ahli, sel-sel kanker dapat memperoleh kemampuan angiogenesis dan mengembangkan sarana untuk meningkatkan suplai darah mereka sendiri. Kemampuan angiogenesis pada sel kanker inilah yang menyebabkan tumor bisa tumbuh cepat. Sifat antiangiogenic nasunin mencegah angiogenesis terjadi, sehingga dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kanker.

Terong Mengandung Tinggi Asam klorogenik

Terong juga mengandung tinggi asam klorogenat, yaitu senyawa tanaman yang dikenal karena memiliki sifat antioksidan yang kuat. Menurut peneliti dari Departemen Pertanian AS, asam klorogenat adalah antioksidan yang paling dominan dalam terong. Asam klorogenat bermanfaat menurunkan LDL (kolesterol buruk) dan mengusir radikal bebas penyebab kanker. Asam klorogenat juga memiliki sifat antimutagenik yaitu melindungi dan mencegah sel-sel tubuh bermutasi menjadi sel-sel kanker. Selain itu, para ahli percaya bahwa asam klorogenat memiliki sifat antivirus yang dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit karena virus.

Baca juga:  10 Manfaat Olahraga Berenang untuk kesehatan, Fisik hingga Psikologis

Terong Kaya akan Vitamin, Mineral, dan serat pangan

Terong mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan adalah vitamin C, folat, vitamin B, dan vitamin A. Vitamin-vitamin ini sangat diperlukan guna meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan ketahanan terhadap berbagai macam penyakit. Terong juga mengandung sejumlah besar mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini membantu mencegah golongan masalah kesehatan seperti radang sendi, osteoporosis, dan penyakit jantung. Terong juga merupakan sumber serat makanan, yang sangat diperlukan tubuh untuk melindunginya dari kanker usus besar, membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik, dan membuat perut merasa kenyang setelah makan.

Kesimpulan

Vander mark merekomendasikan bahwa orang harus mulai memasukkan buah terong kedalam makanan mereka dengan alasan sbb :.

  1. Terong akan memberikan banyak manfaat kesehatan yang tidak dapat diberikan oleh jenis  sayuran  atau buahan lainnya. Misalnya, nasunin hanya ditemukan di terong dan tidak dapat diperoleh dari sayuran lainnya.
  2. Terong rendah karbohidrat dan kalori, dan tidak mengandung lemak, sehingga dapat dengan mudah dimasukkan dalam makanan sehari-hari tanpa takut kelebihan berat badan. Terong bisa dimasak dalam berbagai cara dan membuat lauk yang sangat baik.
  3. Banyak ahli kesehatan yang setuju bahwa satu cangkir terung per hari akan membantu menjaga kita dari penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *