Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil dan Janin

Semua ibu yang sedang hamil memerlukan banyak makanan bergizi yang tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil saja namun juga dibutuhkan untuk janin agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna di dalam rahim ibu. Buah merupakan makanan bergizi yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin, termasuk buah semangka. Buah semangka yang kaya akan kandungan mineral akan membantu menjaga tubuh ibu hamil tetap terhidrasi, menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat dan segar.

Advertisement

Inilah beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin yang patut untuk Anda ketahui :

Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan masalah pencernaan yang biasa terjadi pada semua orang, sembelit akan terjadi disaat tubuh kekurangan cairan atau serat untuk menyerap makanan yang ada di dalam tubuh sehingga makanan yang sudah dicerna dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan tepat waktu. Cara alami mengatasi sembelit adalah dengan menambah konsumsi makanan yang kaya mineral dan serat, seperti buah semangka. Buah semangka bisa membantu mengatasi sembelit yang dialami oleh ibu hamil, konsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan gerakan usus serta membersihkan sistem pencernaan Anda. Baca juga : Alpukat untuk kehamilan dan janin

Mengurangi pembengkakan aliran darah

Salah satu tujuan yang akan Anda dapatkan disaat Anda mengkonsumsi buah semangka adalah mengurangi pembengkakan aliran darah. Selama masa kehamilan, ibu hamil seringkali mengeluhkan pembengkakan yang terjadi pada kaki dan tangan mereka yang mana bisa jadi disebabkan oleh pembengkakan pada aliran darah. Semangka yang tinggi kadar air akan membantu mengurangi pembengkakan pada kaki dan juga tangan.

Mencegah tubuh mengalami dehidrasi

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tetap menjaga tubuh akan selalu terhidrasi sepanjang waktu sangatlah penting karena disaat tubuh mengalami dehidrasi, Anda dapat mengalami kontraksi awal rahim yang kemudian menyebabkan kelahiran premature. Agar tubuh tetap terhidrasi pastikan jika kadar air di dalam tubuh mencukupi, dan cara alami untuk melakukannya adalah dengan mengkonsumsi jus buah semangka atau mengkonsumsi buah semangka secara langsung.

Baca juga:  Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil, Janin dan Balita

Meredakan asam lambung yang tinggi

Redakan asam lambung yang mendadak tinggi dengan mengkonsumsi buah semangka yang menyegarkan. Selama ibu hamil menjalani masa kehamilannya, ibu hamil biasa mengalami masalah pada pencernaannya, termasuk asam lambung yang meningkat taja, dan untuk meredakan asam lambung yang tinggi, Anda membutuhkan buah semangka yang bersifat menenangkan.

Mengatasi morning sickness

Hal yang seringkali dialami oleh para ibu hamil selama masa kehamilan adalah morning sickness, ini merupakan hal yang normal yang akan terjadi saat ibu hamil, namun bila terjadi secara terus menerus dalam gelombang yang tinggi hingga ibu hamil tidak bisa makan dengan baik dan benar tentunya akan memberikan pengaruh buruk pada janin dan ibu hamil. Dan untuk mengatasi morning sickness, minumlah jus buah semangka atau makan potongan buah semangka segar.

Melawan pigmentasi kulit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin antara lain adalah melawan pigmentasi pada kulit. Pigmentasi bisa saja terjadi selama masa kehamilan yang disebabkan oleh naiknya kadar hormon tubuh. Semangka akan membantu membersihkan tubuh serta menghilangan semua racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah pigmentasi kulit. Pilih buah semangka yang masih segar dan berkualitas baik untuk mendapatkan hasil optimal yang Anda inginkan, jika dimungkinkan pilih buah semangka organik.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *