Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Manfaat buah salakSiapa yang tak kenal dengan Buah Salak, karena buah tropis ini asli berasal dari Indonesia dan malaysia. Salak tidak berair sehingga cukup nyaman untuk dimakan, rasanya manis, dan biasanya agak asam juga seperti apel. Tapi rasa buah salah dapat bervariasi baik rasa dan tekturnya tergantung daerah asal buah ini dibudidayakan.  Jenis-jenis buah salah yang terkenal misalnya Salak Yogyakarta , atau yang dikenal sebagai salak pondoh yang bisa masak dan berkeringat sebelum matang. Varietas salak terkenal lainnya adalah Salak Bali, yang banyak tumbuh di daerah Sibetan, Nongan dan tempat-tempat wisata seperti Pantai Candidasa dan Pura Besakih. . Dan Yang ketiga lainnya adalah salak gula , yang dikenal karena rasanya yang manis dan kadang difermentasi menjadi Salak anggur.

Advertisement

Berikut beberapa Manfaat makan buah salak bagi kesehatan

Buah salak juga mengandung  Protein, Beta Karotene, vitami C, dan tiamin, serat pangan, zat besi, Kalsium, fosfor dan karbohidrat sehingga sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Nah berikut apa saja yang bisa kita dapat dari makan buah eksotis ini :

Baik untuk kesehatan Mata

Buah salak mengandung beta karoten, yaitu provitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Biasanya orang yang ingin matanya tetap terjaga akan mengkonsumsi banyak jus wortel, tapi sekarang Anda sudah mengetahui pilihan lain selain wortel

Dapat menjadi Obat Diare alami

Setiap kali Anda diare, biasanya tidak langsung mengambil obat. Tidak ada salahnya mencoba pengobatan alami untuk pertolongan pertama. Dengan cara mengkonsumsi kurang dari dua puluh gram salak yang masih muda dapat membantu menghilangkan penyakit diare.

Dapat membantu Program Diet

Buah salak adalah kualitas yang sangat baik untuk membantu program diet kita, karena  terdiri dari nutrisi dan juga fitonutrien yang mungkin dapat membantu program diet. Salak mengandung vitamin C, tanin dan juga serat. Dan serat inilah yang dapat membuat orang kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil. Ngemil adalah cara yang bisa membuat pembengkakan berat badan dengan cepat. Makanlah buah salah tanpa membuang selaputnya, karena disitulah kandungan serat tertinggi buah salak.

Baca juga:  Manfaat Mendengarkan Musik bag Kesehatan Fisik dan Mental

Baik untuk kesehatan Otak

Salak diakui sebagai salah satu buah yang sangat kaya akan kalium dan juga Pektin, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak kita. Kalium juga bermanfaat menyerap kelebihan sodium, sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi.

Baik untuk pencernaan

Salak mengandung zat saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan kalsium. Tannin sebenarnya adalah zat anti diare; Oleh karena itu salak dapat menyembuhkan gangguan pencernaan perut seperti sembelit dan diare. Tips, yang terbaik adalah mengkonsumsi salak bersama selaputnya, sehingga bisa terhindar dari sembelit. Untuk mengobati Perut mulas, cukup hanya dengan makan buah salak segar bersama dengan madu.

Baik untuk menjaga kecantikan Kulit

Salak juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan zat antioksidan dari makanan alami, yaitu seperti vitamin C dan  fenolik. Antioksidan adalah zat penangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Mengatasi Wasir

Terntaya wasir yang menyakitkan bisa diredakan dengan buah salak. Masukan 3 lembar daun salak dalam segelas air dan dikukus, kemudian tambahkan madu, dan minum tiga kali setiap hari.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *