Inilah Manfaat Hebat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah pisangPisang adalah buah yang banyak disuka baik itu anak-anak maupun orang dewasa, karena mereka semua suka manis. Pisang sangat fleksibel, bisa dikonsumsi segar maupun diolah menjadi berbagai penganan yang lezat. Dapat dimakan begitu saja, diiris menjadi salad buah atau dihaluskan dan ditambahkan ke muffin dan roti. Pisang dingin juga dapat ditambahkan ke yogurt atau es krim. Hmm… begitu banyak cara untuk mengkonsumsi pisang. Yang tak kalah menariknya, pisang sepanjang musim dan termasuk buah yang paling bergizi dengan harga terjangkau. Varian pisang juga banyak, masing-masing memiliki cita rasa berbeda – Anda suka yang mana?… Baca juga : Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

Advertisement

Inilah manfaat hebat buah pisang bagi tubuh kita!

Mengandung Karbohidrat

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai bahan baku utama energi. Makan pisang setelah latihan bermanfaat mengisi ulang bahan bakar untuk tubuh Anda. 1 buah pisang setelah sarapan akan memberikan energi untuk setengah hari kedepan dan membuat anda mengurangi ngemil.

Kalori sedang

Makan pisang bisa memanjakan selera manis tanpa merusak diet Anda. Selain itu, pisang merupakan sumber gula sebagai sumber energi yang sehat. Namun rata-rata pisang mengandung sekitar 110 kalori, sehingga cukup bagus bagi kesehatan Anda.

Tanpa Lemak dan Kolesterol

Pisang dan buah lainnya secara alami bebas lemak dan kolesterol. Gunakan pisang yang dihaluskan untuk menggantikan beberapa mentega atau minyak saat membuat kue yang sehat.

Tinggi Kalium

Pisang paling dikenal akan kandungan kaliumnya tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium dalam pisang seukuran sedang. Menurut Colorado State University Extension, kalium diperlukan untuk kerja saraf yang baik dan fungsi otot. Disamping itu juga untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh yang sehat. Kalium dalam pisang membantu mencegah kram otot setelah latihan atau bekerja berat.

Mengandung Vitamin C

Pisang juga mengandung cukup vitamin C. Satu buah pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan sel dan meningkatkan penyerapan nutrisi lainnya seperti besi.

Baca juga:  Manfaat Vitamin B1, B2, B3 ,B5, B6, B7, B9, dan B12

Menyediakan juga Vitamin B-6

Vitamin B  lebih umum ditemukan pada makanan hewani, dan uniknya pisang merupakan sumber vitamin B-6 atau piridoksin yang baik selain hewani. Satu pisang dapan memberikan sekitar 35 persen dari kebutuhan harian vitamin B-6 Anda. Tubuh Vitamin B-6 digunakan tubuh untuk pertumbuhan sel-sel baru.

Mengandung Mangan

Pisang merupakan sumber mineral mangan yang baik, yaitu satu buah pisang sedang menyediakan sekitar 0,3 mg mangan. Orang dewasa membutuhkan antara 1,8 dan 2,3 mg mangan setiap hari. Mineral ini diperlukan untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

Mengandung serat pangan

Menurut USDA, satu buah pisang menyediakan  sekitar 3 g serat. Serat makanan membantu merasa kenyang lebih lama dan juga menjaga proses pencernaan tetap berjalan lancar.

Nutrisi lain

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral lainnya. 1 buah pisang menyediakan beberapa zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor serta vitamin A , vitamin E, folat, karoten dan kolin. Pisang juga mengandung jejak asam amino.

Baik untuk Pencernaan

Pisang sangat mudah dicerna. Ketika Anda sakit  atau gangguan ada pencernaan, pisang bisa menjadi cara yang menarik untuk memperoleh nutrisi penting tanpa mengganggu perut Anda. Pisang dihaluskan juga sering digunakan sebagai makanan padat dan sangat baik untuk bayi dimana pencernaan ususnya masih belum kuat. Bagi ibu hamil akan mengalami penurunan pencernaan usus, jadi pisang juga sangat bagus untuk ibu hamil.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *