Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Manfaat buah nangka bagi kesehatanNangka dengan nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus, sebenarnya berasal dari keluarga murbei, memiliki kulit luar berduri namun dengan daging buah yang lembut dan sangat manis rasanya. Buah nangka biasanya banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, namun asal-usulnya dari India. Thailand dan Vietnam adalah negara produsen  terbesar dari buah ini. Banyak diteukan varietas Nangka di seluruh negara dan benua dan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kelembutan dagingnya. Baca juga : 10 Manfaat Penting Makan Buah Durian bagi Kesehatan

Advertisement

Nangka adalah buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi , sehingga membuatnya menjadi buah yang cocok untuk pencahar. Buah nangka mentah banyak digunakan sebagai masakan pedas yang gurih yang khas. Tekstur nangka mentah seperti daging kambing dan begitu juga rasanya ketika dimasak dengan rempah-rempah. Biji nangka juga bisa dimakan dalam bentuk rebus atau juga bisa ditambahkan kedalam sayuran bersantan.

Nangka adalah buah yang sehat dengan hampir tidak mengandung lemak tapi menyediakan energi yang  tinggi. Rasa buahnya yang lezat  membuatnya tidak terlalu sulit untuk memasukkan kedalam diet – namun sayangnya banyak negara hanya bisa mendapatkannya dalam bentuk nangka kaleng yang diawetkan di dalam sirup gula atau air garam yang tidak sehat. Baca juga :Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi buah Nangka

Menyediakan banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, elektrolit, fitonutrien , karbohidrat, serat, lemak dan protein. Nangka merupakan sumber kalori tapi tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Daftar bawah ini akan memberikan gambaran rinci tentang jumlah kadar nutrisi buah nangka ini :

Energi 95 Kcal
Karbohidrat 23 gram
Gula 19,08 gram
Serat pangan1,5 gram
Lemak 0.64 gram
Protein 1,72 gram
Vitamin A 5 ug
Beta Karoten 61 ug
Lutein Zeaxanthin 157 ug
Vitamin B1 0,105 mg
Vitamin B2 0.055 mg
Vitamin B3 0.92 mg
Vitamin B5 0.235 mg
Vitamin B6 0,329 mg
Vitamin B9 24 ug
Vitamin C 13,8 mg
Vitamin E 0,34 mg
Kalsium 24 mg
Magnesium 29 mg
Zat Besi 0,23 mg
Fosfor 21 mg
Kalium 448 mg
Seng 0,13 mg
Nangka kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin B5 dari nangka bisa memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan kita sehari-hari. Terlepas dari Vitamin B5, nangka juga merupakan sumber Vitamin C, Magnesium dan Kalium. Kandungan lemak Nangka sangat rendah yaitu hampir 0,64 gram. Meskipun air bukanlah nutrisi, tetapi boleh disebutkan bahwa Nangka terdiri 80% air .

Manfaat menakjubkan makan buah Nangka bagi kesehatan

Nangka mengandung karbohidrat dan kalori tinggi, artinya mampu menyediakan energi secara instan. Hal ini juga kaya akan antioksidan yang akan melindungi kita dari kanker, penuaan dini dan penyakit degeneratif. Nangka juga Sumber kalium yang baik, sehingga bermanfaat untuk mempertahankan tingkat cairan dan elektrolit yang seimbang plus meningkatkan kesehatan tulang dan kulit.

Mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Anti-oksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk mengais radikal bebas. Radikal bebas diproduksi ketika oksigen bereaksi dengan molekul tertentu memulai reaksi berantai yang merusak membran sel dan bahkan DNA.

Radikal bebas ini telah dikaitkan dengan proses alami seperti penuaan, kerutan kulit, peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan penyakit dan kondisi yang lebih serius seperti kanker dan tumor . Vitamin C adalah anti-oksidan alami dan bersifat larut dalam air dan tidak dibuat oleh tubuh kita, sehingga Anda perlu mengkonsumsi melalui sumber makanan.

Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dengan kadar tinggi 13,8 mg per 100 gram. Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin C adalah anti-oksidan yang lebih baik, sehingga sangat efektif untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Pemurnian tubuh kita  dari radikal bebas akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini meningkatkan kekebalan untuk melindungi terhadap penyakit umum seperti batuk, pilek dan flu.

Sebagai Sumber Energi yang cepat

Jika Anda perlu energi yang cepat, maka buah nangka adalah sedikit dari jenis buah yang dapat membantu Anda. Nangka mengandung karbohidrat dan kalori tinggi tapi hampir tidak ada lemak. Mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang mudah dicerna oleh tubuh kita.

Namun jika Nangka merupakan bagian rutin dari diet Anda , maka pastikan Anda melakukan beberapa aktivitas fisik rutin  untuk membantu pencernaan.

Menjaga Tekanan Darah dan kesehatan kardiovaskular

Kalium merupakan salah satu komponen yang paling penting yang mengatur tekanan darah. Tubuh kita membutuhkan sekitar 4700 miligram Kalium dalam sehari. Keseimbangan optimal dari kalium adalah kunci untuk mengendalikan jumlah natrium yang tepat dalam tubuh kita. Kekurangan kalium bisa membuat kadar natrium lepas kendali yang menyebabkan kerusakan jantung dan arteri. Selain fungsi ini, kalium juga berperan dalam mengkoordinasikan dan menjaga fungsi otot – yang meliputi otot-otot jantung juga.

Baca juga:  Manfaat Makan Rebung untuk Kesehatan

Tingkat kalium yang ideal diperlukan untuk mempertahankan tingkat cairan untuk menyeimbangkan elektrolit. Semua fungsi-fungsi kalium yang berbeda juga membantu menjaga tekanan darah yang ideal dan mengurangi risiko stroke yang dan serangan jantung .

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Nangka menyediakan 1,5 gram serat per porsi 100 gram, dan yang dianggap baik. Serat pangan sebagai pencahar yang mengumpulkan dan melunakkan tinja. Kedua faktor ini akan membuat  tubuh mudah untuk mendorongnya keluar. Oleh karena itu makan nangka meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Nangka mengandung baik serat larut dan tidak larut dengan julah serat larut 25% dari total serat. Serat tak larut bisa dicerna dan memberikan energi, sedangkan serat larut hanya melewati saluran gastrointestinal. Serat tidak larut membuat kotoran cepat, sehingga membuat saluran usus bersih dan mengurangi penumpukan.

Buah-buahan  yang tinggi anti-oksidan termasuk nangka membantu membersihkan racun dari usus besar, menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik dan sehat. Meskipun tidak mengobati kanker tapi pasti dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan kondisi ini.

Hal ini juga membantu mengurangi dan mencega Wasir yang pada dasarnya terbuat dari pembuluh darah yang bengkak. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dan kasus kritis bisa sampai terjadi perdarahan dan rasa sakit yang luar biasa. Salah satu penyebab utamanya adalah sembelit kronis . Buah Nangka mencegah sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi dan dapat membantu mengurangi gejala wasir.

Mengandung Vitamin A untuk penglihatan yang baik

Nangka mengandung Vitamin A dan dalam bentuk Beta Karoten dan Lutein Zeaxanthin. Beta karoten akan disintesis dan berubah menjadi Vitamin A dalam tubuh. Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Ini adalah anti-oksidan yang meningkatkan penglihatan dan melindungi mata dari radikal bebas. Antioksidan ini juga dikenal berguna melindungi mata dari infeksi dengan memperkuat selaput lendir yang membuat film pada kornea.

Lutein Zeaxanthin dalam Nangka juga dikenal karena memiliki sifat anti-oksidan yang meningkatkan pandangan mata secara efektif. Hal ini akan melindungi mata dari gelombang cahaya yang kuat dan berbahaya seperti sinar ultraviolet – juga sangat efektif mencegah degenerasi retina dan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Meningkatkan Kesehatan dan mencegah Penuaan dini :

Penuaan disebabkan karena faktor alamiah seperti halnya peningkatan usia. Namun karena polusi, radiasi UV,  dan penuaan gaya hidup yang tidak sehat memicu penuaan dini yang lebih cepat dari alaminya. Penyebab utamanya adalah radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh kita karena stres oksidatif yang tinggi termasuk akibat polusi. Buah yang kaya antioksidan seperti Nangka telah terbukti mampu menghancurkan radikal bebas demi memperlambat proses penuaan.

Meredakan Gejala Asma

Dengan semakin meningkatnya polusi dan kekebalan ubuh yang melemah,  kasus asma dilaporkan meningkat setiap tahun. Nangka telah terbukti bermanfaat bagi pasien asma. Asma menunjukkan gejala seperti kesulitan bernafas, mengi dan serangan panik. Ini adalah kondisi kronis dan tidak benar-benar ada obatnya, tetapi perlu dikelola dengan obat-obatan dan diet hypoallergenic.

Nangka kini sedang dieksplorasi untuk mengobati dan mengendalikan gejala asma. Merebus akar Nangka dan meminumnya diketahui bisa meringankan gejala asma.

Menyehatkan Tulang

Nangka mengandung  kalsium tinggi, yang dibutuhkan untuk memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Tulang dan penyakit terkait lainnya seperti Arthritis, Osteoporosis juga dapat dikelola dan dicegah dengan mengkonsumsi Nangka. Tingginya kadar kalium dalam Nangka lebih lanjut mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal sehingga meningkatkan kepadatan kalsium dalam tulang dan memperkuatnya

Mengurangi resiko Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang didefinisikan sebagai penurunan sel darah merah atau Hemoglobin dalam darah di bawah tingkat minimum. Hal ini menyebabkan pengiriman oksigen dalam tubuh yang lambat yang kemudian mengarah kepada kelesuan, kelelahan konstan, kulit pucat dan dalam beberapa kasus termasuk peyumbatan.

Nangka mengandung zat besi yang dapat memerangi kekurangan sel darah merah dalam darah. Sementara Kandungan vitamin C nya lebih memungkinkan penyerapan zat besi secara efektif dalam tubuh. Semua zat besi yang Anda dapatkan dari makanan tak diserap tubuh jika tanpa adanya Vitamin C. Mineral lain seperti tembaga dan magnesium dalam Nangka membantu meningkatkan kualitas darah.

Peringatan :

Nangka memiliki serat sangat tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Selain itu nangka mengandung kadar gula tinggi, dan meskipun alami, sebaiknya penderita diabetes berhati-hati.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *