Manfaat buah Nanas untuk Ibu Hamil

manfaat nanas untuk ibu hamilBuah nanas yang cantik dengan warna kuning cerah dan rasa masam biasanya dikonsumsi sebagai pelengkap rujak buah, bersama jambu air, mangga muda dan mentimun atau bengkuang. Selain dikonsumsi sebagai buah rujak, buah nanas biasanya dikonsumsi secara langsung setelah dicuci bersih, dipotong menjadi lebih kecil dan dihilangkan getahnya dengan menggunakan garam atau diolah menjadi jus buah nanas dengan tambahan buah stroberi atau buah naga. Baca juga : Manfaat alpukat untuk ibu hamil dan janin

Advertisement

Tahukah, Anda jika mengkonsumsi buah nanas ternyata cukup baik untuk ibu hamil? Banyak orang yang percaya jika buah nanas tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan janin dalam kandungan, namun untuk beberapa alasan, buah nanas memiliki manfaat buah nanas untuk ibu hamil.

Berikut manfaat penting buah nanas bagi wanita hamil :

Melawan radikal bebas

Terbiasa mengkonsumsi buah nanas akan membawa dampak positif terhadap kesehatan tubuh dan kulit, termasuk pada ibu hamil. Mengkonsumsi buah nanas dalam kadar yang cukup saat hamil akan membantu melawan radikal bebas. Buah nanas mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang mana memiliki kemampuan alami untuk melawan radikal bebas yang mampu membahayakan kesehatan tubuh, selain berkhasiat untuk melawan radikal bebas, buah nanas juga efekitf untuk mengatasi penyakit jantung, aterosklerosis serta arthritis. Namun karena memiliki kadar keasaaman yang cukup tinggi, hendaknya konsumsi buah nanas tidak terlalu banyak.

Menguatkan tulang

Mereka yang kekurangan kalsium dan juga zat besi, akan mengalami penurunan kekuatan tulang dan untuk mengatasi masalah pada tulang atau untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat, hendaknya Anda mengkonsumsi buah nanas. Hasil dari beberapa study menunjukkan jika mengkonsumsi satu cangkir jua nanas setiap hari mampu membantu merawat dan menjaga kesehatan tulang sehingga tulang tetap kuat dan sehat.

Menyehatkan gusi

Masalah kesehatan yang dialami oleh ibu hamil sangat beragam, tidak terkecuali dengan kesehatan mulut dan gusi. Walaupun setiap hari kita menggosok gigi dan membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi, tanpa memberikan gizi dan nutrisi yang mencukupi pada tubuh akan memicu timbulnya penyakit pada gigi dan juga gusi. Dan untuk mendapatkan gusi yang sehat, tidak membengkak dan juga bebas dari sariawan atau sakit gigi, pastikan jika Anda mengkonsumsi buah nanas sekurang-kurangnya satu minggu sekali.

Baca juga:  Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah nanas untuk ibu hamil adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar masa kehamilan tidak mengalami hambatan karena tubuh yang tidak sehat, hendaknya Anda menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi yang mana dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk mengkonsumsi buah nanas sebagai makanan penutup atau camilan buah yang segar. Kandungan vitamin C dalam buah nanas akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan nutrisi pada tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Mengatasi radang pada tenggorokan

Rasa tidak nyaman yang terjadi pada tenggorokan bisa jadi disebabkan oleh tenggorokan yang meradang, untuk mengatasi radang pada tenggorokan ini, Anda bisa mengkonsumsi buah nanas, walaupun banyak orang yang percaya jika mengkonsumsi buah nanas akan membuat tenggorokkan semakin gatal, akan tetapi, menurut hasil beberapa penelitian, mengkonsumsi buah nanas merupakan obat yang baik yang mampu mengatasi radang tenggorokan, karena kandungan bromelain dalam buah nanas mampu membantu mencegah sinusitis.
Berbagai manfaat buah nanas untuk ibu hamil akan Anda dapatkan disaat Anda mengkonsumsi buah nanas segar dengan jumlah yang sesuai. Jangan terlalu banyak, dan dapatkan buah yang benar-benar masak. Jika Abda ragu, konsultasikan dengan dokter kandungan anda untuk mendapat nasehat yang tepat untuk Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *