Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga untuk ibu hamilDiet yang sehat selama kehamilan sangatlah penting karena itu sepenuhnya akan menunjang nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Bagi ibu hamil, diet sehat cukup nutrisi juga penting untuk mendukung kesehatannya serta mencegah kelebihan berat badan. Buah adalah makanan yang akan memberikan tubuh ibu hamil dengan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan, dan buah naga adalah salah satu pilihan yang bagus bagi perempuan hamil selain buah alpukat, pisang, buah jeruk, dll. Buah naga adalah buah yang rasanya manis, biasanya berdaging merah atau putih dengan biji kecil berwarna hitam – ibu hamil pasti suka.

Advertisement

Mengandung vitamin B1,2, dan B3

Buah naga juga mengandung vitamin B1 yang bermanfaat memetabolisme karbohidrat, dan B2 bisa meningkatkan nafsu makan, sementara B3 untuk mengurangi kolesterol jahat sambil meningkatkan kondisi kulit. Semua ini sangat penting untuk mendukung kehamilan yang sehat.

Mengandung mineral

Buah naga juga dikemas dengan mineral seperti kalsium untuk perkembangan tulang dan gigi, fosfor untuk pembentukan jaringan dan zat besi untuk sel darah merah yang sehat. Selain itu, buah naga juga dikenal meningkatkan ekskresi racun logam berat dari tubuh. Saat hamil, Ibu dan bayi sangat membutuhkan asupan yang cukup mineral-mineral tersebut.

Yang hebat lagi buah ini mengandung fitoalbumin, yang memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah pembentukan sel kanker.

Sumber vitamin C

Selama masa hamil, vitamin C cukup penting untukĀ  kesehatan gusi, gigi dan pertumbuhan tulang pada bayi Anda. Kombinasikan dengan buah jeruk untuk mendapatkan vitamin C tinggi secara alami.

Vitamin C juga berguna membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, bahkan makan secara teratur akan membantu menangkal gangguan pernapasan kronis seperti asma dan batuk.

Sumber Karbohidrat

Satu porsi 100 gram buah naga menyediakan sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Rekomendasi karbohidrat selama kehamilan minimal 135 gram per hari. Karbohidrat menyediakan sumber energi utama untuk pertumbuhan bayi Anda.

Sumber Lemak Sehat

Tidak hanya buah alpukat yang menyediakan lemak sehat, tapi buah naga juga. Lemak adalah sumber energi selama kehamilan Anda dan untuk bayi juga, selain itu juga diperlukan selama pembentukan otak bayi Anda. Sebagian besar lemak dalam buah naga adalah jenis tak jenuh tunggal. Makan jenis lemak tak jenuh justru mendukung berat badan yang sehat selama kehamilan.

Baca juga:  Manfaat Garam Inggris untuk tanaman Hingga Kesehatan

Sumber Serat yang baik

Serat pangan membantu merasa kenyang dan membantu mengatur fungsi usus. Selama kehamilan, konstipasi bisa menjadi masalah yang besar, jadi pastikan Anda mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup supaya terhindar dari masalah ini.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *