Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Manfaat buah naga merahBuah naga kini hampir bisa ditemukan dimana-mana, karena telah dibudidayakan besar-besaran setelah diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini dikenal terdapat  2 varian umum yang dilihat dari warna daging buahnya, yaitu buah naga merah, dan buah naga putih – namun yang paling banyak beredar dipasaran adalah yang berdaging merah. Sebenarnya masih ada varian lain, berwarna kulit kuning dan berdaging putih dengan ukuran buah yang lebih kecil, namun yang ini tidak akan kita bahas karena kurang umum. Lalu adakah perbedaan antara warna merah dan putih pada daging buah pitaya ini?..

Advertisement

Buah Naga merah Vs Buah Naga putih

Buah naga putih (Hylocereus undatus) memiliki rasa yang agak sedikit pahit, dan kurang disuka. Banyak yang bilang rasa dari varian putih ini mirip dengan campuran buah kiwi dan buah semangka. Sedangkan yang varian berwarna merah (Hylocereus polyrhizus), rasanya lebih manis dan menurut laporan memiliki rasa hampir mirip dengan buah rasberry. Namun jangan salah, warna merah pada buah naga ini adalah 100% asli yang berasal dari pigmen alami yang dikenal dengan hylocerenin dan isohylocerenin atau juga dikenal mengandung zat neon alami.

Makan buah buah naga berdaging merah dilaporkan meningkatkan kepadatan tulang, mencegah kanker usus besar dan mencegah sembelit. Hal ini mungkin yang menjelaskan mengapa yang merah lebih banyak tersedia dan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang putih. Juga ada banyak laporan yang mengatakan bahwa daging merah lebih kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Sumber terbanyak vitamin C dan bersifat lebih mudah diserap dibandingkan dengan vitamin C dari suplemen.

adalah salah satu yang lebih penasaran mencari buah di bagian produksi dari toko. Mungkin Anda mempertanyakan itu rasa, atau warna merah muda brilian. Ledakan psychedelic warna sebenarnya manfaat kesehatan Anda dalam berbagai cara yang berbeda! Bahkan, manfaat kesehatan dari buah naga jauh lebih besar daripada apa yang pernah Anda bayangkan!

Berikut manfaat buah Naga Merah untuk Kesehatan tubuh Kita

Mencegah penyakit Kardiovaskular

Biji buah naga yang kecil-kecil mengandung tinggi asam lemak tak jenuh ganda ( omega 3 dan omega 6 ). Lemak sehat ini membantu mengurangi trigliserida dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Buah naga juga mengandung vitamin B3 yang bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol buruk(LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, buah naga juga dikenal untuk membantu menurunkan tingkat stres oksidatif, yaitu salah satu faktor resiko utama penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke.

Mencegah Kanker

Buah naga kaya akan antioksidan seperti phytoalbumins ( terutama dalam biji) yang berguna membantu pencegahan dampak radikal bebas penyebab kanker. Tingginya vitamin C dalam buah naga membantu menghambat pertumbuhan sel tumor, dan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien penderita kanker (mengurangi gejala seperti kelelahan, mual, muntah, rasa sakit dan kehilangan nafsu makan). Buah naga juga dapat membantu membersihkan tubuh dari racun logam berat – yang merupakan penyebab utama pembentukan tumor dalam tubuh.

Melestarikan Pencernaan dan metabolisme yang baik

Buah naga merah sangat tinggi serat! Dengan demikian akan membuat kenyang lebih lama.  Kandungan serat larut dalam buah naga membantu mengatur pencernaan dan mencegah sembelit dan diare. Lapar adalah salah satu masalah utama yang dihadapi oleh yang ingin menurunkan berat badan, namun buah eksotis ini tidak hanya akan membuat Anda kenyang lebih lama, tetapi juga akan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda plus membantu manajemen berat badan. Buah naga juga membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi, serta membantu tubuh meredam lonjakan gula yang biasanya akibat makan manis.

Baca juga:  10 Manfaat Olahraga Berenang untuk kesehatan, Fisik hingga Psikologis

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin dan mineral yang ti nggi dalam buah naga, mulai dari Vitamin C, B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat, semuanya baik untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh dimulai dari saluran pencernaan, dan makan buah naga adalah cara yang baik untuk mendukung saluran pencernaan yang sehat. Memperoleh asupan yang tepat vitamin dan mineral dalam diet akan membantu mencegah sakit dan infeksi. Antioksidan dari buah naga juga dapat membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh.

Bagus untuk kesehatan dan fungsi penghlihatan

Buah naga merah tinggi mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang dibutuhkan oleh retina mata untuk menangkap cahaya rendah (night vision) dan penglihatan warna. Rabun senja dan gangguan pada mata lainnya masalah seperti degenerasi makula terkait usia dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

Sistem saraf yang sehat

Kandungan Vitamin B yang tinggi dalam buah naga merah membantu mendukung pembentukan dan pemeliharaan beberapa struktur yang paling dasar dalam sistem saraf. Ini termasuk membantu pembentukan sel-sel saraf, membuat kita lebih waspada, dan kejernihan mental. Kalsium dalam buah naga juga penting untuk meningkatkan fungsi sistem saraf, yang membuat saraf sehat dan mampu berkomunikasi secara efektif. Lemak sehat dalam buah naga juga penting untuk membantu menjaga dan melindungi selubung myelin yang memungkinkan sinyal konduktif yang tepat dalam otak.

Tulang dan gigi yang kuat

Karena  sumber kalsium dan fosfor yang cukup baik, buah naga membantu memperkuat tulang dan gigi dan pembentukan dan perbaikan jaringan. Kedua nutrisi penting ini bekerja sama untuk membangun tulang dan gigi yang kuat,; dengan demikian buah naga  merah bagus untuk membantu  pencegahan tulang rapuh dan osteoporosis. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk mendukung setiap peningkatan massa tulang.

Membuat Kulit bersinar

Biji dalam buah naga sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat, juga bermanfaat meningkatkan penampilan kulit kita. Hampir semua buah kaya akan antioksidan, termasuk buah naga merah; sehingga mengkonsumsi makanan nabati mentah akan mencegah tubuh dari radikal bebas sehingga Anda tidak hanya terlihat lebih muda, tetapi juga membuat kulit Anda lebih kencang, lebih fleksibel, dan bercahaya.

Mengandung Agen Anti-inflamasi(peradangan)

Buah naga secara umum bersifat anti inflamasi, yang membantu mengurangi iritasi pada persendian. Peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat akan menciptakan lingkungan tubuh asam yang kemudian bermanifestasi menjadi bermacam penyakit seperti arthritis, kanker, dan diabetes. Ketika kita mulai menggantikan makanan tak sehat ke makanan sehat, seperti buah naga, maka kita akan merasakan rasa sakit dan nyeri yang tiap hari kita rasakan perlahan akan menghilang. Mengganti makanan penutup yang manis dengan makanan nabati mentah seperti buah naga, buah mangga, buah pepaya, buah pisang, dll akan membantu Anda keluar dari kebiasaan tak sehat dan meningkatkan tubuh menjadi lebih baik.

Sebagai Anti penuaan

Tingginya kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan dalam buah naga menjadikan sebagai makanan anti penuaan yang baik! Antioksidan bekerja untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab tidak hanya penyakit fisik, tetapi juga untuk mencegah penuaan dini kulit Anda. Semakin segar buah dan sayuran yang Anda konsumsi, maka kulit akan menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *