Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Melon bagi ksehatan kecantikanBuah Melon memiliki Kadar air tinggi yang membantu menangkal dehidrasi dan meredam panas tubuh dengan rasa yang menyegarkan. Merupakan makanan sehat yang menyediakan banyak manfaat kesehatan baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Rasa buah ini agak manis, dan jika dibuat jus, melon menjadi minuman yang sempurna terutama pada saat cuaca sedang terik. Melon merupakan anggota dari keluarga tanaman Cucurbitaceae,  termasuk dengan blewah dan semangka. Satu cangkir melon dengan berat sekitar 156 gram  mengandung 53 kalori , 0,3 gram lemak, 13 gram total karbohidrat , 12 gram gula, 1,4 gram serat, 1,3 gram protein, 106% kebutuhan  vitamin A, 95 % vitamin C, 1% kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan besi kita setiap hari. Secangkir buah ini juga menyediakan 5%, atau lebih dari kecukupan gizi harian kita untuk vitamin K, niacin, vitamin B-6, asam folat, magnesium dan kalium.

Advertisement

Buah Melon juga mengandung antioksidan yang tinggi  termasuk kolin, zeaxanthin, dan beta-karoten, dan semuanya memberikan perlindungan kepada tubuh kita terhadap berbagai penyakit dan yang ringan sepert flu biasa hingga kanker.

Inilah beberapa Manfaat dari rutin mengkonsumsi buah melon bagi Kesehatan Kita

Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan dan sayuran sudah sejak lama dihubungkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan sumber nabati seperti buah melon dapat mengurangi risiko obesitas, kematian mendadak, diabetes dan penyakit jantung. Sementara itu buah segar ini juga mempromosikan kulit dan rambut sehat, meningkatkan energi, dan berat badan secara keseluruhan yang lebih rendah.

hMengurangi resiko degenerasi Makula terkai Usia :

Kondisi ini adalah yang berkaitan dengan penurunan fungsi penglihatan seiring bertambahnya usia. Zeaxanthin adalah antioksidan yang ditemukan di buah melon, bermanfaat menyaring sinar ultraviolet berbahaya, artinya dapat melindungi kesehatan mata dan menangkal kerusakan akibat degenerasi makula.

Mengkonsumsi banyak jenis buah juga telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan kondisi degenerasi makula terkait usia ini.

Melon mengurangi resiko Asma:

Orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah tinggi diketahui memiliki resiko asma lebih rendah. Salah satu nutrisi-nutrisi ini adalah beta-karoten, yang ditemukan dalam buah-buahan berwarna kuning dan oranye seperti melon, labu kuning, wortel dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung . Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting lainnya yang dapat melindungi kita terhadap asma yang juga ditemukan dalam kelimpahan buah melon, buah jeruk dan buah-buahan tropis lain.

Baca juga:  Kandungan nutrisi dan Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Melon Bagus untuk membantu menurunkan Tekanan darah tinggi :

Kandungan serat, kalium, vitamin C dan kolin dalam melon semuanya mendukung kesehatan jantung. Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium telah diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah . Memperoleh asupan cukup kalium hampir sama pentingnya dengan menurunkan asupan natrium untuk pengobatan hipertens . Makanan yang tinggi kalium termasuk buah melon, nanas, tomat, jeruk, bayam dan pisang .

Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap kehilangan massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan penurunan resiko pembentukan batu ginjal.

Melon mencegah Kanker :

Diet yang kaya asupan beta-karoten dari makanan nabati seperti buah melon dapat perlindungan terhadap kanker prostat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s Department, Beta-karoten juga telah terbukti memiliki keterkaitan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar pada populasi di Jepang.

Melon Bagus untuk sistem Pencernaan :

Melon tinggi di serat dan kelembaban, sehingga dapat membantu mencegah sembelit , mempromosikan keteraturan BAB, dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Membantu Hidrasi yang baik :

Kandungan air dalam melon tinggi elektrolit, sehingga merupakan camilan yang paling cocok untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas.

Mencegah Peradangan :

Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna juga terdapat dalam melon, yaitu yang membantu tubuh kita untuk tidur, pergerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga bermanfaat membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu  penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Manfaat Untuk Kulit dan rambut :

Makan buah-buahan seperti melon akan banyak memberikan manfaat untuk rambut Anda karena kaya akan vitamin A, yaitu nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum(yang membuat rambut lembap dan sehat). Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Vitamin C juga dibutuhkan untuk membangun dan pemeliharaan kolagen, yaitu unsur yang menyediakan struktur bagi kulit dan rambut. Satu cangkir melon iris menyediakan sekitar 97%  kebutuhan harian vitamin C.

Efek samping buah melon

  • Secara umum buah melon aman bagi semua usia. Namun bagi orang yang menggunakan obat jenis Beta-blocker(jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penyakit jantung), dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium dalam darah. Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti melon harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas bagi yang mengonsumsi beta-blocker.
  • Mengkonsumsi terlalu banyak kalium juga dapat berbahaya bagi orang yang ginjalnya sudah tidak berfungsi penuh.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *