Manfaat Buah Manggis untuk Kulit dan Kesehatan

manfaat buah manggis untuk kesehatanBuah manggis memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana, adalah buah dari pohon cemara tropis yang diyakini asli  berasal dari Indonesia. Namun buah asam manis inijuga banyak ditemukan di beberapa daerah Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam hingga beberapa daerah di Afrika. Buah berwarna kulit Ungu dan putih pada buahnya ini diakui memiliki rasa yang unik, terutama diAsia bahkan dijuluki sebagai ratu buah tropis

Advertisement

Buah ini memiliki tiga bagian utama yaitu kulit yang berwarna ungu; daging berwarna putih yang tersegmentasi dingan biji dalam daging buahnya. Biji manggis sangat pahit sementara daging bertekstur lembut dan rasa yang manis asam. Kulit bagian luar buah Manggis ini agak keras dan sulit dibuka, namun diyakini banyak memiliki khasiat hebat untuk kesehatan.

7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan, kehamilan, dan kecantikan :

Manfaat manggis sudah dikenal sejak abad ke-18 dan bukan mitos karena kini telah terbukti secara ilmiah. Buah manggis adalah gudangnya nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan manfaat gizi secara keseluruhan.  Berikut beberapa manfaat kesehatan buah eksotik ini :

1. Sumber Antioksidan yang tinggi :

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa manggis mengandung senyawa polifenol yang dikenal dengan  xanthones(baca: santon). Ada dua jenis senyawa xanthones yang terdapat dalam buah ini – yaitu alpha mangos dan gamma mangos. Xanthone dan semua zat turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat bagi tubuh termasuk sebagai anti-inflamasi. Xanthone merupakan obat yang sangat efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular dan memiliki sifat  yang bisa menyembuhkan sel yang rusak akibat  radikal bebas, memperlambat penuaan, dan mencegah penyakit degeneratif baik kerusakan fisik serta mental.

2. Mengandung Kalori yang Rendah:

Buah ini sekaligus sangat rendah kalori (63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh ataupun kolesterol. Namun kaya akan serat pangan, yang bisa jadi sangat penting bagi individu yang peduli pada berat badan berlebih.

3. Tinggi mengandung Vitamin C:

Manggis kaya akan vitamin C, yaitu jenis anti oksidan larut air. Vitamin C akan memperkuat kekebalan tubuh terutama terhadap flu dan dampak radikal bebas. Oleh karena itu penting untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti manggis dan jeruk. Folat juga ditemukan dalam buah ini, yang berperan penting untuk perkembangan janin dan penggantian sel-sel dalam tubuh. Vitamin tertentu seperti vitamin C sangat penting selama kehamilan dan melindungi efek tabung netral.

Baca juga:  Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

4. Memperlancar aliran darah:

Buah manggis membantu mempromosikan sel darah merah serta mencegah anemia. Hal ini karena meningkatnya aliran darah akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, gagal jantung dan nyeri dada yang parah.

Dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata, Vitamin C dalam buah manggis efektif mencegah katarak.1000mg Vitamin C per hari dikatakan efektif mengendalikan katarak dan meningkatkan penghlihatan.

5. Menurunkan Kolesterol:

Sering mengkonsumsi manggis bisa membantu mengurang kolesterol dalam tubuh kita. Hal ini juga membantu mengontrol tingkat trigliserida untuk kerja sehat jantung kita.

6. Mencegah Tuberculosis:

Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat penghambatan bakteri berbahaya buah ini efektif untuk pasien yang menderita TBC.

7. Anti Kanker :

Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis membantu mencegah kanker dan penyakit terkait pembuluh darah. Antioksidan kuat dan efektif dari manggis akan melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, atau “karat seluler” yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *