Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan tubuh Kita

Manfaat buah mangga bagi kesehatanMangga adalah termasuk jenis buah-buahan tertua yang menjadi bagian dari diet manusia, yaitu kurang lebih selama lebih dari 4.000 tahun. Pohon mangga tumbuh subur di daerah tropis dan menghasilkan buah nan lembut, manis dan bergizi. Orang banyak makan mangga dengan cara begitu saja atau digabung bersama salad buah atau rujak manis. Buah mangga segar lebih rendah kalori dan banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat. Buah yang dipanen musiman ini adalah tambahan yang sehat untuk diet Anda. Baca juga : Pentingnya Antioksidan dari Buah-buahan dan Sayuran

Advertisement

Berikut manfaat penting buah mangga sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan

Kaya akan Serat

Sebagian besar buah dan sayuran menyediakan serat yang penting untuk diet Anda. Mangga pun tidak berbeda, ia bisa memberikan 2,6 g serat pangan dalam 1 cangkir. Serat berguna bagi tubuh untuk membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit.  Diet tinggi serat dapat mengurangi kemungkinan untuk mengembangkan penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan penyakit divertikular. The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa untuk wanita setidaknya mengkonsumsi 25 gram serat per hari dan pria mengkonsumsi setidaknya 38 gram serat perhari. Hanya makan satu cangkir mangga dapat membantu Anda mencapai jumlah serat yang disarankan tersebut.

Baca juga : Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Kaya akan Vitamin A

Mangga menyediakan vitamin A dalam jumlah yang sehat. Anda memerlukan vitamin A dalm jumlah cukup dalam diet Anda untuk mendukung kesehatan mata dan pertumbuhan tulang yang tepat. Buah mangga dapat memenuhi hingga 1.785 IU vitamin A dalam porsi 1 cangkir, yaitu sekitar 35 persen dari kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap hari untuk kesehatan yang baik.

Mengandung Asam folat, yang penting untuk ibu hamil

Folat, atau asam folat, adalah bagian dari kelompok vitamin B, yang merupakan penting dari kesehatan yang optimal. Asupan makanan yang cukup asam folat sangat penting terutama untuk kehamilan yang sehat. Asam folat bisa membantu mencegah cacat lahir, yang merupakan resiko umum kelahiran termasuk spina bifida dan bibir sumbing. Bahkan, kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan keguguran. Asam folat telah digunakan untuk mengobati anemia megaloblastik, yang terjadi ketika jumlah sel-sel darah merah lebih besar dari normal.

Baca juga:  Manfaat Asam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga : Vitamin dan Nutrisi penting untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi lain

Salah satu vitamin yang paling penting adalah vitamin C, dan 1 porsi buah mangga sanggup memberikan sekitar 60 mg vitamin C per porsi. Wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C per hari, sementara pria membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C. Buah mangga juga tinggi kalium, yaitu sekitar 277mg per satu porsi. Mangga juga mengandung sejumlah kecil mineral termasuk kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Satu cangkir mangga juga menyediakan tembaga, selenium, mangan dan jejak zinc. Menambahkan mangga sebagai bagian diet Anda dapat membantu Anda untuk meningkatkan asupan semua nutrisi penting ini.

Demikian beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan dilihat dari sudut pandang kandungan nutrisinya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *