Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan

Manfaat leci untuk kesehatanBuah yang kita kenal dengan nama Leci atau lyche atau litchis ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis, merupakan asli buah dari China. Memiliki nama ilmiah Litchi chinensis, dengan buah yang berbentuk bulat atau oval dengan kulit yang cokelat merah muda, dagingnya putih, dan sangat mirip dengan buah kelengkeng tapi berukuran lebih besar. Bukannya mirip kelengkeng, tapi leci adalah kelengkeng dalam varietas lain. Buah leci sangat kaya akan nutrisi dan menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kulit dan rambut.

Advertisement

Berikut manfaat buah Leci dan kandungan nutrisinya

Kandungan nutrisi

Leci memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Hal ini terutama sangat kaya akan vitamin C, sekitar 71,5 mg per 100 gram, kaya akan mineral terutama tembaga dan fosfor. Buah yang asam manis ini juga mengandung oligonol polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti virus. Beberapa kandungan nutrisi lainnya termasuk folat, niacin, pyridoxine, riboflavin, thiamin, kolin, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, selenium, dan seng. Buah leci juga mengandung sedikit serat, karbohidrat, energi, dan protein, serta rendah lemak dan nol kolesterol.

Memiliki sifat Antikanker

Salah satu manfaat yang paling penting leci adalah memiliki efek antikanker. Penelitian yang menggunakan ekstrak leci  telah menunjukkan bahwa buah ini mengandung antioksidan kuat dan memiliki efek antikanker, yang sangat efektif terhadap sel kanker pay*dara .

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Leci mengandung Antioksidan yang  dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular . Hal ini karena senyawa yang bernama oligonol dalam leci mempromosikan produksi oksida nitrat . Nitrat oksida atau NO adalah vasodialator, yang artinya membantu memperlebar pembuluh darah untuk memungkinkan darah dapat mengalir dengan baik. Dengan demikian pada akhirnya  mengurangi tekanan pada jantung dalam memompa darah, sehingga mengurangi dampak keausan dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.

Meningkatkan Pencernaan

Buah leci juga membantu menjaga sistem pencernaan Anda sehat. Sebagai buah asli yang berasal dari daerah China, leci banyak dikonsumsi masyarakat untuk membantu pencernaan dan mengurangi penyakit  perut. Leci memiliki kandungan air, yang memiliki efek meringankan perut, mengandung  cukup banyak serat bermanfaat yang membantu pencernaan.

Baca juga:  Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

Mencegah Katarak

Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh terhalangnya lensa mata oleh selaput keruh. Satu studi menyimpulkan bahwa leci dapat membantu menghambat katarak.

Bua leci mengandung fitokemia yang menunjukkan sifat antioksidan dan sifat antineoplasmic, yang artinya dapat  membantu mencegah pertumbuhan sel abnormal seperti membantu mencegah katarak.

Menangkal Influenza

Influenza disebabkan oleh virus, dan merupakan penyakit yang sangat menular. Jenis virus tertentu menunjukkan sifat resistensi terhadap obat antivirus biasa, namun ekstrak buah leci telah terbukti efektif melawan virus ini. Hal ini karena leci memiliki sifat antivirus oleh adanya senyawa oligonol yang mampu menghentikan penggandaan diri virus.

Membantu Menjaga Berat Badan

Buah leci rendah kalori, sehingga sangat ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan Hal ini karena leci tidak mengandung terlalu banyak kalori, namun  mengandung banyak air, serat, dan sedikit lemak dan nol kolesterol.

Kehati-hatian

Leci memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga bagi penderita diabetes harus berhati-hati. Tidak ada efek samping, namun mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *