Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Buah kiwi untuk ibu hamilBuah kiwi memiliki karakteristik dan rasa yang unik, dari luar karakternya hampir sama dengan buah sawo, bedanya buah kiwi memiliki biji yang berukuran lebih kecil daripada buah sawo. Buah kiwi awalnya dikenal sebagai buah Gosberi Cina namun sejak tahun 1950-an nama buah kiwi menjadi lebih terkenal di masyarakat. Menurut Dr. Marlyn Glenville, yang merupakan mantan Presiden Food and Health Forum menyatakan jika kulit buah kiwi yang  berambut ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, bahkan lebih banyak 3 kali lipat dari dagingnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah kiwi dengan kulit buahnya juga.

Advertisement

Dan inilah fakta beberapa manfaat buah kiwi untuk ibu hamil :

Menyehatkan jantung

Kandungan serat larut maupun serat tidak larut di dalam buah kiwi sangat baik untuk mereka yang menderita atau yang tidak menderita penyakit jantung, karena buah kiwi mampu menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan. Ibu hamil yang ada keluhan dengan jantungnya atau memang positif menderita penyakit jantung, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kiwi sebagai camilan sehat, selain rutin mengkonsumsi buah tomat.

Baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes memiliki kelemahan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa, namun buah kiwi memiliki kadar glukosa yang mampu dicerna dengan baik oleh semua orang, termasuk ibu hamil yang menderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi buah kiwi setelah dijus atau dicampurkan dalam salad buah yang akan Anda nikmati sebagai makanan penutup.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi 2x lebih besar dibandingkan dengan buah jeruk, selain mengandung vitamin C, buah kiwi juga memiliki antioksidan yang mampu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Konsumsi jus buah kiwi untuk melindungi tubuh dari dalam dan gunakan masker buah kiwi untuk melindungi kulit dari luar.

Baik untuk meningkatkan pertumbuhan janin

Salah satu manfaat buah kiwi untuk ibu hamil tidak lain adalah meningkatkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Coba Anda bayangkan jika pertumbuhan janin di dalam kandungan tidak berjalan sebagaimana mestinya, tentunya sangat berbahaya, bukan? agar pertumbuhan janin di dalam kandungan bisa berjalan dengan baik, imbangi konsumsi makanan dan minuman sehat dengan mengkonsumsi buah kiwi yang kaya akan asam folat yang sudah terbukti baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, fisik bayi dan susunan syaraf.

Baca juga:  Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Menambah energi tubuh

Ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kiwi sebagai menu pembuka di pagi hari karena buah kiwi kaya akan kandungan magnesium yang mampu merubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi sehingga Anda bisa menjalani hari dengan lebih segar dan bersemangat.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kiwi secara teratur karena kandungan alami yang terdapat dalam buah kiwi mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dalam pertemuan American Heart Association, telah dipublikasikan hasil dari penelitian jika buah kiwi efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo, Norwegia, mengatakan jika mengonsumsi buah kiwi 3x setiap harinya akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil bisa Anda buktikan sendiri setelah Anda mengkonsumsi buah kiwi setiap harinya, atau setelah Anda mengaplikasikan masker dari campuran buah kiwi setiap 1-2 kali tiap minggunya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *