Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Manfaat jambu biji bagi kesehatanJambu biji adalah buah tropis yang sangat mudah ditemukan di pasar dan murah harganya. Meskipun demikian tapi buah ini sangat kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Jenis yang paling umum adalah Guava Apple, yang banyak tumbuh di banyak daerah baik tropis dan sub-tropis diseluruh  dunia – ia banyak dikonsumsi dalam bentuk saus, jus, dan dari permen hingga makanan ringan. Jambu biji adalah salah satu sumber makanan yang kaya vitamin C, sehingga dianggap sebagai salah satu buah yang sehat. Tidak hanya bagian buahnya saja yang menguntungkan,  tetapi sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kulit kayu dan daun pohon jambu biji juga bisa menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan lainnya.

Advertisement

Baca juga :Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fakta kandungan gizi jambu biji

Jambu biji adalah buah sumber energi tinggi, yang juga merupakan gudang vitamin dan mineral. jambu biji memiliki komposisi serat yang sehat yang penting bagi tubuh. Berikut  komposisi gizi dalam100 gram jambu biji :

Energi 68 Kcal
Karbohidrat 14,32 gram
Gula 8.92 gram
Serat pangan 5.40 gram
Protein 2.55 gram
Vitamin A 31 ug
Beta Karoten 374 ug
Vitamin B1 0,067 mg
Vitamin B2 0,04 mg
Vitamin B3 1,084 mg
Vitamin B5 0.451 mg
Vitamin B6 0,11 mg
Vitamin B9 49 ug
Vitamin C 228,3 mg
Vitamin K 2,2 ug
Magnesium 22 mg
Manggan 0,15 mg
Fosfor 40 mg
Kalium 417 mg
Jambu biji memenuhi sekitar 12% dari kebutuhan folat harian. Folat atau Vitamin B9 ini ini tidak diproduksi dalam tubuh dan sangat penting untuk perbaikan DNA, beserta mineral lain yaitu Magnesium, Mangan, Kalium dan Fosfor. Jambu hampir tidak mengandung lemak.

Manfaat  jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan kulit

Jambu dianggap salah satu buah paling sehat karena telah terbukti efek positif pada banyak fungsi tubuh kita. Kanan dari memperkuat sistem kekebalan tubuh kita untuk mengatur tekanan darah yang sehat dan ideal, Jambu menyediakan sejumlah manfaat kesehatan. Hal ini diketahui komposisi kaya anti-oksidan dan vitamin membuatnya sehat untuk mata Anda, kulit dan rambut.

Jambu biji kaya Anti-oksidan Vitamin C untuk fungsi kekebalan tubuh

Jambu biji merupakan sumber vitamin C tinggi. Vitamin C bersifat larut dalam air yang artinya jika kelebihan akan dikeluarkan dari tubuh melalui ekskresi,  dan dengan demikian perlu untuk diisi ulang setiap hari. Makan 1 buah jambu biji sehari dapat memulihkan hilangnya vitamin ini sepenuhnya.

Vitamin C bekerja sebagai antioksidan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini diketahui mengembangkan resistensi  tubuh terhadap penyakit umum seperti batuk, pilek dan flu. Vitamin ini juga Telah diketahui sangat bermanfaat dalam memerangi stres.

Vitamin C sebagai anti-oksidan berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit yang baik dengan membersihkan tubuh dari radikal bebas dan kotoran lainnya sehingga menunda penuaan kulit. Ini juga memainkan peran penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh – sehingga cepat menyembuhan luka dan bekas luka.

Jambu biji sebagai antitumor dan kanker

Jambu biji mengandung likopen ,  fitonutrien karotenoid tinggi. Likopen memiliki kandungan anti tumor, melindungi dari radikal bebas dengan cara aktif menetralisirnya. Jadi makan jambu biji akan membantu untuk melawan kanker prostat.

Jambu biji merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang membuatnya sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari kanker. Termasuk tinggi vitamin C yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak DNA sel-sel tubuh yang kemudian akan merubahnya menjadi sel kanker. Tapi antioksidan akan menetralisir radikal bebas dan bertindak sebagai perisai untuk melindungi kerusakan DNA akibat radikal bebas.

Seperti kita ketahui penyebab utama kanker adalah radikal bebas dan kerusakan yang disebabkan oleh mereka untuk DNA menandai awal cancer.Guava mengandung antioksidan yang melindungi dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan tumor lycopene. Jadi dengan kedua tersebut jambu gizi menjadi makanan sehat untuk mencegah kanker.

Likopen efektif untuk mencegah kanker prostat., termasuk kanker pay*dara, mulut, kulit, perut, rongga mulut dan kanker paru-paru. Jambu biji juga mengandung lemak makanan yang akan membantu membersihkan racun dari dalam usus besar, sehingga mengurangi efek racun dalam usus besar dan melindunginya dari kanker usus besar.

Jambu menjaga keseimbangan elektrolit

Jambu biji mengandung cukup Kalium untuk memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan tubuh kita sehari-hari. Kalium bermanfaat untuk mempertahankan natrium dan tingkat cairan dalam tubuh dan juga dikenal sebagai elektrolit.

Elektrolit adalah komposisi mineral seperti kalium, natrium dan klorida dan diperlukan tubuh untuk mengirimkan impuls listrik. Partikel bermuatan listrik ini akan membawa transmisi neuro dan mengaktifkan fungsi otot.

Baca juga:  Manfaat Labu Kuning untuk diet dan Kesehatan

Orang yang kebanyakan olahraga atau setelah latihan beban beratseringkali mengalami kram parah. Kram ini merupakan akibat langsung dari hilangnya elektrolit melalui keringat, maka itulah sebabnya mengapa makanan yang kaya mineral ini dianjurkan sebelum dan sesudah aktivitas fisik.

Menjaga Tekanan Darah dan Produksi darah

Kadar Kalium dan Vitamin C memiliki peran penting untuk  kesehatan jantung secara keseluruhan. Kalium merupakan elemen kunci untuk menjaga ritme dan fungsi semua otot di tubuh kita termasuk jantung. Detak jantung yang memungkinkan aliran darah bisa masuk dan keluar sebenarnya terjadi oleh kontraksi otot. Ritme jantung ini dikelola oleh kalium yang juga banyak terdapat dalam jambu biji.

Terlepas dari fungsi otot ,Vitamin C dalam jambu biji juga membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, tulang rawan dan pembuluh darah yang sehat. Dengan cara ini,  Kalium dan Vitamin C secara bersama bermanfaat mengatur tekanan darah dan membantu menormalkan aliran darah melalui tubuh.

Jambu biji juga mengandung vitamin lain seperti vitamin E, K, niasin, asam folat, asam pantotenat, vitamin B6 dan mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang penting untuk pembentukan sel  darah. Juga karena mengandung  vitamin C, jambu biji juga meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyerap zat besi.

Mengandung senyawa Anti Penuaan dini

Penuaan adalah gejala alami dan tak mungkin dapat terelakkan,  tapi gaya hidup modern bisa membuat gejala penuaan cepat dari yang diharapkan. Faktor-faktor seperti peningkatan polusi, stres, radiasi UV , r0k0k,  memicu penuaan pada usia dini dengan lebih cepat.

Fakta Ilmiah di balik penuaan dini adalah akibat radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh kita yang tinggi, yang disebabkan sebagai akibat dari polusi. Tapi antioksidan telah terbukti menghancurkan radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan

Mengontrol Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa jambu biji dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Jambu biji mengandung serat pangan dengan jumlah cukup,  yang dikenal secara signifikan mengurangi kemungkinan diabetes tipe II. Makan-makanan berserat juga mengurangi lonjakan gula pada penderita diabetes.

Fakta juga membuktikan bahwa indeks glikemik dari jambu biji cukup rendah, sehingga membuatnya menjadi buah yang efektif  terhadap penyerapan gula yang berlebihan di dalam tubuh. Jumlah tinggi vitamin C lebih memastikan keterturan dan kecepatan membersihkan tubuh yang membantu dalam manajemen diabetes yang efektif.

Indeks Glikemik rendah pada jambu biji membuatnya aman  bagi penderita diabetes dan juga membantu mengendalikan lonjakan gula darah.

Jambu biji Bermanfaat bagi Mata & Kesehatan Kulit

Kadar 31 ug Vitamin A dan 374 ug Beta Karoten unti setiap 100 gram jambu biji dianggap sangat baik.  Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat, sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal ini juga bertindak sebagai penghalang antara bagian mata yang rentan dan berpotensi terkena infeksi bakteri dan virus. Hal ini Juga telah ditemukan efektif dalam mencegah kerusakan retina yang disebabkan oleh radikal bebas dengan cara menghapusnya dari sistem tubuh secara teratur. Oleh karena itu makan jambu biji secara teratur bisa meningkatkan fungsi penglihatan mata dan melindunginya dari katarak.

Terlepas dari menghambat laju penuaan, jambu biji juga telah terbukti berguna mengontrol kondisi kulit yang disebut protoporphyria erythropoietic (EPP) karena kandungan Beta Karoten yang tinggi. Orang-orang yang mewarisi EPP sangat rentan terhadap luka bakar akibat matahari dan kerusakan kulit terkait matahari. Beta karoten dapat menyembuhkan kondisi ini, tetapi tidak mengurang kepekaan pada orang tersebut.

Jambu biji baik untuk Pencernaan

Diet tinggi serat sangat dianjurkan untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat dan menjaga gerakan usus yang baik. Fiber atau serat berasal dari makanan yang dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehari-hari kita. Serat mengumpulkan dan melunakkan tinja, sehingga membuatnya sangat mudah untuk keluar.

Kekurangan serat dalam tubuh secara langsung dapat mengakibatkan sembelit yang parah. Asupan cairan yang cukup dalam bentuk jus dan air juga diperlukan untuk memastikan serat dapat mengurangi sembelit dengan benar.

Astringent dalam jambu biji membersihkan lambung dan lapisan usus dan mengecilkan pertumbuhan bakteri dan mikroba, sehingga mencegah infeksi usus dan gejala seperti disentri dan Gastroenteritis.  Vitamin A juga menyiram kotoran keluar dari tubuh dan ikut serta dalam menjaga kesehatan pencernaan yang baik.

Fakta jambu biji yang menakjubkan

  1. Kulit pohon jambu biji dan daunnya digunakan sebagai pengganti pasta gigi di banyak budaya.
  2. Jambu biji memiliki kualitas astringent yang membuat gusi lebih kencang dan membuat napas Anda segar dan bersih.
  3. Jambu biji mengandung lima kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan sekitar 70 kali lebih banyak serat

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *