10 Manfaat Penting Makan Buah Durian bagi Kesehatan

Manfaat Buah DurianSiapapun pasti tahu yang namanya buah durian ini, karena buah berduri tajam ini merupakan salah satu dari buah eksotik yang banyak tumbuh diberbagai daerah di Indonesia. Tak hanya dikenal di Indonesia saja, buah tropis yang asli berasal Asia tenggara ini juga banyak digemari di Negara lain seperti India, Malaysia, Brunei, bahkan dieksport ke Eropa dan Amerika karena rasa dan aromanya yang khas.

Advertisement

Durian adalah komoditas asli untuk asia tenggara, dengan pusat keanekaragamannya terdapat di semenanjung malaya, pulau kalimantan, dan daerah lain di indonesia. Durian secara komersial hanya sedikit tumbuh di Negara-Negara Asia di mana pengetahuan tentang Psikologi pascapanen dan teknologinya tersedia. Durian merupakan tanaman buah yang berasal dari pohon.

Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu,¬† yaitu dari kata “duri” yang diberi akhiran “-an”, sehingga menjadi “durian”. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut suatu buah yang kulitnya berduri tajam. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M, dan memiliki beberapa sebutan lain dibeberapa daerah seperti duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (Toraja), dan rulen (SeramTimur)

Ada banyak jenis durian, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Meskipun demikian, semua buah yang juga disebut sebagai Raja Buah ini memiliki aroma yang kuat dan rasa yang sangat manis dan legit. Karena aromanya, ada yang suka dan ada yang benci, namun yang jelas durian kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti fitonutrien, antioksidan, serta beberapa mineral penting.

Berikut 10 Manfaat penting Buah durian bagi kesehatan tubuh kita

Ada rumor yang mengatakan bahwa durian tinggi kolesterol, namun faktanya buah ini tidak mengandung kolesterol – namun merupakan sumber serat makanan dan protein. Mari kita lihat manfaat yang ditawarkan oleh ‘Raja Buah’ ini sebelum Anda mulai menikmati legitnya :

1. Sumber energi yang baik :

100 gram buah ini menawarkan sekitar 21% karbohidrat dari total kebutuhan harian Anda. Karena kaya karbohidrat, maka hal ini akan sangat membantu meningkatkan energi Anda.

2. Anti depresan alami :

Studi telah membuktikan bahwa rendahnya tingkat serotonin dalam tubuh kita benar-benar bisa memicu depresi. Nah, buah durian secara alami kaya akan vitamin B6 yang sangat penting untuk memproduksi serotonin. Oleh karena itu, asupan durian disarankan untuk meningkatkan tingkat serotonin sehingga demikian bisa mengatasi depresi .

Selain itu, buah ini juga mengandung kadar tinggi asam amino esensial, triptofan yang juga disebut sebagai obat tidur alami. Triptofan dalam tubuh manusia dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin; dua senyawa kimia yang berperan penting untuk memudahkan tidur dan mengendalikan kejadian epilepsi.

Baca juga:  Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

3. Baik bagi kesehatan tulang dan gigi :

Durian mengandung vitamin B, kalsium, dan kalium dalam jumlah yang banyak, sehingga membuat buah ini jjuga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang .

4. Membantu menunda penuaan :

Durian tinggi akan kandungan Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang juga bermanfaat membantu mencegah stres oksidatif  akibat efek radikal bebas . Semakin rendah tingkat stres oksidatif dalam tubuh kita, maka semakin lambat pula proses penuaan yang terjadi.

5. Menjaga sistem pencernaan yang sehat :

Serat makanan yang terkandung dalam durian akan membantu pergerakan usus, sehingga pada akhirnya membuat kita terhindar dari sembelit dan meningkatkan kekuatan pencernaan. Thiamin dan niacin yang juga ditemukan dalam daging buah durian juga meningkatkan nafsu makan serta kekuatan pencernaan, sehingga memastikan bahwa sistem pencernaan Anda tetap sehat.

6. Menjaga kadar gula darah:

Asupan mangan dalam tingkat yang diinginkan akan membantu mengatur dan memelihara kadar gula darah. Oleh karena itu, durian dapat dinikmati oleh penderita diabetes tanpa rasa takut.

7. Mempertahankan tekanan darah :

Durian merupakan sumber kalium yang baik, yaitu zat yang diperlukan untuk menjaga kadar natrium dalam tubuh manusia. Asupan rutin buah ini bisa menangkal hipertensi dan kondisi medis yang terkait.

8. Bermanfaat untuk pasien Anemia :

Jika tubuh kita kekurangan folat, maka bisa menurunkan produksi sel darah merah dalam tubuh kita. Hal ini pada akhirnya bisa memicu anemia. Durian merupakan sumber folat yang baik plus tembaga dan besi. Oleh karena itu, pasien anemia bisa makan buah ini untuk mengatasi kondisinya.

9. Membantu mencegah penyakit kardiovaskular :

Terdapatnya organosulfur, yaitu zat yang membantu mengatur enzim inflamasi dalam durian membuatnya bagus untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, menikmati buah yang legit ini sekaligus menangkal penyakit kardiovaskular termasuk jantung.

10. Untuk meningkatkan libido :

Durian juga sangat dikenal bisa meningkatkan libido. Dengan demikian, hal ini bisa membantu merevitalisasi kehidupan se*sual Anda.

Meskipun durian sangat legit dan bergizi tinggi, namun tak disarankan makan dalam jumlah banyak. Meskipun tak mengandung kolesterol, durian memiliki kalori tinggi, sehingga meningkatkan proses metabolisme dan menimbulkan rasa panas. Terutama bagi penderita asam urat, sebaiknya  menghindari makan buah ini. Bagi orang sehat, disarankan hanya makan daging dari 3 biji buah durian.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Satu gagasan untuk “10 Manfaat Penting Makan Buah Durian bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *