Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

manfaat buah cherry untuk kesehatanBuah cherry terdiri dari banyak jenis, dan tersebar diberbagai belahan dunia. Termasuk buah ceres atau kersen adalah termasuk buah dari keluarga buah ini, bahkan termasuk buah pises, buah plum, dan buah aprikot. Semuanya menawarkan manfaat kesehatan yang luarbiasa , terutama karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Satu cangkir buah ceri impor mengandung banyak serat, protein, serta  vitamin A dan C. Buah cherry juga diketahui meningkatkan aktifitas antioksidan, yaitu semakin baiknya efek menangkal radikal bebas dalam darah.

Advertisement

Sementara itu, Buah ceri adalah satu-satunya sumber melatonin alami, yaitu hormon yang mengatur siklus internal tubuh untuk bangun dan tidur

Satu cangkir ceri sehari akan menjauhkan Anda dari dokter, membantu mencegah kanker dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Dan yang tak kalah penting adalah membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Inilah 6 alasan kenapa kita perlu makan buah cherry lebih banyak!

1. Membantu meringankan orang dengan Arthritis dan Kondisi peradangan

Antioksidan yang berlipah dalam buah ceri telah dikaitkan dengan penurunan tingkat oksida nitrat – senyawa yang terkait dengan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Ceri memiliki nilai ORAC tinggi, yaitu yang membantu faktor penyebab peradangan yang lebih rendah, seperti protein C reaktif (CPR) yang diproduksi oleh hati.

2. Membantu menurunkan tingkat Gula Darah Pada Orang Dengan Diabetes.

Ceri mengandung antioksidan jenis antosianin, yaitu pigmen warna alami yang memberikan warna pada buah-buahan dan banyak memiliki manfaat kesehatan. Dalam studi laboratorium awal pada sel pankreas hewan, antosianin meningkatkan produksi insulin sebesar 50 persen. Namun penelitian menyarankan untuk membatasi manisan ceri karena banyak mengandung gula, sebaiknya buah yang segar.

3. Membantu menurunkan Risiko Penyakit Jantung.

Ceri  bisa memberikan manfaat kesehatan jantung, yaitu sama seperti obat yang diresepkan untuk membantu mengatur lemak dan glukosa pada pasien dengan sindrom metabolik. Penelitian lab University of Michigan Cardioprotection menunjukkan bahwa ceri asam dapat mengurangi risiko stroke, menurut Science Daily.

4. Membantu meurunkan Resiko Kanker Colon/usus besar.

Serat makanan dalam buah ceri membantu menurunkan risiko kanker usus besar, menurutThe American Institute For Cancer Research. Konsumsi serat makanan juga membantu orang untuk mengedalikan berat badan. Kenaikan berat badan yang berlebihan merupakan faktor yang meningkatkan risiko kanker hingga tujuh kali lipat. Sebuah studi yang dilakukan di Michigan State University menguji ceri tart pada tikus dan sel-sel kanker pada usus besar manusia. Tikus yang sedikit diberi ceri, antosianin, memproduksi tumor secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang tidak. Dalam studi kedua,  yang sama untuk tikus juga sama bagi manusia, yang menunjukkan bahwa antosianin ceri asam dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Baca juga:  Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

5. Membantu Meningkatkan Memori.

Telah disebutkan bahwa dipoin 2, yaitu Ceri merupakan sumber antosianin, yang dapat membantu meningkatkan memori. Senyawa yang banyak ditemukan dalam buah ini membantu meningkatkan memori dan fungsi motorik pada tikus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

6. Membantu memperoleh  tidur malam yang lebih baik

Konsumsi jus ceri tart sebelum tidur akan meningkatkan waktu tidur total dan kualitas tidur.   Efek menginduksi tidur ceri pada tubuh manusia telah dipelajari dan telah menunjukkan bahwa minum segelas jus ceri asam pada pagi dan malam hari membantu meningkatkan kualitas tidur.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *