Manfaat Hebat Buah buahan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat buah buahanSudah bukan rahasia lagi bahwa makan buah-buahan banyak manfaatnya untuk kesehatan, yang secara khusus tentu akan berujung kepada penampilan atau kecantikan. Hal ini banyak nutrisi penting vitamin dan mineral disediakan oleh buah-buahan khususnya zat antioksidan dan serat.  Memasukkan beragam jenis buah sebagai bagian dari diet yang sehat cenderung mencegah banyak penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, Alzheimer dan kanker, serta menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi  dan memperbaiki sel-sel.

Advertisement

Makan buah setiap hari sebagai bagian dari diet seimbang adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan kita, yang bisa memberikan kesempatan hidup sehat sampai usia lanjut.

Manfaat makan buah buahan bagi kesehatan

Mengapa kita perlu makan Buah buahan?

Pada era modern ini tubuh kita membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan mineral daripada era sebelumnya. Hal ini karena saat ini kita bekerja lebih lama, terpapar lebih banyak asap beracun dari polusi dan mengalami stres pekerjaan. Makan buah setiap hari adalah cara yang sederhana dan enak untuk menyediakan kebutuhan tubuh akan nutrisi penting untuk memastikan kebutuhan tubuh telah tercukupi untuk menangani tekanan kehidupan sehari-hari, dan mungkin akan melindungi Anda dari penyakit di masa depan.
Diet sehat yang memasukkan makan buah secara rutin akan memberikan tubuh dengan zat antioksidan untuk membantu mencegah radikal bebas berbahaya. Apakah Radikal bebas?
Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi ketika tubuh kita bereaksi dengan oksigen, dan ini terjadi secara alami. Hal ini akan bereaksi lagi dengan molekul lain yang ada di dalam sel dan dapat merusak protein, membran dan gen. Kerusakan yang disebabkannya bisa menyebabkan timbulnya penyakit, khususnya Alzheimer, penyakit jantung dan bahkan kanker. Radikal bebas juga berkontribusi terhadap penuaan dari tubuh kita.
Faktor-faktor luar yang menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh :

  • Polusi
  • Sinar matahari
  • Mer*kok
  • Alk*hol

Namun untungnya ada antioksidan yang bekerja sebagai pemulung radikal bebas dan mengeluarkannya dari tubuh. Apakah Antioksidan?
Tubuh secara alami juga memproduksi antioksidan, yang berguna untuk melawan radikal bebas dan membantu mencegah penuaan dini serta timbulnya beberapa penyakit. Antioksidan ini bekerja menetralkan radikal bebas dan menghentikannya menyerang sel-sel sehat kita. Karena kita berpotensi terkena lebih banyak radikal bebas setiap hari, maka kita perlu lebih banyak memiliki antioksidan untuk menetralisirnya.
Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan, dan makan secara teratur bisa mencegah radikal bebas menyerang dan sel-sel kita bermutasi tak terkendali penyebab kanker.
Buah juga kaya akan serat makanan, yang membantu untuk menjaga sistem pencernaan kita bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya akan membantu mengeluarkan produk-produk limbah dalam usus secara lebih efisien, serat juga dapat membantu mencegah kanker usus besar karena akan ada lebih sedikit racun dalam usus.
Anda perlu makan lima porsi buah atau sayuran setiap hari sebagai bagian dari diet yang seimbang. Hal ini harus memberikan gabungan semua nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga:  Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Ada banyak sekali jenis buah, sehingga Anda tidak perlu makan buah yang sama setiap hari. Makan beraneka ragam buah justru lebih baik karena memiliki kombinasi mineral dan nutrisi yang berbeda.

Berikut manfaat makan buah-buahan dan sayuran bagi kesehatan setiap hari:

  • Mengurangi risiko stroke dan jenis penyakit kardiovaskular lainnya
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2
  • Menurunkan risiko kanker tertentu
  • Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
  • Mengurangi risiko  batu ginjal dan osteoporosis
  • Terhindar dari kondidi sembelit dan ambeian/wasir
  • dan masih banyak lagi

Manfaat makan buah bagi kecantikan

Baca juga : 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

  • Nutrisi yang disebut Biotin banyak ditemukan dalam berbagai buah-buahan. Biotin adalah steroid alami yang bermanfaat untuk rambut dan dapat meningkatkan pertumbuhannya.
  • Buah-buahan kaya akan antioksidan, vitamin,  mineral, dan air, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit. Hal ini akan membuat kulit tampak segar, sehat, bebas jerawat, serta terhindar dari kerutan sebagai tanda penuaan. Radikal bebas seperti yang telah dijelaskan diatas bisa menyebabkan penuaan dini, dengan makan buah yang kaya antioksidan, maka anda akan terhindar dari kondisi ini, tetap tampil segar dan menarik sampai tua.
  • Kuku juga bisa mendapatkan manfaat dari Biotin, yang akan membantunyatumbuh lebih kuat dan cepat. Mendapatkan asupan  vitamin A dan C setiap hari dari buah juga akan membantu kuku Anda menjadi lebih sehat.

Makan buah-buahan sebagai bagian dari die akan membuat Anda merasa lebih baik, terlihat lebih baik, serta lebih aktif dan sehat.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *