Manfaat Klinis Buah BENGKUANG bagi Kesehatan

Manfaat bengkuang bagi kesehatanBengkuang adalah umbi yang sebenarnya tergolong dalam daftar sayuran, namun ia tidak terlihat seperti kentang atau yang lainnya. Seperti ubi jalar yang tumbuh merambat, namun bengkuang lebih tinggi memiliki kadar air. Biasanya bengkuang hanya dimakan begitu saja atau dicampurkan kedalam sajian seperti es buah hingga rujak manis. Bengkuang merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C, serat  dan 93% terdiri dari karbohidrat. Sekitar seratus gram buah sayuran bisa memenuhi sekitar 34% kebutuhan kita akan Vitamin C dan 20% dari kebutuhan karbohidrat. Selain Vitamin, bengkuang juga memiliki jejak mineral dan senyawa lainnya – dengan demikian bengkuang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Berikut Beberapa manfaat buah Bengkuang yang segar dan manis bagi kesehatan.

Membantu menjaga kesehatan Pencernaan

Serat pangan merupakan elemen penting yang membantu mengatur pencernaan dan berguna mengurangi sembelit. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, Bengkuang merupakan tambahan yang ideal bagi penderita sembelit kronis. Serat yang di makan dengan banyak air akan melunakkan tinja di usus sehingga bisa dikeluarkan hingga tuntas.

Karena sifat pelunakan tinja ini, buah bengkuang direkomendasikan untuk orang yang menderita wasir atau sedang menjalani pengobatan untuk daerah sekitar a-nus. Hal ini juga membantu membersihkan saluran pencernaan dengan mengosongkannya dari tinja.  Oligofruktosa inulin adalah jenis serat yang terdapat dalam Bengkuang yang tidak dicerna dalam tubuh dan membantu mengosongkan seluruh kotoran. Zat ini juga dikenal menyerap kelebihan asam lambung sehingga dapat menghilangkan keasaman.

Mengelola berat badan

Manajemen berat badan yang efektif adalah termasuk gaya hidup yang aktif yang disertai dengan manajemen diet yang baik.  Tidak hanya penting untuk menyingkirkan makanan berkalori tinggi dan sarat lemak, tetapi juga mencakup mengkonsumsi makanan yang tepat secara rutin.

Fakta bahwa bahan makanan yang mengandung tinggi serat adalah penekan nafsu makan yang alami, dan bengkuang merupakan sumber yang kaya serat.

Pada dasarnya makanan berserat membuat perut merasa kenyang dengan porsi yang jauh lebih kecil namun bertahan untuk waktu yang lebih lama. Hal ini tidak hanya bisa mengurangi keinginan ngemil yang tidak sehat dan tidak perlu,  tetapi juga membuat porsi makan Anda lebih sedikit. Apa lagi bengkuang juga rendah lemak sehingga baik untuk mendukung makanan diet berat badan.

Bengkuang Baik untuk kesehatan Jantung

Hal ini juga berhubungan dengan kandungan serat dalm bengkuang yang tinggi. Makanan berserat mencegah pengumpulan kolesterol jahat, mengatur secara tekanan darah dan mengurangi keinginan makanan yang tidak sehat. Semua faktor ini bekerja sama dalam Melindungi jantung dengan cara untuk memastikan bahwa sistem peredaran darah bekerja dengan baik.

Adanya mineral seperti magnesium dan kalium dalam bengkuang berguna mengatur dan mempertahankan fungsi otot dalam tubuh. Jantung adalah struktur yang terbuat dari otot,  dan dengan demikian bengkuang berkontribusi untuk fungsi yang optimal. Jadi, manfaatnya mulai dari menurunkan kolesterol dan tekanan darah untuk mengelola fungsi otot.

Baca juga:  Manfaat buah Nanas untuk Ibu Hamil

Bengkuang Rendah Homosistein sehingga mengurangi kemungkinan resiko mengembangkan penyakit jantung dan gagal ginjal jika banyak mengkonsumsinya. Homosistein adalah sejenis asam amino, dan jika dalam tingkat tinggi telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi bengkuang rutin memiliki tingkat  homosistein lebih rendah hingga 11% dalam tubuh mereka.

Bengkoang mengandung antioksidan kuat

Antioksidan larut dalam air termasuk vitamin C dianggap sebagai anti-oksidan yang kuat, dan bengkuang banyak memilikinya. kandungan anti-oksidan menjadikan bengkuang merupakan obat yang baik untuk menunda kerut pada kulit dan  rambut yang lebih baik. Namun, yang lebih penting adalah bahwa sayuran ini bekerja untuk memperkuat dan mengoptimalkan fungsi kekebalan jika tubuh – yaitu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah pembentukan tumor.

Menghambat kerusakan kapiler

Kerusakan kapiler biasanya mengacu kepada rusak dan meradangnya kapiler dalam proses alami. Bengkuang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu penyembuhan kapiler yang lebih cepat, dan juga mendukung fungsi dan kesehatan secara terus-menerus.

Bengkuang bagus untuk asma dan demam

Selain kaya Vitamin C , bengkuang juga mengandung antihistamin. Dengan demikian bisa membantu orang yang menderita asma dengan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu, batuk dan selanjutnya mengurangi sesak napas. Sifat anti-inflamasi juga menyebabkan bengkuang menjadi ampuh dalam melawan asma bronkial. Umbi bengkuang dikenal juga dapat menurunkan demam sehingga membuatnya baik sebagai obat pada kasus demam tinggi. Yang harus Anda lakukan adalah cukup dengan memakannya mentah atau di jus tanpa menambahkan apapun.

Bengkuang Sangat baik untuk Kulit

Karena merupakan sumber vitamin C yang baik, maka bengkuang secara alami sangat bagus untuk kulit. Dan bukan hanya dengan cara konsumsi saja, tetapi juga dipergunakan sebagai aplikasi yang dapat membantu mencerahkan warna kulit yang sehat .

Radikal bebas sebenarnya menyebabkan kerutan kulit, dan pada tingkat yang lebih tinggi dapat mempercepat proses kerutan dini. Makan buah sayur seperti bengkuang yang kaya Vitamin C dapat memperlambat proses ini dan akan memberikan kulit Anda kencang dan bersinar. Vitamin C juga membersihkan racun dan menghambat pembentukan jerawat.

Bengkuang dapat dipakai sebagai pemutih alami dan bertindak secara efektif pada tan kulit dan kulit akibat terbakar matahari. Caranya cukup hanya dengan mash up sedikit bengkuang dan tambahkan beberapa tetes madu dan gunakan sbagai krim. Oleskan pada wajah dan cuci kembali ketika sudah benar-benar kering. Karena alami,  Anda dapat menggunakan krim wajah dari bengkuang ini setiap minggu.

Perhatian

  1. Disarankan dikonsumsi dalam keadaan mentah atau segar supaya kadar serat tinggi dalam bengkuang tidak hilang. Anda bisa membuatnya sebagai minuman dengan juicer tanpa tambahan gula.
  2. Jangan memngkonsumsi sisa bagian akar bengkuang karena mengandung Rotenone, yaitu yang merupakan insektisida alami. Biji yang berasal dari kacang polong bengkuang juga tidak boleh dikonsumsi manusia karena beracun.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *