Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Manfaat buah belimbing untuk KesehatanBelimbing juga dikenal sebagai starfruit dalam bahasa inggris, karena memiliki ciri khas bentuk bintang  jika dilihat dari penampang yang dipotong. BUah ini termasuk dalam kultivar Averrhoa Carambola, yang banyak tumbuh di wilayah Negara Asia seperti Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Bangladesh dan Sri Lanka.  Namun Hari ini buah Belimbing juga banyak dibudidayakan di wilayah Amerika Latin, Karibia dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Advertisement

Buah ini dinikmati dengan cara yang berbeda-beda di tiap negara. Belimbing paling umum dimakan begitu saja, tetapi dapat juga dikonsumsi dalam bentuk Selai, jeli dan jus. Buah ini bisa dikonsumsi seluruhnya bersama dengan kulit dan daging buahnya yang renyah, dan sangat dikenal akan kadar gulanya yang sedikit(sekitar 4%) dan kadar air nya tinggi(92%) dan tentu saja sehat bagi tubuh kita.

Kandungan Gizi buah Belimbing

Belimbing dianggap sebagai buah yang sehat dengan komposisi gizi yang cukup baikt. Porsi Seratus gram buah belimbing memberikan nutrisi berikut :

Energi 31 Kkal (Kilo Kalori)
Karbohidrat 6.73 g
Lemak 0.33
Protein 1,04 g
Vitamin A 66 ug
Vitamin B1 0.014 mg
Vitamin B2 0,016 mg
Vitamin B3 0,367 mg
Vitamin B5 0,391 mg
Vitamin B6 0.017mg
Vitamin B9 12 ug
Vitamin C 34,4 mg
Vitamin E 0,15 mg
Kalsium 3 mg
Zat besi 0,08 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor 12 mg
Manggan 0,037 mg
Kalium 133 mg
Sodium 2 mg
Seng 0,12 mg
Air 92%
Selain memiliki kadar air sangat tinggi, belimbing juga kaya akan serat pangan yaitu sekitar 90% atau 2,8 gram dan  rendah lemak. Nutrisi yang paling banyak pada buah ini adalah jenis vitamin larut dalam air yaitu Vitamin C yang memenuhisekitar 41% dari kebutuhan harian kita. Sementara itu belimbing memenuhi sekitar 8% dari kebutuhan tubuh kita akan vitamin B5 sehari-hari.

Berikut beberapa Manfaat Buah Belimbing yang segar bagi Kesehatan tubuh Kita

 

Buah belimbing meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing kaya akan vitamin C, yaitu jenis vitamin yang larut air yang dianggap salah satu jenis anti-oksidan terbaik untuk tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat dan bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu dan infeksi umum lainnya. Selain itu karena Vitamin C bersifat larut air, maka jika kelebihan maka tidak akan disimpan dalam tubuh kita dan dibuang lebih cepat dalam bentuk ekskresi dan keringat.

Inilah sebabnya mengapa buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C bermanfaat untuk penggantian anti-oksidan dalam tubuh kita. Anti-oksidan meningkatkan fungsi kekebalan dengan membersihkan racun dan radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh kita sebagai akibat dari paparan lingkungan, metabolisme ,  dan sumber makanan.

Buah belimbing Mencegah Peradangan

Radikal bebas berefek memperburuk peradangan dalam tubuh dan menunda perbaikan jaringan sel. Belimbing mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari  peradangan . Vitamin C tidak hanya bekerja sebagai anti-oksidan yang mengeluarkan racun tetapi juga menghasilkan kolagen. Kolagen adalah senyawa kunci untuk perbaikan, bentuk tulang, arteri dan pembuluh darah. Peran ini  penting dalam penyembuhan tubuh dan memulihkan kerusakan pada tingkat sel dan jaringan.

Buah belimbing mencegah Kanker

Kejadian peningkatan kanker adalah disebut sebagai penyakit yang terkait gaya hidup. Proses dasar yang mengarah ke kanker dimulai dari produksi radikal bebas dalam tubuh. Pembentukan radikal bebas adalah proses alami dan tidak membahayakan jika antioksidan bisa membersihkan mereka secara teratur. Tapi jika tubuh kekurangan antioksidan, maka radikal bebas berkembang biak dengan cepat dan akhirnya sampai ke taraf merusak DNA dari sel-sel kita. Pertumbuhan yang tidak terkendali inilah yang menyebabkan kanker,  di mana sel-sel yang rusak membelah dan selanjutnya menyerang sel-sel yang sehat.

Antioksidan dalam bentuk vitamin C dalam buah belimbing membantu mencegah kanker dengan cara membersihkan tubuh yang mengandung  radikal bebas sebelum menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang sehat. Belimbing mengandung serat, yang artinya membersihkan racun yang disimpan di usus besar. Racun ini juga meningkatkan risiko kanker usus besar. Serat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun berbahaya dari dalam usus sehingga melindungi usus dari kanker usus besar.

Belimbing Membantu diet menurunkan Berat Badan

Diet adalah bagian penting dari manajemen penurunan berat badan, bahkan itu  sama pentingnya dengan berolahraga yang ditargetkan untuk menghilangkan berat badan ekstra. Ada beberapa faktor yang membuat  item makanan cocok untuk dimasukkan kedalam program penurunan berat badan, seperti lemak rendah, kandungan air yang tinggi, komposisi yang mengandung mineral dan serat yang tinggi. Semua faktor ini membuat buah belimbing menjadi camilan yang layak untuk dimasukkan dalam program penurunan berat badan yang sehat.

Sementara itu Serat membuat Anda kenyang lebih cepat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga akan mengekang nafsu makan secara alami. Buah dan sayuran yang kaya air mengganti air yang hilang dalam tubuh karena latihan berat, sehingga membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan tetap fit. Di sisi lain, komposisi mineral dalam buah belimbing akan memastikan keseimbangan elektrolit Anda tetap terjaga. Elektrolit berguna mengelola transmisi neuro dan mengatur fungsi otot dalam tubuh. Jika Anda berolahraga secara teratur, maka mungkin bisa sering mengalami kram yaitu menunjukkan kadar elektrolit yang rendah dalam tubuh Anda.

Baca juga:  Manfaat Air bekas Cucian Beras untuk wajah dan Rambut

Buah belimbingMenjaga Tekanan Darah yang Sehat dan mencegah serangan Jantung

Belimbing mengandung nutrisi seperti kalium dan natrium , yaitu elektrolit yang memiliki peran termasuk menjaga tekanan darah. Natrium tinggi bisa berbahaya dan dapat meningkatkan tekanan darah. Tingkat natrium akan disimpan dan di cek oleh Magnesium. Magnesium adalah mineral yang mengatur fungsi otot tubuh termasuk otot jantung. Kontraksi dan ekspansi otot jantung membuat jantung bisa berdetak  secara teratur memfasilitasi aliran darah.

Terlepas dari kontrol otot, kandungan lemak yang rendah dan kolesterol nihil membuat belimbing menjadi suplemen makanan yang sangat sehat. Hal ini menurunkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan plak dan akhirnya menyumbat bagian dari arteri. Seiring dengan ini, belimbing adalah buah dengan kandungan kalori terendah. Kandungan serat tinggi juga sangat bermanfaat untuk sistem jantung. Fungsi-fungsi ini secara bersinergi menyebabkan jantung selalu sehat dan mengoptimalkan fungsinya.

Meningkatkan  Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah zat yang membuat hemoglobin  atau pigmen yang membuat warna “merah” pada darah kita. Tapi lebih dari itu, sel darah merah ini juga memberikan tubuh kita sebuah kendaraan yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian dan organ tubuh. Biasanya kekurangan zat besi adalah kasus yang sangat umum  terutama di negara-negara yang sulit memperoleh nutrisi ini. Kekurangan sel darah merah disebut dengan Anemia dan memiliki gejala seperti lidah pucat , lingkaran hitam di bawah mata, mengantuk terus-menerus, sakit kepala, kelelahan dan pusing.

Walaupun makanan lain tinggi zat besi , namun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan semua manfaatnya karena zat besi masih membutuhkan Vitamin C untuk dapat diserap dengan efektif. Dari semua nutrisi, buah belimbing menyediakan Vitamin C yang paling melimpah , dengan demikian secara tidak langsung membantu peningkatan hemoglobin yang lebih baik dan mengurangi Anemia.

Belimbing Membantu menjaga Pencernaan yang sehat

Pencernaan adalah proses penting yang membantu tubuh kita untuk dapat menyerap nutrisi dengan baik. Belimbing mengandung jumlah serat larut yang sangat mengesankan. Serat larut ini bermanfaat menyerap banyak air dan melembutkan sebagian besar kotoran, sehingga menjadi lebih lunak dan mudah dalam melewati saluran pencernaan. Serat terutama serat larut juga mendorong pertumbuhan bakteri baik yang mencegah infeksi jamur dan juga membantu pencernaan lebih baik.

Pencernaan yang lebih baik dan gerakan usus yang sehat akan melindungi saluran pencernaan dari stres, pecah dan infeksi. Hal ini juga  pembersihan usus yang secara teratur dapat membantu memerangi berbagai infeksi dan gangguan pencernaan lainnya.

Buah Belimbing Membantu meningkatkan Produksi ASI

Beberapa wanita terutama ibu-ibu baru kadang-kadang hanya memproduksi jumlah ASI yang tidak memadai. Ketidakmampuan ini dapat mempengaruhi wanita secara negatif dan ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan masalah ini. Ini adalah masalah umum dan biasanya bisa didiperbaiki dengan pemberian pil hormonal, tetapi ada banyak solusi alami yang dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan jumlah ASI ; Belimbing adalah salah satu buah untuk pengobatan alaminya yang efektif.

Dengan diet seimbang, mengkonsumsi segelas Jus buah belimbing atau hanya makan dalam bentuk buahnya bisa mengatasi masalah ini.

 Belimbing membuat Kulit cerah dan sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, radikal bebas dan racun akan dihilangkan dari tubuh berkat anti-oksidan seperti vitamin . Manfaat baik lain dari pembersihan racun adalah menyebabkan kulit menjadi lebih baik, termasuk mengontrol dan mengatasi masalah jerawat yang umumnya sangat mengganggu untuk sebagian besar remaja. Segelas jus buah belimbing setiap hari dapat memberikan sangat baik terhidrasi dan kulit halus. Terlepas dari masalah jerawat pada remaja, pada orang dewasa buah belimbing dapat mengurangi munculnya keriput dan menunda gejala penuaan pada umumnya. Elastisitas dan kekencangan oleh Vitamin C dalam dalam buah belimbing pasti akan menambah cahaya pada kulit dan kesehatan.

Efek Samping buah belimbing yang harus Anda waspadai dan perhatikan

  • Disarankan untuk tidak makan buah belimbing jika Anda mempunyai masalah dengan batu ginjal.  Hal ini karena belimbing mengandung tinggi mineral Oksalat yang sangat bisa membentuk batu ginjal.
  • Orang dengan ginjal yang lemah juga dapat berbahaya dan fatal jika mengkonsumsi buah belimbing secara teratur. Gejala efek samping keracunan buah belimbing mungkin seperti cegukan, insomnia, mual, muntah dan kebingungan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *