5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat alpukat untuk kehamilanMasa kehamilan yang penting membuat sebagian ibu hamil merasa khawatir, khawatir tidak bisa merawat janinnya dengan baik dan khawatir tidak bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Sesungguhnya kekhawatiran itu bisa kita atasi dengan banyak membaca referensi yang di dalamnya membahas dunia kehamilan, salah satunya adalah membahas mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan janin.
Trimester pertama adalah masa kehamilan yang sangat rentan akan keguguran, bila janin tidak dijaga dengan baik, pertumbuhan janin yang masih lemah akan membuat janin di dalam menjadi ikut lemah sehingga bila dibiarkan terus menerus akan membahayakan kesehatan janin dan untuk merawat kesehatan janin dan ibunya, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi yang juga baik untuk janin dan bisa menguatkan janin hingga melewati trimester pertama dan seterusnya. Baca juga : Alpukat untuk Bayi 6 bulan

Advertisement

Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk para ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya:

1. Merawat kecantikan kulit

Disaat mengandung, wanita hamil cenderung memiliki kulit yang tidak terjaga dan kusam, wanita hamil yang identik dengan perubahan hormon menyebabkan kulitnya menjadi lebih sensitif, tidak jarang muncul jerawat di kulit wajah. Untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah selama masa kehamilan, Anda bisa mempercayakan buah alpukat, entah itu dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi masker buah alami yang sangat berguna untuk merawat kulit dan menjaga kelembabannya. Gunakan masker alami dari buah alpukat secara teratur untuk hasil maksimal.

2. Mencegah penuaan dini

Tidak ada wanita yang senang dengan perbuahan dalam tahap yang negatif jika sudah berhubungan dengan penampilannya, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin, karbohidrat, lemak sehat di dalam buah alpukat mampu merawat keseahatan kulit dan bekerja dengan sangat baik sebagai zat anti aging yang akan melindungi kulit Anda dari tanda-tanda penuaan dini.

3. Mencegah cacat otak

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan janin yang tidak banyak disadari oleh banyak orang adalah mencegah cacat otak yang bisa saja terjadi pada janin jika janin tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Kandungan asam folat di dalam buah alpukat akan memberikan nutrisi khusus yang dibutuhkan oleh ibu hamil juga janin dalam kandungan. Sedangkan kandungan asam folat di dalam buah alpukat baik untuk mencegah calon bayi dari kecacatan otak.

Baca juga:  Manfaat Penting Buah Alpukat untuk Bayi usia 6 bulan

4. Mencegah kerusakan pada sumsum tulang belakang janin

Alpukat yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang super lezat ini ternyata memiliki manfaat alami untuk tubuh terutama untuk janin yang sedang tumbuh di dalam rahim ibunya. Buah alpukat juga efektif untuk mencegah serangan penyakit Spina Bifida pada janin. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum telang belakang tepatnya dari punggung.

5. Meningkatkan sistem imunitas janin dan ibu hamil

Kandungan nutrisi sehat dan lemak yang ada di dalam buah alupkat berkhasiat untuk memberikan kecukupan kalori dalam tubuh ibu serta janinnya. Bila dibandingkan dengan kandungan lemak yang ada di dalam sayuran dan buah-buahan lainnya, kandungan lemak di dalam buah alpukat termasuk lemak sehat yang baik untuk tubuh ibu hamil karena mampu meningkatkan sistem imunitas ibu hamil dan juga janinnya.
Mungkin selama eksistensi kehidupan kita, ratusan bahkan ribuan buah telah kita konsumsi. Hal ini tak terkecuali dengan buah alpukat yang ternyata memiliki berbagai manfaat termasuk untuk ibu hamil dan janin, yang akan kita dapatkan disaat kita mengkonsumsi buah ini secara teratur.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *