Manfaat Penting Buah Alpukat untuk Bayi usia 6 bulan

Alpukat untuk bayi 6 bulanMasa perkembangan bayi adalah masa yang paling penting, tanpa kita sadari ia sudah tumbuh besar berusia 6 bulan. Saat bayi berusia 1-6 bulan para dokter anak menganjurkan agar orang tua hanya memberikannya susu saja, tidak dengan makanan pendamping. Namun setelah melewati usia 6 bulan, bayi bisa diberikan makanan pendamping yang bergizi dan sehat, tidak terlalu mengandung glukosa, garam dan penyedap rasa. Salah satu makanan bayi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya adalah buah-buahan, memberikan buah-buahan pada bayi sebagai camilan pengganti biscuit coklat jauh lebih sehat. Ada banyak pilihan buah yang bisa Anda berikan untuk bayi, salah satunya adalah buah alpukat. Buah alpukat memiliki tekstur yang padat dan rasanya pun tidak terlalu manis, bisa dikreasikan menjadi berbagai makanan yang akan disukai oleh bayi usia 6 bulan.

Advertisement

Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk bayi 6 bulan :

Meningkatkan berat badan

Berat badan bayi akan memengaruhi kesehatan tubuh bayi itu sendiri, bayi yang kekurangan nutrisi cenderung memiliki berat badan yang tidak ideal atau kurang dari angka ideal, bila didiamkan saja berisiko tinggi pada kesehatan bayi, bisa-bisa bayi mengalami gizi buruk sedangkan bayi yang memiliki berat badan di atas rata-rata atau bahkan over weight akan sangat membahayakan untuk kesehatannya karena bayi pun tidak dianjurkan untuk mengalami obesitas. Jika bayi Anda memiliki berat badan yang kurang dari angka ideal, berikanlah buah alpukat sebagai camilan sehat bayi, karena kandungan kalori yang terdapat di dalam buah alpukat mampu membantu menaikkan berat badan bayi, hingga berat badan bayi menjadi normal dan bayi pun lebih sehat.

Menyehatkan kulit dan rambut

Kandungan minyak alpukat di dalam alpukat seringkali dimanfaatkan dalam pembuatan produk kosmetik baik kosmetik kulit dan rambut yang berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah atau membuat rambut tampak lebih sehat dan bercahaya. Vitamin E di dalam buah alpukat akan membantu melindungi kulit bayi dari paparan radiasi sinar matahari yang berbahaya.

Mencegah peradangan

Hasil penelitian menunjukkan jika selain lezat, buah alpukat juga memiliki manfaat alami yang mampu mencegah peradangan. Kita bisa memanfaatkan buah alpukat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dekat dengan timbulnya peradangan pada tubuh bayi.

Baca juga:  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Bayi

Meningkatkan perkembangan otak dan syaraf pusat

Salah satu manfaat buah alpukat untuk bayi 6 bulan adalah membantu meningkatkan perkembangan otak dan susunan syaraf pusat pada bayi, hal ini berkaitan langsung dengan kandungan lemak tak jenuh yang terkandugnan di dalam buah alpukat. Kandungan alami di dalam buah alpukat, seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vimtain C, vitamin E, vitamin K, lutein, kalium, zat besi dan juga magnesium baik untuk meningkatkan perkembangan fisik bayi 6 bulan yang memang sedang dalam masa pertumbuhan.
Memberikan makanan pendamping untuk anak hendaknya dilakukan disaat anak Anda sudah berusia 6 bulan ke atas. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter anak, tanyakan banyak hal termasuk manfaat buah alpukat untuk bayi 6 bulan lainnya yang belum dijelaskan di atas. Tanyakan juga, apakah benar buah alpukat memiliki manfaat yang baik untuk bayi karena masih banyak orang tua yang khawatir untuk memberikannya sebagai salah satu makanan pendamping. Fungsi makanan pendamping bayi sangat penting yang akan membantu mempercepat proses pertumbuhan bayi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *