Manfaat Bokchoy untuk Kesehatan tubuh Kita

Manfaat bokchoy untuk kesehatanBokchoy adalah sejenis sayuran yang juga dikenal sebagai Sawi Daging. Istilah “bokchoy” sebenarnya berasal dari bahasa Chian yang artinya “sayuran putih” . Hal ini berbeda dengan jenis sawi biasa, karena bokchoi Ini termasuk sejenis kubis Cina dari keluarga sayuran silangan. Batang daun dari sayuran ini berwarna putih, lebar, dan berdaun hijau. Memiliki tekstur yang kenyal namuin lebih lunak dengan rasa yang agak manis.

Advertisement

Bokchoy menyediakan lebih dari 70 jenis antioksidan fenolik termasuk beberapa asam hydroxycinnamic, yang sangat baik untuk mengusir radikal bebas dari tubuh. Vitamin yang terdapat dalam Bokchoy termasuk  vitamin A, C, K, dan beberapa dari itamin B. Selain itu, sayuran hijau ini juga kaya akan kalsium, kolin, tembaga, serat, folat, zat besi, mangan, magnesium, asam lemak omega 3, asam pantohenic, fosfor, kalium, dan seng.

Berikut beberapa manfaat penting Bokchoy untuk Kesehatan tubuh Kita :

Anti kanker

Bokchoy mengandung senyawa yang mengandung unsur sulfur yang dapat membantu menurunkan risiko kanker pay*dara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker usus. Senyawa ini bertindak membantu menghilangkan karsinogen dari dalam tubuh dan mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Antioksidan

Ada beberapa jenis antioksidan dalam bokchoy termasuk flavonoid seperti quercetin, kaempferol, dan isorhamnetin, dan asam fenolik. Antioksidan-antioksidan ini membantu mencegah oksidasi pada sel-sel dan sistem tubuh yang tidak diinginkan. Fungsi dari semua antioksidan ini berbeda-beda,  dan gabungan dari semuanya akan memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik yang tidak pernah bisa ditiru oleh suplemen buatan manusia.

Anti inflamasi

Antioksidan dalam bokchoy juga bertindak sebagai anti-inflamasi, dan yang sangat baik dalam membantu menurunkan risiko peradangan kronis. Hal ini mencegah sistem inflamasi tubuh menanggapi pemicu yang berbahaya dan bersifat merusak. Tinggi vitamin K dalam bokchoy yang merupakan jenis vitamin larut dalam lemak  telah terbukti membantu mengatur respon inflamasi tubuh – terutama dalam sistem kardiovaskular.

Kesehatan tulang

Untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat, tubuh kita membutuhkan mineral seperti magnesium, fosfor dan vitamin K plus kalsium dengan proporsi yang tepat. Meskipun vitamin K dikenal untuk pembekuan darah, namun hal itu juga diperlukan untuk mineralisasi tulang. Sayuran ini juga termasuk pembangkit gizi dalam makanan kita yang membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang.

Baca juga:  Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan otak

Bokchoy tinggi mengandung vitamin B, termasuk asam folat, vitamin B6, vitamin B1, dan vitamin B5. Vitamin-vitamin dari B kompleks ini sangat penting untuk membangkitkan energi dan berpotensi memperlambat penyusutan di bagian otak yang telah diketahui paling terpengaruh terhadap penyakit Alzheimer.

Baca juga : Top Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Kesehatan jantung

Tingginya kadar homosistein dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Asam Folat dan vitamin B 6 yang ditemukan dalam bokchoy bermanfaat menghilangkan kadar homosistein dari dalam darah. Tingginya kandungan kalium, kalsium dan magnesium juga membantu mengatur detak jantung,  dan dengan demikian makan bokchoy akan menjaga jantung tetap sehat.

Detoksifikasi hati

Bokchoy mengandung nutrisi yang sangat penting untuk mendetok hati. memasukkan jus bokchoy dalam diet Anda secara teratur bisa membantu meningkatkan kesehatan hati demi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan kulit

Bokchoy mengandung beberapa nutrisi penting untuk kulit seperti karotenoid, vitamin C, vitamin K, folat, kalium dan selenium. Ketika nutrisi-nutrisi ini digabungkan satu sama lainnya, maka jus bokchoy adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga : Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kesehatan mata

Bokchoy tinggi vitamin A dan karotenoid yang memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melindungi mata kita. Karotenoid bisa melawan kondisi terkait usia seperti degenerasi makula, menurunkan risiko katarak, meningkatkan penglihatan pada malam hari dan mengurangi risiko gangguan penglihatan lain.

Tips

  1. Pilih bokchoy yang berdaun berwarna hijau terang dengan batang yang kokoh . Bokchoy harus disimpan dalam lemari es untuk mencegah supaya tidak cepat layu.
  2. Bokchoy bisa dijus bersama sayur lain seperti kale atau bayam untuk meningkatkan asupan gizi yang lebih baik.

Kewaspadaan

Bokchoy adalah jenis sayuran silangan, sehingga individu yang menderita disfungsi tiroid harus membatasi asupan bokchoy termasuk sayuran lainnya yangm mengandung tinggi goitrogen.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *