Manfaat Biji Pepaya dan Cara Pengolahannya

Manfaat biji pepaya dan cara pengolahannya“Pepaya bagi mungkin bagi kebanyakan orang di Indonesia kurang diperhatikan karena memang disini masih sangat mudah didapatkan dimana saja dan harganya murah. Tapi kalau diluar negeri seperti Eropa atau Amerika, pepaya adalah buah yang cukup dihargai. Ingin sehat maka makanlah buah, dan makan buah sebenarnya tak harus selalu mahal.” Pepaya adalah buah yang sudah diakui oleh dunia kesehatan sebagai buah yang sangat  bergizi. Marian Naseem serta Muhammad Karam Nasir, dua oarang mahasiswa Pertanian dan Agribisnis di Karachi Universitas, menemukan bahwa buah pepaya serta bijinya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Menurut mereka, kandungan nutrisi yang berbeda dalam buah dan biji pepaya dapat meningkatkan kesehatan. Penelitian mereka bahkan mengutip bagaimana beberapa negara di seluruh dunia menggunakan pepaya untuk menyembuhkan penyakit dan memperkuat kekebalan tubuh mereka.

Advertisement

Nasir mengatakan bahwa pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalsium, potasium, zat besi serta thiamin dan magnesium. Ia juga menambahkan bahwa pepaya juga mengandung enzim khusus yaitu papain yang dapat menyebuhkan masalah lambung dan gangguan pencernaan. Ia juga mencatat bahwa bahan kimia lainnya ya ng disebut carpain dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit, dan pepaya bisa sangat efektif menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes dan bahkan kanker. Semua bagian dari tanaman pepaya mulai dari akar, kulit, daun, dan buah semuanya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut manfaat Biji pepaya bagi kesehatan dan cara mengolahnya untuk dikonsumsi sebagai ramuan herbal

Menyembuhkan Penyakit hati/liver

Pepaya Biji mengandung nutrisi  yang dapat membantu menyembuhkan penyakit sirosis hati. Caranya Ambil 5 atau 6 biji kering Papaya lalu haluskan dan kemudian campurkan kedalam makanan atau minuman terutama air lemon. Lakukan hal ini setiap hari selama 30 hari. Beberapa orang memiliki hasil yang luar biasa bisa sembuh dari sirosis hati dengan biji pepaya.  Orang Jepang percaya bahwa satu sendok teh bubuk biji pepaya setiap hari dapat melindungi hati dari penyakit.

Detoksifikasi

Makan beberapa biji Biji pepaya segar dapat mendetoksifikasi hati. Ambil sedikit saja setiap hari untuk membantu mendetoksifikasi hati Anda. Hati adalah organ vital yang melakukan lebih dari 500 tugas untuk tubuh yang berbeda, jadi jika liver sehat maka kesehatan seseorang secara otomatis juga ikut optimal.

Menyembuhkan Infeksi virus

Bibit juga bertindak sebagai agen antivirus yang baik membantu untuk menyembuhkan infeksi virus.  Pepaya Biji telah banyak digunakan di Kosta Rika untuk membantu mengatasi Demam Berdarah.

Baca juga:  10 Manfaat Olahraga Berenang untuk kesehatan, Fisik hingga Psikologis

Menekan pertumbuhan sel Kanker

Pepaya Biji mengandung agen yang bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker atau tumor.  Biji pepaya mengandung isothiocyanate yang bagus untuk membantu mengatasi kanker usus besar, kanker pay*dara, kanker paru-paru, leukemia dan kanker prostat.

Mencegah cacing, parasit dan bakteri jahat di usus

Biji pepaya mengandung enzim pencernaan ampuh seperti papain yang dapat membantu mengubah lingkungan usus menjadi lebih menguntungkan bagi bakteri ‘baik’ namun  kurang bagus bagi bakteri jahat , yang dapat menyebabkan sebagian besra masalah pencernaan dan  kesehatan. Hal ini juga diyakini memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat untuk sistem pencernaan kita. Penelitian telah menunjukkan ekstrak yang terbuat dari biji pepaya efektif mematikan bagi bakteri E coli, Salmonella, Staph dan infeksi bakteri berbahaya lainnya.

Biji pepaya juga mengandung alkaloid obat cacing yang disebut carpaine yang sangat mematikan bagi amuba dan cacing, Studi menunjukkan bahwa minum ramuan ekstrak biji pepaya selama 7 hari telah membantu 75% anak di Nigeria terbebas dari cacingan atau parasit.

Bersifat Anti inflamasi

Biji pepaya Bibit mengandung sifat anti inflamasi sehingga membuat bagus untuk menredakan arthritis, yaitu penyakit yang menyerang sendi sehingga membengkak, sangat nyeri, dan berwarna kemerahan.

Mencegah Penyakit Ginjal

Studi di Universitas Karachi menemukan bahwa biji pepaya  dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal dan mencegah gagal ginjal. Hal ini terutama bagus untuk membantu mengatasi penyakit ginjal yang terkait keracunan.

Cara mengolah untuk dikonsumsi

Sebenarnya beberapa biji pepaya bisa langsung dikonsumsi/dikunyah dalam keadaan segar. Namun jika ingin menyimpannya, cukup ambil seluruh biji pepaya dari buah yang sudah matang, remas-remas dengan kain, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu dijemur beberapa hari sampai kering. Jika mau mengkonsumsinya, 1 sdm biji kering bisa dihaluskan dulu menggunakan grinding atau penghancur merica dan dicampur makanan atau minuman biasa. Karena pahit, bisa ditambahkan madu atau lemon jika ingin diminum bersama air.

Efek Samping dan kehati-hatian

  • Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya atau buah pepaya yang masih hijau. Selain itu biji pepaya memiliki sifat anti- parasit yang terlalu kuat, sehingga tidak baik bagi saluran pencernaan anak kecil.
  • Ada juga beberapa penelitian terhadap hewan yang menunjukkan bahwa makan biji pepaya dapat sangat mengurangi kesuburan walau sementara saat masih mengkonsumsi. Jadi bagi pria yang sedang berusaha untuk memiliki keturunan sebaiknya menghindari minum ekstrak biji pepaya dulu untuk sementara.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *