Manfaat Bersepeda Kayuh/Gowes Rutin tiap Minggu Bagi Kesehatan

Bersepeda atau istilah kekiniannya “Gowes”, adalah jenis kegiatan Olahraga universal, artinya sebagian besar orang bisa kelakukannya tanpa harus memiliki skill khusus. Menariknya, Gowes adalah olahraga yang bisa dilakukan sekeluarga, karena tidak dibatasi oleh usia dan gender sekaligus cuma butuh sedikit biaya persiapan alias praktis.

Advertisement

Ada banyak manfaat bersepeda gowes meskipun dilakukan secara santai dalam mengisi hari libur setiap minggu. Bersepeda tak hanya ada manfaat secara fisik tentu saja, tapi juga secara psikis! Anda juga bisa memetakan lokasi dengan blusukan ke jalan-jalan tikus yang sulit dijangkau oleh mobil atau motor, sehingga Anda nantinya lebih tahu banyak tempat daripada tetangga Anda yang tidak pernah bersepeda gowes. Menarik sekali bukan?… Nah, yuk gowes mulai minggu depan!

Berikut Manfaat Utama dan terpenting dari Gowes atau bersepeda Kayuh:

Manfaat Bersepeda Kayuh atau Gowes secara rutin

1.Mendukung Kesehatan Mental yang Lebih baik

Bersepeda tentunya akan membuat tubuh Anda aktif secara fisik. Sebuah studi menjelskan bahwa siapa-siapa yang hidup aktif secara fisik memiliki kesejahteraan 32 persen lebih baik daripada orang yang tidak aktif.

Olahraga termasuk gowes dapat meningkatkan mood. Hal ini terutama karena pelepasan adrenalin dan endorfin. Rasa kepercayaan diri juga akan membaik yang timbul dari pencapaian hal-hal baru, misalnya telah menyelesaikan bersepeda dan atau sukses mencapai tujuan dari bersepeda.

Bersepeda adalah olahraga yang menggabungkan latihan fisik dengan berada di luar ruangan dan menjelajahi pemandangan baru. Anda bisa bersepeda sendiri – yang bisa memberikan Anda waktu untuk mengatasi rasa kekhawatiran Anda, atau Anda bisa bersepeda dengan kelompok atau club yang akan memperluas jaringan sosial Anda.

Bersepeda juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami depresi agar bisa segera terbebas dari masalah mereka ini.

Menurunkan Berat Badan

Rumus menurunkan berat badan sebenarnya sederhana, yaitu kalori yang dikeluarkan harus melebihi jumlah masuk. Jadi Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda peroleh dari makanan Anda untuk menurunkan berat badan. Bersepeda dapat membakar kalori antara 400 – 1000 kalori/jam, tergantung pada intensitas dan beratnya medan bersepeda.

Namun tentunya ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya peningkatan konsumsi kalori Anda akan mempengaruhi tingkat energi sehingga akan semakin banyak waktu yang Anda butuhkan untuk bersepeda supaya bisa menurunkan berat badan. Kalau berbicara menurunkan berat badan, Anda tentunya harus mengatur diet untuk mengontrol asupan kalori.

Membangun Otot

Bersepeda berarti tidak hanya membakar kalori atau lemak: juga membangun otot – terutama di sekitar pinggang, paha depan belakang, dan betis. Otot lebih ramping daripada lemak, dan orang dengan persentase otot yang lebih banyak akan membakar lebih banyak kalori.

Namun Anda mungkin tidak akan memiliki bentuk paha depan seperti pelari dengan bersepeda, tapi  Anda akan memiliki sepasang kaki yang kencang dan bagus.

Mengurangi risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Bersepeda kayuh akan meningkatkan detak jantung Anda dalam memompa darah ke seluruh tubuh, serta membakar kalori sehingga kecil kemungkinan memiliki kelebihan berat badan Anda. Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang direkomendasikan sebagai cara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit menakutkan seperti penyakit jantung dan kanker.

Bukti ini dijelaskan dalam bentuk penelitian yang dilakukan oleh University of Glasgow. Peneliti mempelajari lebih dari 260.000 individu selama lima tahun – lalu menemukan bahwa memilih menggunakan sepedake tempat kerja dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker .

Meningkatkan kepadatan Tulang

Aktivitas resisten, seperti mengayuh pedal, menarik otot, dan kemudian otot-otot menarik tulang, sehingga meningkatkan kepadatan tulang,

Bersepeda adalah Olahraga Berdampak Rendah

Banyak yang membicarakan bahwa dampak manfaat dari bersepeda masih dibawah berlari; berlari selama setengah jam akan sebanding dengan bersepeda jika dilakukan selama 2 jam.  Namun berlari adalah bantalan beban, sehingga tingkat cederanya lebih tinggi. Bersepeda, berbeda dengan berlari, bukan bantalan beban sehingga tingkat cederanya lebih sedikit.

Para ilmuwan membandingkan 2 kelompok olah raga – yaitu kelompok pelari jarak jauh dan pesepeda. Mereka para ilmuwan menemukan bahwa pelari mengalami kerusakan otot 133% hingga 144% lebih banyak.

Namun karena kurangnya bantalan beban, maka bersepeda tidak banyak meningkatkan kepadatan tulang seperti halnya olahraga lainnya; jadi ada baiknya jika menambahkan sedikit olahraga kekuatan.

Tidur lebih Nyenyak

Ternyata kunci tidur nyenyak bukan naik mobil yang nyaman dan duduk ketika bekerja. Para Peneliti University of Georgia mempelajari pria dan wanita yang berusia antara 20 – 85 tahun selama 35 tahun, dan menemukan bahwa penurunan kebugaran sebesar 2% untuk pria dan 4% untuk wanita mengakibatkan masalah tidur.

Salah satu penulis penelitian mengatakan bahwa penurunan kebugaran kardiorespirasi paling tajam adalah antara usia 40 dan 60 tahun. Ini juga akan meningkatkan masalah pada durasi dan kualitas tidur.

Para ilmuwan menyarankan olahraga karena itu bisa menimbulkan pengurangan kegelisahan, yang mengangkat kemampuan untuk tidur. Olahraga ini juga akan mencegah kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia, yang merupakan penyebab lain dari disfungsi tidur.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Olahraga sudah berulang kali dikaitkan dengan kesehatan otak, mengurangi perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terkena demensia di kemudian hari.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa selama latihan, maka peningkatan aliran darah ke area otak tertentu pada orang yang bersepeda meningkat hingga sebesar 28  – 70%. Tidak hanya itu, walaupun seusai bersepeda, di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40%.

Aliran darah yang meningkat ini bagus karena akan membuat kita tetap sehat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, yaitu pada 75 – 85% dari tingkat maksimal max heart reserve  sebanyak 4 kali seminggu.

Bersepeda juga termasuk olahraga yang meningkatkan kekuatan otak.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian yang dilakukan di Appalachian State University yang mempelajari 1000 orang dewasa hingga usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa olahraga memiliki manfaat besar pada kesehatan sistem pernapasan bagian atas – sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit flu biasa.

Nieman mengatakan: “Orang bisa merobohkan hari-hari sakit sekitar 40 persen dengan berolahraga secara aerobik hampir setiap hari dalam seminggu, sementara pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait latihan lainnya.”

Pakar olahraga dari University of Cape Town Afrika Selatan, Profesor Tim Noakes, mengatakan bahwa olahraga ringan dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita dengan cara meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih yang malas.

Baca juga : Penyebab memnurunnya kekebalan tubuh

Menambah Jaringan/ lingkar Sosial

Bersepeda adalah olahraga yang ramah lingkungan, sekaligus ramah sosial. Anda bisa bergabung dengan klub bersepeda atau membentuk klub sendiri, yang melaksanakan kegiatan bersepeda dikisaran hari libur seperti sabtu atau minggu. Anda bisa membangun obrolan, bahkan akan dengan mudah membangun jaringan bsinis atau hubungan bisnis dari lingkaran sosial yang anda bentuk dari bersepeda.

Manfaat Sepeda Gowes untuk kesehatan

Tips Keselamatan dan kenyamanan Bersepeda

  • Periksa ke dokter sebelum bersepeda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, artritis, atau tulang keropos.
  • Tinggi tempat duduk/sadel sebaiknya bisa membuat lutut sedikit menekuk, jika lutut lurus hingga kebawah/pedal bisa membuat terjatuh.
  • Pakai helm untuk melindungi kepala , Jangan gunakan pengikat kaki dipedal karena bisa membuat luka jika terjatuh.
  • Tetap terhidrasi sebelum, selama, dan setelah bersepeda; dan jangan lupa menggunakan tabir surya dan kacamata hitam.
  • Pilihlah sepeda yang sesuai dengan diri Anda, misalnya Anda punya sakit punggung tentu sepeda yang cocok adalah yang memiliki stang yang lebih tinggi.
  • Pakailah dudukan/sadel yang cukup lebar untuk mendukung sepasang tulang yang Anda duduki. Bersepedalah dengan sadel yang bisa mengurangi tekanan pada perineum, area di antara tulang-tulang di belakang organ pribadi anda; Ini adalah rumah bagi saraf dan arteri yang mengirim darah ke tubuh bagian bawah. Hal ini karena jika terlalu banyak tekanan di area ini dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di kaki.

Demikian Banyak Manfaat yang bisa kita peroleh dari bersepeda gowes jika dilakukan secara rutin dan teratur. Bagikan jika artikel ini bermanfaat apabila dibaca oleh teman, kerabat atau siapapun yang anda kenal melalui sosial media.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *