Manfaat luarbiasa bawang putih untuk kecantikan, kulit, dan rambut

Manfaat bawang putih untuk kecantikanBawang putih seperti yang umum dikenal adalah karena manfaatnya sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan. Siapa sangka bumbu dapur yang berbau sangat kuat ini ternyata memiliki banyak manfaat luarbiasa bagi perawatan kecantikan. Selama berabad-abad orang telah menggunakan bawang putih untuk meningkatkan kecantikan, bahkan menjaga kesehatan.

Advertisement

Minyak bawang putih mentah secara alami membantu menjaga kesehatan karena memiliki fungsi sebagai antibiotik, antivirus, antijamur, antiseptik dan bahan pembasmi kuman. Selain itu minyak bawang putih juga mengadung zat antioksidan, sehingga minyak dari bawang putih mentah bermanfaat menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit kronis lain seperti darah tinggi dan stroke. Bawang putih juga dianggap sebagai diuretik yang mengurangi penyimpanan air dan penggelontoran racun dari tubuh. Bawang putih bisa diaplikasikan secara topikal ke kulit sebagai anti-inflamasi.

Salah satu pendekatan yang paling mudah dan sederhana untuk mendapatkan masing-masing manfaat dari minyak bawang putih segar adalah dengan memakan siung atau mungkin bawang putih cincang yang ditambahkan kedalam makanan.

Berikut beberapa manfaat luarbiasa bawang putih untuk kulit, kecantikan, wajah,  rambut, dan masih banyak lagi

Menaggulangi rambut rontok

Bawang putih masih banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah rambut rontok alami. Gunakan minyak minyak bawang putih di sekitar daerah rambut yang menipis, lalu tutup segera. Cuci rambut setiap hari seusai menggunakan terapi ini. Lakukan cara ini beberapa minggu. Baca juga : Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang

Mengatasi Jerawat

Campur 2 siung bawang putih yang sudah dialuskan dan cuka putih dengan perbandingan yang . Gunakan bola kapas baru untuk mengoleskan campuran ke daerah yang berjerawat beberapa kali setiap malam. Hal ini memanfaatkan sifat antibiotik, antijamur, antiseptik dari cuka dengan sifat minyak bawang putih yang antibakteri dan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu mengeluarkan infeksi.

Mengatasi Psorias

Kulit berwarna merah dan terasa gatal adalah ciri psoriasis, yang bisa diatasi menggunakan minyak bawang putih. Dapatkan kapsul minyak bawang putih ditoko kesehatan, tusuk dengan jarum kemudiandian oleskan minyak yang keluar ke daerah kulit yang terkena.

Menghilangkan jaringan parut pada kulit

Buatlah bubur dari 4 sampai 5 siung bawang putih mentah yang telah dikupas. Caranya rebus sekitar 250 ml air, lalu segera tambahkan bawang putih pada saat air hampir mendidih. Kemudian, rebus bawang putih selama sekitar setengah jam, pastikan hingga bawang putih terendam kedalam air. Bila telah selesai, biarkan air hingga dingin sampai suam-suam kuku. Sekarang haluskan bawang putihnya, lalu oleskan ke wajah dan akan menghilangkan segala macam bekas luka di wajah Anda.

Anti penuaan

Manfaat bawang putih untuk kecantikan termasuk anti-penuaan. Anti-oksidan yang terdapat dalam bawang putih akan menghancurkan radikal bebas berbahaya yang mengendap di dalam tubuh. Bawang putih juga mengandung sulphur, yang bermanfaat mencegah keriput dengan cara memproduksi kolagen. Bawang putih juga mengandung polifenol, antioksidan yang sangat melindungi kulit. Ketika beberapa siung bawang putih yang dihaluskan dan dicampur dengan jumlah yang sama dengan masker wajah, itu akan mencegah penuaan dini dan akan memberikan kebaikan tambahan pada kulit.

Meminimalkan pori-pori

Dalam proses penuaan kulit, masalah umum adalah munculnya pori-pori. Ambil 3-4 siung bawang putih dan setengah potong tomat, lalu haluskan bersama-sama. Oleskan tipis pada wajah Anda, dan biarkan selama sekitar 20 menit atau lebih. Bila Anda mencuci muka dengan air hangat, maka hal itu akan menutup pori-pori di wajah Anda dan meminimalkannya. Hal ini juga bermanfaat mengencangkan kulit dan menyamarkan pori-pori. Bawang putih dan tomat keduanya memiliki sifat membantu mengencangkan kulit dan meminimalkan jumlah pori-pori.

Baca juga:  Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Mengurangi stretch mark

Jika Anda memiliki stretch mark, biasanya minyak bawang putih hangat disarankan sebagai obatnya. Anda bisa menyiapkan minyak bawang dengan cara memanaskan minyak sayur biasa dengan beberapa siung bawang putih di dalamnya. Gunakan minyak ini secara teratur pada strect mark, dan dalam waktu beberapa minggu Anda akan melihat perbedaannya.  Anda bisa juga hanya menggunakan jus bawang putih untuk menyingkirkan stretch mark. Sulfur dalam bawang putih bekerja dengan Vitamin B  yang ada di kulit akan meningkatkan elastisitas kulit.

Membantu perawatan kuku dan mempercepat pertumbuhannya

Bawang putih bisa membantu Anda untuk menyingkirkan warna kekuningan pada kuku Anda. Hal ini juga sekaligus akan melindungi kuku Anda dari rapuh dan kering. Anda bisa  mempertimbangkan menerapkan minyak bawang putih untuk kutikula kuku Anda. Anda juga bisa hanya dengan menggosok kuku  dengan siung bawang putih. Anda juga bisa menambahkan jus bawang putih untuk pelembab atau krim kulit  dan menerapkannyake kuku Anda.

Ampuh untuk Mengusir ketombe

Ketombe adalah masalah yang sangat umum. Bawang putih, ternyata mampu melawan ketombe secara efektif. Sifat anti-jamur dan anti-bakteri pada bawang putih bekerja baik untuk mengobati ketombe dan gatal dikulit kepala. Senyawa sulfur bawang putih bisa mengurangi keparahan ketombe dan mencegah infeksi. Ketombe dinyatakan bisa menyebabkan rambut rontok dan harus diatasi sebelum terlambat dan bawang putih bisa membantu.

Membantu program penurunan berat badan

Bawang putih membantu meningkatkan metabolisme. Mengambil dua siung bawang putih dengan segelas jus lemon dua kali sehari selama tiga bulan maka Anda bisa melihat hasil yang positif. Hal ini akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan menjadi langsing.

Menghilangkan komedo

Munculnya komedo adalah satu lagi masalah yang dapat merusak penampilan seseorang. Gunakan bawang putih untuk menghilangkan komedo yang muncul pada wajah secara alami.  Anda cukup menggosokkan bawang putih di wajah Anda yang terkena masalah komedo.

Mengurangi jumlah tahilalat

Tahi lalat  bisa menambah daya tarik tersendiri bagi seseorang, namun terkadang justru menjadi masalah. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari bawang putih bisa  membantu menghilangkan tahi lalat dari kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggosok bawang putih pada tahi lalat.

Melembutkan kulit

Ciri dari kecantikan adalah memiliki kulit yang lembut, dan Anda pasti menginginkan kulit Anda terlihat lembut bukan?. Cobalah gunakan bawang putih untuk membantu melembutkan kulit. Kandungan allicin dalam bawang putih akan membantu Anda untuk mendapatkan kulit lembut dengan sangat mudah. Ditambah dengan kandungan sulfur dalam bawang putih yang juga membantu untuk melembutkan kulit.

Membantu pertumbuhan rambut

Bawang putih meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan memberikan rambut yang indah. Tambahkan 1 siung bawang putih ke shampoo atau conditioner Anda dan gunakan setidaknya dua kali dalam sebulan. Rambut Anda akan menjadi lembut dan berkilau hanya dengan menggunakan siung bawang putih dengan kondisioner atau sampo.

Membuat kulit berseri

Jika Anda mengkonsumsi bawang putih, maka hal itu akan meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini akan membuat kulit Anda tampak bersinar, terlihat indah dan mengkilap. Hal ini juga akan membantu membersihkan kulit dengan sifat anti-bakteri nya. Plus kondisioner kulit alami.

Mengurangi jumlah uban

Panaskan lada segar dengan 3 atau 4 siung bawang putih dan minyak kelapa. Setelah didinginkan, oleskan campuran ini  pada rambut. Biarkan selama setidaknya setengah jam pada rambut,  kemudian cuci. Cara ini akan mengurangi jumlah uban di kepala Anda.

Demikian manfaat luarbiasa bawang putih untuk kecantikan kulit dan wajah Anda!

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *