Manfaat Bawang putih Tunggal/lanang untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih lanang tunggalBawang putih secara umum telah dikenal mengandung zat-zat tertentu yang secara klinis sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, terutama minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan senyawa allicin yang bersifat anti kolesterol sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. Namun kalau untuk dimanfaatkan sebagai herbal, bawang putih yang baik adalah jenis bawang lanang atau bawang tunggal karena kandungan-kandungan senyawa berkhasiat obat lebih banyak hingga 5 kali lipat daripada bawang biasa. Lalu apakah bawang lanang, bagaimana ciri, dan cara mendapatkannya?

Advertisement

Untuk membedakan antara bawang lanang dan bawang biasa cukup mudah. Ciri khas bawang tunggal adalah hanya terdiri dari 1 siung dalam satu tangkai tanaman berwarna lebih putih dan berbentuk bulat/oval, sementara kalau bawang biasa dalam satu tanaman bisa terdiri dari banyak siung bawang yang bisa dipisah-pisahkan. Tentu saja penjual sudah paham betul akan kedua jenis bawang ini, dan siap untuk menyiapkannya kepada Anda jika ingin membeli khusus bawang lanang.

Bawang putih  merupakan sayuran yang sangat bergizi dengan sedikit kandungan kalori, mengandung jejak nutrisi yang berkontribusi kuat bagi kesehatan dan bersifat obat. Hal ini merupakan baha obat dan suplemen alam alami yang baik yang dapat memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Orang dewasa yang sehat bisa dengan aman mengkonsumsi bawang putih hingga empat siung setiap hari masing-masing dengan berat 4 gram, menurut University of Maryland Medical Center.

Efek memperkuat tubuh dari rempah ini dianggap karena bahan allicin aktif yang dikandungnya. Zat ini adalah yang memberikan bau dan rasa yang khas pada bawang putih. Tak peduli Apakah Anda mengkonsumsi bawang putih lanang yang masih segar, sudah di ekstark, atau dalam bentuk suplemen, semuanya bisa bermanfaat untuk kesehatan yang optimal.

Baca juga : Manfaat Jinten Hitam Habbatussauda

Berikut Beberapa Manfaat Utama Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Mengobati Jerawat

Jika Anda ingin menggunakan cara alami untuk membasi jerawat? Anda dapat menggunakan bawang putih karena sebagai pengobatan topikal untuk menyingkirkan noda jerawat. Allicin, merupakan senyawa organik dalam bawang putih yang juga memiliki kemampuan untuk menangkal efek merusak dari radikal bebas dan mematikan bakteri, menurut sebuah studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Angewandte Chemie. Dalam bentuk yang membusuk – asam sulfenic – allicin akan menghasilkan reaksi cepat dengan radikal bebas, yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk mengobati bekas jerawat, penyakit kulit, dan alergi.

2. Merawat rambut rontok

Bawang putih bisa membantu dalam pengobatan masalah rambut rontok. Kandungan sulfur yang sangat tinggi bawang putih mengandung keratin(jenis protein yang membuat rambut). Ini merangsang fortifikasi dan pertumbuhan. Sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venerology dan Leprology menemukan bahwa penggunaan gel bawang putih yang  ditambahkan pada terapi betametason valerat topikal untuk pengobatan alopecia areata,  bisa efektif mendorong pertumbuhan kembali rambut.

3. Mengobati flu biasa

Allicin dalam bawang putih bisa berguna membantu memulihkan kesehatan selama masa sakit. Rene Ficek, seorang ahli diet dan ahli gizi yang memimpin di Seattle Sutton’s Healthy Eating mengatakan   “Satu siung bawang putih mengandung jumlah allicin yang sehat, namun Anda mungkin masih memerlukan beberapa siung per hari untuk dapat merasakan efeknya. “. Suplemen bawang putih juga dapat digunakan untuk menangkal virus.

Baca juga:  Manfaat Daun dan Buah Kelor untuk Kesehatan

Sebuah studi pada tahaun 2001 yang diterbitkan dalam Advances In Therapy  menemukan bahwa konsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat mengurangi angka pilek sebesar 63 persen jika dibandingkan dengan tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, rata-rata lama gejala pilek juga berkurang menjadi 70 persen pada kelompok yang mengambil suplemen bawang putih. Temuan ini menunjukkan allicin yang terkandung dalam suplemen bawang putih memiliki efek perlindungan tubuh terhadap flu biasa.

Baca juga : Manfaat Hebat Daun, kulit, akar, dari Buah pepaya

4. Menurunkan Tekanan Darah

Suplemen bawang putih sehari dapat membantu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Senyawa aktif bisa secara signifikan mengurangi tekanan darah yang sebanding dengan efek obat yang diresepkan. Antara 600 sampai 1.500 miligram ekstrak bawang putih diketahui sama efektifnya dengan obat atenolol diresepkan untuk mengobati hipertensi dalam periode 24 minggu menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal Journal of Pharmaceutical Sciences Pakistan.

Bawang putih dipercaya mengaktifkan produksi endotelium (asal faktor relaksasi), karena mengandung tinggi polysulfides  – mengandung molekul sulfur. Hal ini akan menyebabkan relaksasi otot halus dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah), menyusul kemudian relaksasi otot polos di dinding pembuluh darah. Suplemen bawang putih bisa mencapai efek ini secara efisien tanpa bau mulut yang hebat jika dibandingkan dengan konsumsi bawang putih mentah.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Bawang putih dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan total kolesterol LDL. Sebuah studi di tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan efek bawang putih menurunkan kadar kolesterol pada orang dengan kadar kolesterol total .  Suplemen bawang putih dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan pembekuan darah yang akan meningkatkan risiko serangan jantung karena berpotensi mennyumbat arteri.

6. Meningkatkan Kinerja Fisik

Bawang putih dapat membantu meningkatkan kapasitas latihan dan mengurangi kelelahan akibat olahraga. Bawang putih memiliki sejarah dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja buruh. Minyak bawang putih telah terbukti meningkatkan kapasitas latihan pada orang-orang dengan penyakit jantung. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Indian Journal Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa peserta dengan penyakit jantung yang mengambil minyak bawang putih selama enam minggu terlihat mengalami penurunan denyut jantung sebanyak 12 persen. Hal ini disertai dengan peningkatan ketahanan fisik mereka selama latihan treadmill.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bawang putih mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang seperti seng, mangan, vitamin B6, dan vitamin C.  Mangan dalam bawang putih cukup tinggi yang mengandung enzim dan antioksidan yang memfasilitasi pembentukan tulang dan jaringan ikat, metabolisme tulang, dan membantu penyerapan kalsium.

Bawang putih bisa membantu mengurangi kehilangan tulang karena meningkatkan estrogen pada wanita. Sebuah studi di 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa minyak bawang putih mampu menjaga kesehatan tulang tikus ketika berada di bawah situasi hipogonadisme. Dengan kata lain, bawang putih mengandung nutrisi yang bertindak sebagai blok pebangun kesehatan dan kekuatan tulang.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *