Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat bawang merah untuk kesehatanMungkin kebanyakan orang sama sekali tidak pernah berfikir untuk makan bawang merah begitu saja. Karena salah satu bumbu penting ini memiliki rasa yang kurang baik jika langsung dikonsumsi mentah, apalagi bawang merah mengeluarkan uap yang sangat pedih jika mengenai mata – belum lagi efek samping bau mulut yang kuat seketika usai memakannya. Mungkin akan sulit mengkonsumsi bawang merah segar mentah, dan mungkin perlu beberapa waktu untuk membiasakannya. Namun sebagai bumbu yang wajib untuk kebanyakan jenis masakan, mungkin banyak orang yang justru merasa ada yang kurang jika memasak tanpa menggunakan bumbu bawang merah.

Advertisement

Terlepas dari semua hal diatas, ternyata bawang merah memiliki sifat terapeutik dan antibakteri, serta mampu membersihkan dan detoksifikasi tubuh untuk menghilangkan bibit penyakit. Bau kuat yang khas pada bawang merah dihasilkan dari senyawa sulfur yang tinggi, yang dapat bekerja sebagai agen detoksifikasi yang kuat. Dengan lebih dari 100 sulfur yang terdapat dalam bawang merah, membuatnya mengeluarkan uap yang pedas jika mengenai mata, namun dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.

Baca juga : Manfaat Bawang putih Tunggal/lanang untuk Kesehatan

Inilah beberapa manfaat makan bawang merah segar setiap hari untuk kesehatan

Meredakan Asma

Bawang mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang bertindak seperti antihistamin dan agen anti inflamasi. Dalam tabung reaksi, quercetin telah terbukti mencegah sel-sel kekebalan tubuh melepaskan histamin, yang merupakan senyawa kimia yang menyebabkan reaksi alergi. Berdasarkan pengamatan ini, peneliti percaya bahwa antioksidan dapat mengurangi histamin, serta zat penyebab peradangan lain dalam tubuh. Meskipun belum ada penelitian pada manusia yang memastikan apakah itu bekerja untuk asma atau tidak, namun bawang merah diyakini membantu meringankan asma karena memiliki sifat antioksidan kuat. Disisi lain, penelitian telah menunjukkan bahwa quercetin menyebabkan bronkus pada saluran pernapasan melebar dan meringankan asma.

Mencegah kanker usus

Bawang diketahui dapat membantu mengurangi risiko kanker bila dikombinasikan dengan kunyit. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Clinical Gastroenterology dan Hepatology menemukan gabungan bawang merah dan kunyit menciptakan efek sinergis yang mengurangi ukuran dan jumlah host prakanker dalam usus, sehingga mengurangi resiko kanker usus besar. Selain itu,  teratur mengkonsumsi bawang merah dapat membantu mendetoksifikasi zat berpotensi karsinogen. Hal ini karena mengandung senyawa organosulfur yang terdapat di dinding sel bawang merah, dan dilepaskan apabila bawang merah cincang atau dikunyah.

Menambahkan irisan bawang merah pada salad setiap hari bisa membantu tubuh mengurangi risiko pengembangan kanker usus.

Baca juga:  Manfaat Bokchoy untuk Kesehatan tubuh Kita

Mencegah dan mengontrol kada gula darah pada diabetes

Minyak esensial dari disulfida bawang yang disebut “alil” diketahui memfasilitasi efek menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan jumlah insulin yang tersedia. Alil  disulfida bawang merah akan bersaing dengan insulin yang juga disulfida, untuk menempati lokasi di hati di mana insulin tidak aktif. Inilah yang menyebabkan peningkatan insulin yang menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi 1975 yang diterbitkan dalam jurnal Acta Clinica Chimica; International Journal of Clinical Chemistry menemukan minyak esensial bawang merah menyebabkan penurunan tingkat glukosa darah secara signifikan, dan kenaikan signifikan kadar insulin ini setelah diberikan kepada enam sukarelawan normal setelah 12 jam.

Mencegah Penyakit Jantung dan stroke

Quercetin terbukti secara signifikan mengurangi tekanan darah tinggi pada orang dewasa menurut sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Selain itu, bumbu ini memiliki sifat melindungi jantung diatas anggur merah. Bawang berkontribusi menjaga tekanan darah yang baik, menghambat pengerasan arteri, dan menjaga arteri tetap elastis – sehingga mencegah penyakit jantung.

Kombinasi Chromium, Vitamin B6 dan senyawa sulfur ditemukan dalam bawang telah terbukti menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Hal ini juga  dapat membantu menurunkan faktor risiko serangan jantung dan stroke.

Menaggulangi bau nafas dan mencegah gigi berlubang

Bawang merah mentah memang membuat napas bau, namun faktanya justru dapat meningkatkan kesehatan mulut kita. Cukup dengan mengunyah bawang mentah dapat menguatkan gigi dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. menurut Naturalsociety, mengunyah bawang merah dua sampai tiga menit  dapat membunuh sebagian besar kuman di mulut, menurut Naturalsociety.com.

Manfaat kesehatan lain

Bawang merah baik untuk membantu mengusir jerawat, kutil, mempercepat penyembuhan luka memar atau luka biasa dengan menggosokkan pada bawang merah ataudibuat sebagai tapal setelah dihaluskan padabagian yang cedera. Ada bukti lain yang menunjukkan bahwa menggosokkan jus bawang merah pada kulit kepala beberapa kali seminggu dapat mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.
Ketika Anda menginginkan tidur malam yang pulas, bawang mungkin bisa menjadi solusinya! Fitokimia yang terdapat dalam bawang merah dapat membantu mendapatkan tidur yang baik.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat terhindar dari beberapa penyakit diatas, Anda bisa makan 1 buah bawang merah setiap hari – boleh dirajang dalam salad, bersama makan nasi, atau makanan lain.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *