Manfaat Asam untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat asam untuk kesehatan dan kecantikanAsam merupakan bahan yang sangat sering dibutuhkan untuk membuat beberapa masakan, termasuk bahan lainnya seperti kunyit, serai, dan daun salam.. Namun penggunaan buah yang berwarna coklat dan rasanya sangat asam ini sebenarnya lebih dari sekedar bumbu dapur, ia juga dapat digunakan untuk meremajakan kulit dan rambut. Asam kaya berbagai macam nutrisi, seperti vitamin C,  karoten, mineral termasuk magnesium dan kalium. Juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga asam bisa dengan mudah dibuat sebagai bahan untuk perawatan kulit. Baca juga : Manfaat luarbiasa bawang putih untuk kecantikan, kulit, dan rambut

Advertisement

Berikut banyak manfaat asam untuk kecantikan kulit dan kesehatan

Mencerahkan warna Kulit

Daging asam yang lembek dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Caranya mudah, Anda hanya cukup merendam 30 gram asam kedalam 150 ml air panas selama 10 menit.Ambil airnya, lalu campurkan dengan 1/2 sdt bubuk kunyit. Oleskan secara merata pada kulit yang telah dibersihkan lalu biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air hangat untuk melihat hasilnya, yaitu kulit yang lebih bercahaya dari sebelumnya. Cara ini sangat ideal untuk kulit yang berminyak dan dapat digunakan oleh 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang cerah bersinar.

Pengelupasan Kulit Alami

Asam adalah sumber asam alpha hidroksi(AHA), adalah salah satu bahan utama yang banyak digunakan dalam berbagai merk krim exfoliating yang banyak tersedia di pasar. Bahan ini memang memiliki potensi untuk menghilangkan kotoran yang terletak jauh di dalam kulit yang menyumbat pori-pori.

Campurkan 1 sdt ekstrak asam dengan 1 sdt garam, 1 sdm susu krim, dan 1 sdm  yogurt. Krim susu sangat ideal untuk kulit yang kering, sementara yogurt baik untuk kulit yang berminyak. Campur semua bahan dengan baik. Oleskan campuran tersebut secara merata keseluruh permukaan wajah Anda menggunakan jari, sambil pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 5 atau 7 menit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menampakkan kulit yang bersih dan tegas.

Mengandung senyawa Pemutihan Kulit alami

Ekstrak asam dapat memberikan efek pemutih pada kulit secara alami. Campurkan 1 sdt ekstrak asam dengan 1sdt  lemon dan madu . Oleskan campuran ini pada wajah Anda, dan bersihkan setelah diam selama 15 menit untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih ringan.

Pelembab dan toner kulit alami

Asam yang direbus dengan semangkuk air dapat digunakan sebagai pelembab dan toning kulit alami . Caranya cukup tambahkan 15 gram asam ke dalam semangkuk air dan didihkan selama sekitar 15 menit. Sementara itu didihkan juga 2 sdt hijau dan air selama 5 menit. Saring kedua cairan tadi dan aduk rata. Hal ini dapat digunakan untuk mengencangkan dan melembabkan kulit alami. Gunakan campuran setelah dingin pada kulit Anda.

Anti penuaan alami

Asam mengandung berbagai jenis asam, antioksidan, serat, dan vitamin, yang semuanya bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang sangat menyebabkan penuaan dini. Terapkan paket dibuat dengan tepung gram, ekstrak asam, semolina, dan madu, secara teratur, untuk mencegah kerusakan tersebut dan memberikan kulit Anda yang bercahaya dan terlihat awet muda.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Halus dan Bersinar

Menghilangkan Daerah Hitam Sekitar Leher

Kulit yang tampak lebih gelap pada leher paling umum terjadi pada wanita daripada pria. Sementara banyak tersedia krim pemutih yang tersedia ditoko, namun Anda bisa memilih salah satu bahan alami yang bisa memiliki efek yang bertahan lama dan aman. Campur 1 sdt air asam dengan 1 sdt madu, dan 1 sdt air mawar. Oleskan campuran tadi pada leher dan diamkan selama sekitar 20 menit, lalu cuci dengan air hangat. Jika dilakukan dengan rutin dalam jangka lama dapat menghilangkan secara total warna gelap pada leher.

Menghilangkan noda pada kulit

Karena mengandung AHA, maka asam bisa menjadi sebuah agen anti-noda pada kulit. Hal ini sehingga Asam juga dikenal sebagai obat alami untuk mengobati pigmentasi kulit. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu untuk mengoleskan air asam segar pada wajah Anda – lalu noda dan pigmentasi akan teratasi dan Anda segera melihat kulit yang bersih dan cerah.

Mengatasi kondisi peradangan pada kulit

Kandungan Vitamin C, vitamin A, serta antioksidan lain yang terkandung dalam asam membuatnya dapat bekerja sebagai obat alami untuk berbagai jenis masalah peradangan kulit, termasuk jerawat. Campurkan ekstrak atau air asam dengan bubuk kunyit dan yogurt segar. Gunakan secara merata pada wajah Anda dan biarkan hingga kering dengan sendirinya. Setelah itu cuci dengan air hangat lalu oleskan pelembab yang baik untuk kulit berminyak . Hal ini tidak hanya akan mengatasi jerawat, tetapi juga akan membuat kulit tampak bercahaya.

Mencegah Rambut Rontok:

Asam juga dikenal dapat memperkuat rambut, sehingga bisa mencegah rambut rontok. Rendam 1/4 cangkir asam kedalam air selama 10 menit. Saring airnya dan gunakan untuk memijat seluruh kulit kepala dan rambut Anda. Celupkan handuk kedalam air hangat dan peras sisa air, lalu gunakan handuk yang panas ini untuk menutupi rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan selama setengah jam, kemudian bilas secara menyeluruh dengan shampoo dan dilanjutkan dengan kondisioner. Hal ini dapat diulang sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mencegah rambut rontok.

Gangguan empedu

Asam adalah obat yang efektif untuk mengatasi gangguan empedu. Meskipun berperan secara tidak langsung, namun asam sangat penting dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat pangan dalam asam akan mengikat garam empedu yang terbentuk dari kolesterol dan mencegah penyerapannya kembali. Hal ini akan membantu mengeluarkan kolesterol jahat, sekaligus menjaga jantung tetap sehat .

Pencahar alami

Asam dapat digunakan sebagai obat pencahar ringan. Usus yang malas dapat membuat orang menjadi sulit BAB atau BAB tak teratur, dan asam dapat meningkatkan gerakan usus sehingga mendorong BAB.

Pembersih darah

Asam dapat berperan dalam pemurnian darah, sehingg  termasuk dalam makanan sehari-hari yang sangat bermanfaat.

Melancarkan datang bulan

Kunyit dan asam telah lama dikenal sebagai obat alami untuk melancarkan haid yang tidak lancar.

Demikian beberapa dari sekian banyak manfaat asam untuk kesehatan dan kecantikan, bisa dijadikan solusi alai alternatif yang lebih aman.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *