Manfaat Air Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat air putihAir merupakan salah satu unsur yang paling penting untuk kehidupan. Dan ketika berbicara tentang kesehatan yang lebih baik, tentu saja jawabannya adalah air bersih yang bebas polutan dan kontaminan. Dalam rangka untuk menjaga kesehatan tubuh dengan kecantikan kulit dan rambut yang maksimal, maka sangat penting bagi kita untuk mendapatkan air putih yang bebas kontaminan seperti logam berat, kimia, bakteri, dll. Tidak ada satu elemen yang lebih penting lagi bagi tubuh kita selain air, karena Air secara luas terlibat dan penting untuk setiap sel yang membentuk tubuh kita.

Advertisement

Air membantu organ-organ kita dapat berfungsi dan menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi. Air mendukung pencernaan tubuh dan menghilangkan racun yang setiap hari dihadapkan ke kita dari makanan yang kita makan. Namun seringkali kebutuhan tubuh kita akan air diabaikan karena kita tidak menyadari pentingnya air bersih bagi tubuh manusia. Air yang untuk kita konsumsi dan mandi perlu diperoleh secara untuk melindungi kita dari kontaminan berbahaya yang biasanya ditemukan dalam air.

Sangatlah penting untuk menggantikan sejumlah besar air yang hilang dari tubuh kita setiap hari, hanya kehilangan 2% saja kadar air dalam tubuh sudah dapat menyebabkan dehidrasi.

Kehilangan cairan terjadi secara terus menerus, mulai dari penguapan dari kulit, pernafasan, urin, dan feses, dan kerugian ini harus diganti setiap hari untuk kesehatan yang baik. Ketika asupan air Anda tidak sama dengan yang dikeluarkan, maka Anda dapat mengalami dehidrasi. Dalam kasus yang ringan, dehidarsi menyebabkan kita kehilangan memori dalam jangka pendek, kurang bisa berkonsetrasi, dll.

Berikut beberapa manfaat utama air putih untuk kesehatan dan kecantikan

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh.

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60% cairan. Fungsi dari cairan tubuh ini termasuk untuk pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah, produksi air liur, pengiriman nutrisi, dan menjaga kestabilan suhu tubuh.

Air membantu mengontrol asupan kalori.

Semenjak lama para pelaku diet minum banyak air sebagai strategi untuk menurunkan berat badan. Namun air tidak memiliki efek langsung dalam penurunan berat badan, namun hanya mengganti minuman yang berkalori tinggi.

Air Membantu otot Anda energi

Sel yang tidak memperoleh keseimbangan cairan dan elektrolit akan mengerut, yang dapat mengakibatkan otot kelelahan sehingga tidak dapat bekerja dengan baik dan menderita. Minum cairan sangat penting ketika berolahraga, sebelum dan selama aktivitas fisik. Orang perlu minum sekitar 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum latihan. Selama latihan, orang perlu minum cairan secara berkala untuk mengganti cairan yang hilang dari berkeringat.

Air menunjang kecantikan Anda

Kulit kita mengandung banyak air, dan fungsinya adalah sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan yang berlebihan. Dehidrasi akan membuat kulit kurang kelembabannya, sehingga terlihat lebih kering dan keriput; hal ini dapat dipulihkan dengan hidrasi yang tepat. Tapi setelah cukup terhidrasi, ginjal akan mengeluarkan kelebihan cairan. Berikut beberapa manfaat air putih untuk kecantikan :

  • Meningkatkan warna kulit : Hidrasi adalah kunci penting untuk kulit yang indah dan terpelihara. Hal ini akan membantu menyingkirkan setiap bagian kulit yang tidak rata dan bagian kering pada kulit sehingga lembut dan sehat.
  • Mengurangi keriput: Ketika kulit Anda terhidrasi dengan baik, maka ia menjadi menjadi elastis. Hal ini akan mencegah pembentukan kerutan pada kulit Anda.
    Mata yang bening: Mata Anda akan menjadi lebih putih dan lebih terang ketika cukup minum.
  • Mencegah mata panda : Dalam kebanyakan kasus, lingkaran hitam atau mata panda dipicu oleh kurangnya unsur cairan dalam tubuh.
  • Memelihara rambut: Penelitian menunjukkan bahwa hidrasi yang baik akan bermanfaat untuk akar rambut yang sehat, dan rambut yang berkilau.
  • Bibir yang Lembut dan merah muda  : Bibir kering danpecah-pecah adalah tanda-tanda dehidrasi. Bibir kita cenderung menjadi lebih gelap saat  tidak memiliki kelembaban cukup. Jadi sangat penting untuk memberikan tubuh dengan asupan air yang cukup air untuk  mendapatkan bibir yang lembut dan berwarna merah muda.
Baca juga:  Apakah Makanan Pedas Baik untuk Kesehatan?

 Air Membantu Ginjal Anda.

Cairan tubuh berguna untuk mengangkut produk-produk limbah keluar dari sel. Toksin/racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, namun bisa larut dalam air sehingga mampu melewati ginjal untuk dibuang melalui urin. Ginjal kita akan bekerja untuk membersihkan racun dalam tubuh apabila asupan cairan kita memadai.

Jika kita mendapatkan cukup cairan, maka urin bisa mengalir dengan mudah, tidak berwarna dan tidak berbau. Tapi ketika tubuh kita  tidak mendapatkan cukup cairan, maka konsentrasi urin, warna, dan bau akan meningkat karena ginjal mengambil cairan tambahan untuk fungsi tubuh.

Jika Anda sering minum air putih yang terlalu sedikit, maka Anda mungkin sangat berisiko tinggi memiliki batu ginjal.

Air Membantu jantung Anda.

Ketika tubuh Anda akan mengalami dehidrasi, maka darah Anda bisa mengental sehingga akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi untuk mengedarkannya keseluruh tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

Air Membantu Menjaga Fungsi normal usus.

Hidrasi yang cukup akan membuat semuanya dapat mengalir disetiap saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Bila Kita tidak mendapatkan cukup asupan cairan, maka usus akan menarik air dari kotoran untuk tetap terhidrasi – dan hasilnya adalah tinja kering dan menyebabkan sembelit.

Asupan cairan yang cukup dan serat yang cukup adalah kombinasi yang sempurna, karena cairan akan memompa serat dan bekerja seperti sapu untuk menjaga fungsi usus yang baik.

Tips  untuk bisa mencukupi kebutuhan cairan setiap hari

  • Jika Anda merasa perlu minum air lebih banyak, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan asupan cairan Anda dan mendapat manfaat dari air putih:
  • Minum air setiap makan dan makanan ringan.
  • Pilih minuman yang Anda sukai; karena orang cenderung   minum lebih banyak cairan ada rasanya.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran karena memiliki kadar air tinggi dan menambah hidrasi Anda. Sekitar 20% asupan cairan kita berasal dari makanan.
  • Persiapkan sebotol air di dalam mobil Anda, di meja kerja, atau kalau perlu di tas Anda.
  • Pilihlah minuman yang memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda merasa tak perlu kalori,  maka carilah minuman non kalori atau air putih/air mineral.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *