Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

manfaat air kelapa muda bagi kesehatanBenarkan Air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan seperti yang banyak disebut-sebut oleh para pecinta hidup sehat?.. Air kelapa saat ini memang seperti menjadi trend minuman kesehatan alami yang disebut-sebut rendah kalori, rendah lemak, rendah kadar gula, rendah kolesterol, mengandung kalium (elektrolit) lebih tinggi daripada 4 buah pisang, yang baik untuk cepat menghidrasi tubuh ketika berolahraga. Hal ini mengandung gula, karbohidrat dan elektrolit yang lebih mudah dicerna, bisa menjadi pilihan yang baik bagi anak-anak maupun dewasa yang menginginkan minuman yang kurang manis. Memang air kelapa lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan produk minuman olahraga, namun 11 ons air kelapa bisa mengandung 60 kalori, dan bisa meningkatkann kalori dengan cepat jika berlebihan.

Advertisement

Inilah macam-macam manfaat menakjubkan air kelapa bagi kesehatan hingga kecantikan

Anti penuaan dini

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa kimia alami sitokinin dalam air kelapa memiliki sifat  anti penuaan secara signifikan, anti karsinogenik, dan anti efek trombotik (fomasi anti pembekuan darah). Selain itu, efek cepat merehidrasi tubuh sangat bermanfaat bagi kulit agar selalu tampak segar dan cantik, karena dehidrasi sangat membuat kulit tampak kusam.

Mengatasi diare atau muntaber

Air kelapa bisa dengan cepat menggantikan elektrolit penting dari tubuh yang keluar akibat mengalami serangan diare dan muntah atau muntaber. Hal ini karena Air kelapa menyediakan banyak elektrolit jenis kalium. Yaitu 100 ml air menyediakan 250 mg kalium dan 105 mg sodium. Secara bersama kedua jenis elektrolit ini membantu dengan cepat mengisi kekurangan elektrolit dalam tubuh karena diare (mencret).

Memfasilitasi Pencernaan.

Air kelapa mengandung banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase,  dll. Enzim-enzim ini sangat membantu bagi pencernaan dan metabolisme tubuh.
Jika sistem pencernaan Anda mengalami kesulitan memroses makanan seperti susah BAB, maka air kelapa bisa membantu untuk mengatasinya. Hal ini Karena konsentrasi tinggi serat dalam air kelapa dapat membantu pencegahan gangguan pencernaan dan mengurangi terjadinya asam lambung.

Meningkatkan Hidrasi tubuh.

Osmolaritas air kelapa sedikit lebih tinggi dan lembut. WHO merekomendasikan tindakan ORS (Oral Rehidrasi Therapy). Hal ini karena kandungan lain dalam air kelapa seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang membuatnya memiliki sifat osmolaritas tinggi ini. Meskipun demikian air kelapa sangat rendah sodium dan klorida, namun lebih banyak mengandung gula dan asam amino. Komposisi cairan yang seimbang ini, bersama dengan banyak dibutuhkan kalori, akan menjadi minuman yang ideal untuk mengatasi kondisi seperti dehidrasi.

Air kelapa adalah bahan yang lebih efektif untuk menghidrasi tubuh daripada minuman olahraga dan minuman energi. Selama olahraga yang ketat atau aktivitas fisik yang lama, maka tubuh manusia akan kehilangan cairan yang kaya mineral. Dan air kelapa bermanfaat sebagai pengganti cairan yang sangat baik karena mengandung kalium sebanyak 294 mg  dan 5 mg gula alami – tidak seperti minuman olahraga yang hanya mengandung setengah kalium namun mengandung gula olahan lima kali lebih banyak. Jumlah natrium dalam air kelapa juga rendah yaitu 25 mg, yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan 41 dan 20 mg yang umum ditemukan dalam minuman olahraga atau minuman energi.

Baca juga:  Buah yang paling banyak menyediakan Energi

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi.

Dalam banyak kasus, tingkat elektrolit yang tidak seimbang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Karena air kelapa mengandung kadar elektrolit yang cukup, maka air kelapa bisa digunakan sebagai penyeimbang. Dalam beberapa kasus dianjurkan bahwa minum air kelapa setiap mengawali hari untuk mencapai keseimbangan elektrolit tubuh.

Pertolongan pertama pada Keracunan Makanan

Telah disebutkan bahwa secara alami mengandung lima elektrolit, dan dalam kasus-kasus dehidrasi yang berat – seperti keracunan makanan – elektrolit adalah hal yang harus segera diganti supaya fungsi tubuh tetap sehat.

Tanda-tanda keracunan makanan bisa berkisar sangat ringan seperti sakit perut sampai yang berat seperti demam dan diare tanpa henti.  Dalam hal ini air kelapa adalah solusi pertolongan pertama keracunan makanan untuk mencegah dehidrasi, dimana kondisi yang dapat membuat kondisi pasien semakin parah sebelum pasien dibawa ke rumah sakit.

Kaya akan Nutrisi.

Tidak seperti minuman lainnya yang dijual di pasar, air kelapa memiliki 5 kandungan elektrolit penting yang ada dalam tubuh manusia. hal ini termasuk kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan natrium. Karena komposisinya yang unik, air kelapa bisa dinikmati oleh orang dengan berbagai macam kondisi medis. Selain itu, air kelapa segar juga memiliki sejumlah kecil vitamin C atau asam askorbat yang menyediakan sekitar 2,4 mg.

Cocok dengan Plasma Darah Manusia.

Karena air kelapa adalah isotonik pada plasma manusia, maka dapat digunakan secara intravena sehingga bisa menghidrasi lebih cepat; namun tentunya jika dalam kondisi ekstrim yang sangat kurang menguntungkan.

Efek samping

Belum ada reaksi apapun yang dikenal setelah mnum air kelapa. Hal ini tidak hanya baik bagi bayi sehat, tetapi juga dianggap aman untuk kehamilan atau jika dalam kondisi sakit.
Air kelapa muda bisa diminum begitu saja tanpa tambahan apapun, atau bisa dikombinasikan dengan  cairan lain. Tidak ada aturan yang ketat mengenai konsumsi airkelapa, namun para ahli sangat menyarankan jika mengkonsumsi banyak air kelapa harus diimbangi dengan aktifitas fisik karena setiap 11 ons mengandung 45 hingga 60 kalori.

Pastikan kelapa muda yang Anda pilih masih baru, tidak memiliki cacat, dan belum memiliki batok yang keras. Pilih yang masih muda dan berwarna hijau karena biasanya lebih banyak mengandung air.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *