Manfaat Air bekas Cucian Beras untuk wajah dan Rambut

Manfaat air cucian beras untuk wajah dan rambutBeras adalah makanan pokok untuk hampir setengah dari populasi manusia diseluruh dunia, yang memberikan sebanyak setengah dari kalori harian. Orang kalau belum makan nasi, mereka akan bilang belum makan. Betapa pentingnya makanan ini, sumber energi dan mengenyangkan. Tapi, beras juga merupakan salah satu bahan penting untuk mempercantik diri. Selama berabad-abad, wanita Asia telah menggunakan air beras untuk mempercantik wajah , tubuh dan rambut mereka. Secara tradisional, petani padi  di Cina, Jepang, dan negara-negara Asia tenggara lainnya menggunakan air bekas mencuci beras untuk perawatan kecantikan mereka.

Advertisement

Yao adalah seorang perempuan dari Huangluo di Cina yang merupakan salah satu bukti dari tradisi perawatan air beras ini. Perempuan ini memiliki rambut dengan panjang sekitar 6 kaki, dan berhasil mencatakan namanya di  Guinness Book of World Records sebagai “wanita dengan rambut terpanjang di duniat”. Plus, selain rambut terpanjangnya, wanita ini juga tidak tidak memiliki rambut berwarna abu-abu sampai diusia sekitar 80-an. Para wanita Yao meyakini bahwa air beras yang difermentasi, yang biasa mereka gunakan untuk membersihkan rambut mereka membantu menjaga rambut panjang mereka tetap hitam dan bersih. Air beras memungkinkan bagi para wanita untuk mengatasi rambut kusut dan mengelola rambut panjang. Baca juga : 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

Manfaat air cucian Beras Air Untuk Rambut dan  Kulit dan penelitian ilmiah

Air beras memiliki manfaat yang menakjubkan bagi rambut dan kulit tubuh serta wajah. Hal ini telah dibutktikan oleh sebuah penelitian ilmiah terbaru yang menunjukkan bahwa air beras memiliki efek pada perawatan rambut, seperti penurunan gesekan dan meningkatkan elastisitas rambut. Air beras mengandung inositol, karbohidrat, yang dapat memperbaiki rambut yang rusak, serta melindunginya dari kerusakan. Teknik pencitraan khusus juga menunjukkan bahwa inositol tetap berada dalam rambut walaupun setelah pembilasan, artinya memiliki efek melindungi rambut dan mempercantiknya.

Jadi, Membilas atau mencuci rambut Anda dengan air bekas cucian beras akan meningkatkan  dan melindungi rambut dari kerusakan dimasa depan. Selain itu, asam amino dalam air beras bermanfaat menguatkan akar rambut, menambah volume rambut,  kemilau serta memberikan kehalusan pada rambut.

Baca juga : Manfaat luarbiasa bawang putih untuk kecantikan, kulit, dan rambut

Tidak terbatas hanya manfaat pada rambut saja, air beras juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Karena memiliki efek mendinginkan dan menenangkan  kulit, membuat air beras sering diresepkan oleh praktisi ayurvedic dari tradisi pengobatan tradisional India sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang.

Air beras juga memiliki sifat pelembab, antioksidan, dan sifat penyembuhan yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencegah bintik-bintik wajah terkait usia, dan meringankan peradangan yang akan membuat kulit menjadi sehat, terjaga kelembabannya dan kulit yang cerah. Air beras bahkan diyakini menawarkan perlindungan ringan dari matahari jika terus digunakan pada kulit ketika beraktifitas diluar.

Air beras yang difermentasi

Efek yang dihasilkan air beras akan meningkat jika dibiarkan berfermentasi. Air cucian beras sisa yang terfermentasi akan berubah menjadi sedikit asam. Hal ini semakin kaya akan antioksidan, mineral, vitamin B, vitamin E, dan jejak Pitera, yaitu zat yang dihasilkan selama proses fermentasi. Pitera telah terkenal akhir-akhir ini, dan disebut-sebut sebagai obat mujarab untuk anti-penuaan karena memiliki kemampuan mempromosikan regenerasi sel, dan memberikan kulit tetap muda dan cantik.

Fermentasi air beras ini dapat digunakan sebagai pembersih wajah, toner kulit serta untuk membilas rambut. Nutrisi dalam air beras yang difermentasi diyakini mampu mengecilkan pori-pori, mengurangi garis-garis halus, dan mengencangkan dan mencerahkan kulit. Ini adalah resep yang sempurna untuk membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda.

Mencuci atau membilas rambut dengan air beras yang difermentasi mungkin lebih baik daripada membilas dengan air beras biasa. Proses fermentasi akan menurunkan pH cairan, dan ini mirip dengan pH rambut kita  (sedikit asam). Jadi, pH sedikit asam ini karena ditambah dengan nutrisi melalui bantuan proses fermentasi yang dapat mengembalikan keseimbangan pH rambut, menyehatkan folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, dan meningkatkan  kondisi rambut keseluruhan.

Baca juga:  10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

Baca juga : Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Membuat Beras Air: Mendidihkan dan Fermentasi

Untuk menikmati manfaat dari air beras, yang harus Anda lakukan adalah hanya dengan mengumpulkan air yang telah Anda gunakan untuk membilas beras Anda. Dan jika Anda tidak ingin menunggu memasak nasi, Anda cukup menggiling beras untuk membuatnya menjadi body scrub atau masker wajah. Cara membuat air beras :

  1. 1/2 cangkir beras
  2. 2 gelas air

Panduan pembuatan :

  1. Untuk membuat air beras, untuk pertamakali bilas beras dengan sekitar secangkir air untuk menghilangkan kotoran.
  2. Kemudian, letakkan beras kedalam mangkuk berisi air lalu tutup. Biarkan beras terendam selama 10 sampai 15 menit. Uleni sampai air berubah menjadi keruh. Cara ini akan membantu vitamin dan mineral meresap ke dalam air, menciptakan ari bilasan bernutrisi untuk rambut dan kulit.
  3. Saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih. Dan Air beras Anda telah siap untuk digunakan.
  4. Anda bisa lansung menggunakan air rendaman beras ini untuk merawat rambut atau wajah, atau Anda juga bisa membiarkannya beberapa waktu supaya terfermentasi untuk meningkatkan manfaatnya.

Baca juga : Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang

Metode fermentasi air beras :

  1. Setelah dengan mengumpulkan air beras Anda setiap kali mencucinya, kemudian kumpulkan kedalam wadah dan membiarkannya pada suhu kamar selama sehari atau sampai berubah menjadi sedikit asam, yang artinya mulai fermentasi. Hal ini bisa diambil setelah 24-48 jam, tergantung pada  tingkat kehangatan ruangan. Jadi, semakin  lebih hangat suhu ruangan maka semakin cepat proses fermentasinya.
  2. Kemudian rebus air beras yang difermentasi  untuk menghentikan proses fermentasinya. Matikan api dan biarkan dingin. Air beras fermentasi buatan Anda telah siap untuk digunakan.

Catatan: air beras yang di fermentasi sangat kuat, sehingga Anda mungkin perlu untuk mengencerkannya dengan satu atau dua cangkir air hangat sebelum digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda,  lebih banyak untuk rambut kering dan lebih sedikit  untuk rambut berminyak.

Dengan metode Mendidihkan:

Anda juga bisa merebus beras untuk mengekstraksi air beras. Untuk cara  ini,  rebus beras menggunakan air lebih banyak dari biasanya. Setelah mulai mendidih, lalu ambil kelebihan airnya; atau Anda juga bisa membiarkan beras sampai sepenuhnya masak, lalu saring, dan ambil kelebihan airnya. Air beras ini bisa sangat kental, jadi encerkan dengan air biasa sampai cukup encer.

Penyimpanan:

Anda dapat menyimpan air beras di lemari es yang bisa bertahan sampai seminggu. Jangan lupa kocok sebelum digunakan.

Cara menggunakan Beras Air Untuk Rambut dan Kulit

  1. Gunakan air beras setiap hari sebagai bagian dari rutinitas pembersihan dan toning dalam perawatan kulit, pagi atau sore hari. Untuk rambut, direkomendasikan sekali atau dua kali saja dalam seminggu baik sebagai mencuci rambut atau bilasan terakhir.
  2. Gunakan air beras sebagai bagian dari rutinitas pembersihan wajah dan tubuh Anda. Anda bisa meramunya dengan bahan sehat lain yaitu jus lemon dan minyak esensial lavender yang dicampur bersama-sama air beras untuk membuat pencuci wajah atau tubuh.
  3. Air beras adalah pengganti toner biasa yang baik dan bisa membantu mengurangi ukuran pori-pori pada kulit Anda.
  4. Membilas rambut dengan air beras akan membuatnya bersinar dan membantunya untuk untuk tetap kuat dan sehat.
  5. Anda juga dapat menggunakannya sebagai bagian dari masker pelembab wajah.
  6. Mandi berendam dengan beras plus ramuan favorit Anda untuk spa dirumah yang luar biasa.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *