Mandi malam bermanfaat dan tidak menyebabkan rematik

mandi malam hariMandi adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari bergaia kuman penyebab penyakit. Namun disisi lain banyak orang yang mengatakan bahwa mandi malam hari itu tidak sehat, karena bisa menyebabkan penyakit sendi atau rematik. Lantas apakah jika kita tak boleh mandi malam, kemudian tak perlu mandi?… Baca informasi berikut untuk mengetahui faktanya :

Advertisement

Mandi di malam hari menyebabkan rematik adalah mitos

Menurut situs kesehatan nirlaba Mayo Clinic, Rematik atau radang sendi adalah penyakit yang menyebabkan sendi kaku, rasa sakit dan nyeri, dan meradang, dapat disebabkan oleh dua penyebab utama : Yaitu akibat keausan pada tulang rawan sendi yang diperparah oleh cedera dan infeksi disebut osteoathritis. Penyebab utama kedua yaitu akibat kondisi autoimun,  yaitu ketika tubuh membentuk antibody untuk menyerang sendi dan menyebabkan sendi sakit, kekakuan, dan peradangan  disebut rheumatoid arthritis.

Faktor resiko tinggi rematik termasuk genetika, umur, cedera sendi, dan obesitas. Jadi mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik adalah mitos belaka, karena tidak ada hubungannya samasekali dengan faktor resiko rematik.

Akan tetapi mandi dimalam hari dapat membuat otot menjadi kaku dan mengkerut bagi orang yang tidak tahan dingin, dan dapat meningkatkan rasa sakit pada orang yang sebelumnya memiliki penyakit radang sendi seperti sakit sendi akibat asam urat atau rematik. Mandi pada malam hari dengan air dingin juga dapat memperparah kondisi bagi orang yang sedang sakit.

Mandi pada malam hari bermanfaat bagi tubuh

Mandi adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh menjadi rileks setelah melewati hari yang panjang di tempat kerja. Tubuh dan pikiran kita membutuhkan bentuk penyegaran yang cepat dari kelelahan.

Mandi di malam hari akan membantu Anda untuk mendapatkan kembali semangat dan daya tahan yang tinggi. Mandi pada malam hari bukan praktik yang buruk atau membahayakan kesehatan. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mandi di malam hari membahayaan tubuh dan menyebabkan rematik.  Berikut ini adalah beberapa manfaat  mandi di malam hari:

  • Mandi air hangat dimalam hari akan membersihkan kulit Anda, mengusir kotoran dari kulit Anda, membuat Anda merasa segar dan bersih, dan membuat kulit Anda lebih lembut dan lentur pada pagi harinya.
  • Mandi hangat di malam hari akan membantu menurunkan tekanan darah, karena dapat mengurangi semua stres Anda. Membuat rileks tubuh Anda, dan memberikan rasa terlepas dari rutinitas Anda.
  • Setelah beraktifitas atau latihan, otot tubuh Anda bisa merasa tegang dan sempit. Dan mandi akan mengendurkan otot ini dan meredakan rasa badan yang sakit-sakit.
  • Mandi hangat pada malam hari akan membuat kulit Anda terasa lebih lembut dan halus, dan Anda akan merasa lebih muda dan segar setelah  melangkah keluar dari bak mandi.
  • Selain merasa segar dan santai, mandi di malam hari juga akan membuat Anda memiliki aroma yang luar biasa. Lalu pergi ke tempat tidur dengan aroma tubuh yang lembut dan bersih dan mendapatkan kebahagiaan murni.
  • Yang paling penting, madi akan membuat Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan nyenyak. Mandi di malam hari juga membantu pengobatan insomnia.
Baca juga:  Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Tips

  • Pastikan Anda mandi dengan mandi air hangat pada malam hari. Terutama jika keramas, keringkan rambut dengan benar sebelum tidur karena suhu tubuh lebih dingin dimalam hari.
  • Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, mandi ketika Anda telah siap untuk pergi tidur.
  • Hindari mandi segera setelah olahraga karena pori-pori di kulit Anda masih terbuka. Istirahat setidaknya setengah jam setelah olahraga supaya pori-pori berkesempatan untuk menutup, dan baru kemudian pergi mandi.
  • Perhatikan suhu air terlebih dahulu. Pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin, normalnya tubuh bisa menerima suhu air hangat sekitar 36% celcius.

Mandi adalah cara alami untuk merevitalisasi tubuh dan pikiran. Anda tidak hanya akan lebih mudah untuk tertidur, juga mendapatkan tidur yang baik setelah mandi di malam hari. Dengan demikian, tak perlu ragu dan takut lagi terkena rematik jika mandi malam hari.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *