Top Makanan Sehat untuk mengurangi Nafsu Makan

makanan yang mengurangi nafsu makanNafsu makan adalah sebuah hal yang melibatkan respon fisik dan psikologi. Misalnya seseorang yang mecium bau makanan yang sedap atau melihat sesuatu hidangan makanan yang menarik akan merangsang respon fisiologis tubuh.

Advertisement

Memiliki nafsu makan yang  sehat adalah baik, namun jika ada peningkatan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah. Seseorang bisa memiliki nafsu makan yang tinggi mungkin ada beberapa faktor termasuk gaya hidup yang tidak sehat, perubahan mood, depresi, kebosanan, stres, kecemasan dan berbagai macam faktor emosional . Kondisi kesehatan tertentu seperti sindrom pramenstrual,  hipertiroidisme, hipoglikemia, diabetes dan kehamilan juga dapat menyebabkan nafsu makan seseorang dapat meningkat.

Peningkatan nafsu makan ini bisa berlangsung dalam beberapa hari atau bahkan bisa lebih lama tergantung dari apa penyebabnya. Peningkatan nafsu makan yang berlebihan ini dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat, peningkatan berat badan dan bermcam masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda sedang berjuang untuk dapat  hidup sehat, menurunkan berat badan atau hanya ingin mengubah kebiasaan makan, maka  penting untuk mengendalikan nafsu makan ini.

Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk dapat membantunya mengendalikan nafsu makan, termasuk menghindari makan karbohidrat sederhana, berjemur, dan minum banyak air . Anda juga bisa menggabungkan makanan tertentu dalam diet harian Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda.

Berikut ini top makanan sehat yang bermanfaat bisa menekan nafsu makan dan mengendalikan rasa lapar

Oatmeal sarapan

Semangkuk Oatmeal dapat membuat Anda bisa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Oatmeal adalah sereal gandum yang mengandung tinggi serat dari jenis serat larut dan tidak larut yang dapat membantu meningkatkan hormon pengatur nafsu makan yang disebut dengan cholecystokinin.

Oatmeal juga merupakan makanan yang berkarbohidrat jenis yang lebih lama dicerna sehingga membantu menjaga kadar gula darah dan insulin normal plus mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, oatmeal juga bisa membantu menurunkan kolesterol buruk dan mengontrol tekanan darah.

Buah Apel

Apel adalah buah super yang kaya akan serat larut yang dapat membuat kenyang lebih lama sehingga membantu mencegah makan berlebihan. Hal ini mengandung sedikit kalori dan memiliki kadar air yang tinggi, yang juga penting dalam mengendalikan nafsu makan.

Buah apel mengandung pektin, jenis serat pangan yang membantu dalam penurunan berat badan dan membantu mencegah peningkatan gula darah yang memicu rasa lapar.

Semua varietas apel adalah baik, namun untuk tujuan ini Anda perlu makan apel beserta kulitnya. Makan buah Apel yang baik adalah saat pagi atau sore sebagai pengganti makanan ringan. Pastikan untuk mengunyah apel dengan baik, karena berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengunyah akan memberikan pertanda bagi tubuh Anda untuk menyadari bahwa Anda tidak lagi lapar.

Yogurt

Yogurt adalah sumber protein yang sangat baik, dan  juga dapat membantu menekan nafsu makan. Hal ini juga mengandung kalsium dalam jumlah tinggi yang membantu mengendalikan rasa lapar.

Makanan ini juga memiliki manfaat plus sebagai pembakar lemak yang potensial. Menurut sebuah study yang pernah dilakukan di University of Tennessee, diet harian yang menambahkan tiga porsi yogurt mempercepat proses penurunan berat badan.

Baca juga : Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

Buah Alpukat

Buah Alpukat adalah jenis makanan supers yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan. Hal ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat jenis larut yang sangat sehat bagi jantung. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna Alpukat, sehingga akan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Sebuah studi terbaru telah menemukan bahwa asam oleat yang terkandung dalam alpukat juga akan membantu menekan nafsu makan dan berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Baca juga:  Top Manfaat Kesehatan Daging Kambing

Namun walau bagaimanapun buah alpukat cukup tinggi kalori dan lemak, sehingga konsumsinya perlu dimoderasi.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman bisa Anda minum di sela waktu makan untuk membantu menekan nafsu makan. Teh hijau mengandung fitonutrsi seperti EGCG yang dapat meningkatkan hormon cholecystokinin yang sangat berperan dalam menciptakan perasaan kenyang.

Ditambah dengan katekin dalam teh hijau yang juga memperlambat kenaikan gula darah dan mencegah kenaikan insulin dan penyimpanan lemak selanjutnya. Kadar gula darah yang stabil juga akan membantu menstabilkan nafsu makan.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, karotenoid, antioksidan, seng, selenium, kromium dan berbagai jenis mineral berguna lainnya.

Minum sekitar tiga sampai empat cangkir teh hijau setiap hari untuk mengendalikan keinginan serta meningkatkan berat badan.

Kacang Almond

Almond adalah salah satu dari jenis kacang pohon yang merupakan sumber kaya akan jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, yang dapat mencegah Anda makan berlebihan. Lemak sehat dalam almond ini juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol terkendali. Tak hanya itu, Almond juga merupakan sumber serat yang baik yang dapat menekan nafsu makan karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat mencernanya sehingga Anda tidak cepat merasa lapar kembali.

Anda bisa makan seperempat cangkir almond setiap hari di sela waktu makan atau setiap kali Anda berkeinginan kuat untuk ngemil.

Cabe rawit

Makanan pedas seperti cabai rawit ditemukan dapat membantu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, cabe rawit mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang mampu meningkatkan metabolisme dan akan membantu membakar lemak dan kalori lebih cepat sehingga bisa menurunkan berat badan .

Anda bisa makan cabe rawit yang masih segar, sudah dimasak, dikeringkan, atau dalam bentuk bubuk. Bahkan Anda juga bisa membuat teh dari cabai rawit dengan cara menambahkan sejumput bubuk cabe kedalam secangkir air panas. Tambahkan juga perasan air dari setengah potong jeruk lemon dan minum disela waktu makan.

Sayuran Hijau berdaun

Sayuran berdaun hijau tinggi akan serat dan air, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang dengan memutus sementara sinyal lapar yang menuju otak. Juga, sayuran berdaun hijau rendah kalori sehingga jika dimakan setiap hari akan memberikan manfaat kesehatan yang baik dan akan sangat membantu dalam penurunan berat badan.

Anda dapat memilih bayam, sawi, sawi, kangkung atau asparagus untuk membuat salad hijau, segelas menyegarkan jus sayuran atau semangkuk sup. Sayuran ini membuat memuaskan dan sangat bergizi serta lezat untuk menjaga rasa lapar di teluk.

Putih Telur

Telur juga dapat membantu Anda untuk stop ngemil yang biasa dilakukan diantara waktu makan dan mengendalikan nafsu makan. Efek mengenyangkan dari telur ini berasal dari protein yang berkualitas tinggi di dalam putih telur yang juga memberikan energi secara berkesinambungan.

Makan satu atau dua buah telur saat sarapan bisa menjaga rasa kenyang sampai datang saat makan siang. Menurut sebuah penelitian, ketika peserta mengambil telur dadar untuk sarapan, mereka lebih kurang rasa lapar sampai waktu makan siang jika dibandingkan dengan peserta yang makan sereal saat sarapan.

Disarankan untuk makan lebih banyak bagian putih telurnya daripada kuningnya karena putih telur sangat rendah kalori, bebas kolesterol dan juga hampir bebas lemak. Disisi lain, kuning telur jutru mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki nafsu makan yang naik terus-menerus dan susah dikendalikan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *