Makanan yang menyebabkan asam lambung tinggi

makanan meningkatkan  asam lambungAsam lambung adalah zat didalam lambung yang sebenarnya dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan, tapi kalau jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan masalah. Hal ini ditandai dengan gejala seperti rasa panas dalam perut dan kerongkongan, serta gejala lain seperti perut mulas, rasa pahit pada mulut, dan rasa seperti perut penuh. Tentu saja asam lambung tinggi sangat membuat tidak nyaman, bahkan bila terus berlanjut bisa menyebabkan kerusakan gigi bahkan komplikasi yang lebih berat seperti maag dan infeksi paru. Ada hubungan langsung antara makanan yang kita makan dan peningkatan asam lambung.

Advertisement

Pada saat kita sering makan makanan yang sangat asam, maka tubuh kita akan mulai terbiasa. Namun pada akhirnya lambung tidak bisa memproses kelebihan asam ini, sehingga akhirnya naik sampai ke tenggorokan dan menyebabkan rasa panas. Pada kondisi yang parah asam bisa masuk kedalam saluran pernafasan dan dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru yang meningkatkan resiko infeksi.

Meskipun ada banyak solusi untuk mengatasi asam lambung naik, namun mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, mengetahui makanan yang bisa menyebabkan asam lambung tinggi adalah saham yang baik untuk kesehatan jangka panjang

Jika Anda sering mengalami kondisi ini, direkomendasikan bagi Anda untuk mengikuti diet sehat yang basa atau alkali. Hal ini akan membantu Anda untuk mengambil langkah besar dalam memperbaiki fungsi pencernaan dan mengurangi gejala asam lambung keseluruhan, sehingga terhindar dari gejala dan resiko penyakit terkait.

Berikut beberapa Makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda memiliki gejala asam lambung tinggi

Makanan gorengan

Makanan gorengan yang mengandung tinggi lemak trans memperberat kerja pencernaan, dan lambat laun bisa mendatangkan bencana pada saluran pencernaan. Secara keseluruhan gorengan memberatkan dan memperlambat proses pencernaan, meninggalkan asam yang berlebih, dan yang akhirnya naik ke tenggorokan. Minyak goreng akan tinggal di dalam pencernaan untuk waktu yang cukup lama, dan dapat menciptakan peningkatan tekanan di lambung.

Kue baked

Kue seperti bronis dan kukis bersifat menciptakan lingkungan yang asam, terutama yang dipanggang dan banyak menggunakan pewarna dan pengawet buatan. Secara umum hindari segala bentuk gula halus putih dan tepung yang diperkaya, karena bahan-bahan ini menduduki peringkat tertinggi grafik makanan peningkat asam.

Kopi meningkatkan asam lambung

Kopi dalam jumlah yang cukup bermanfaat bagi kesehatan. Namun kopi seringkali bersifat pencahar; tingginya kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan gejala tak nyaman ini.

Baca juga:  Cara Mengatasi Insomnia Akut

Hindari minuman berkarbonasi

Minuman bersoda merupakan peningkat tekanan dalam lambung, yang pada akhirnya meningkatkan respon asam. Sebagai alternatif, cobalah minum air minum yang lebih murni dan tidak terlalu dingin. Hindari jus buah asam, seperti jus jeruk terutama sebelum tidur.

Hindari makanan panas dan pedas

Makanan pedas dan panas memang tidak mendorong peningkatan asam lambung. Namun makanan-makanan seperti ini bisa menyebabkan rasa mulas.

Hindari minuman beralk*hol

Minuman beralkohol tidak hanya akan meningkatkan asam lambung, tetapi juga menyebabkan dehidrasi dan terbangun pada malam hari dimana ketika tubuh kita sedang mendetoks racun dari hari sebelumnya. Dalam hal ini, minum alk*hol hari ini maka bisa membuat Anda mengalami kondisi pencernaan yang buruk atau  asam lambung pada besoknya.

Kurangi asupan Daging

Daging adalah salah satu makanan yang paling sulit dicerna usus. Secara umum, daging yang rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa lemak, dan kalkun kurang menciptakan asam, sedangkan steak tebal membutuhkan lebih banyak asam lambung supaya bisa mencernanya. Batasi asupan daging antara 3 kali atau 4 dalam seminggu serta mengunyah dengan baik sebelum menelannya. Yang lebih baik lagi adalah sebisa mungkin mengurangi daging dari diet Anda, serta banyak mengkonsumsi buah-buahan mentah dan sayuran.

Kurangi Susu

Secangkir susu kental dingin dapat sedikit meringankan untuk sementara gejala asam lambung tinggi, namun masih lebih baik segelas air putih. Susu menciptakan sekresi asam berlebihan, terutama jika kita minum pada saat perut sudah kenyang, yang hanya akan membuat masalah lebih buruk.

Cara lain untuk Mencegah Gejala Asam lambung tinggi

Secara umum yang baik adalah mengisi makanan di perut dengan jumlah sekitar 3 /4 bagian. Mengunyah makanan dengan baik sampai halus merata setiap hari, bukan makan tiga atau 4 kali makanan berat. Fokuslah pada apa yang ada dalam makanan Anda. ini akan membantu Anda untuk menghindari kelebihan makan.

Direkomendasikan untuk mengunyah makanan setidaknya dua puluh empat kunyahan dan tidak segera tidur setelah makan. Olahraga setiap hari bisa luarbiasa bagi pencernaan dan sirkulasi. Dengan perubahan sederhana ini Anda dapat menghindari asam lambung dengan mudah dan tanpa perlu obat.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *