Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B Komplek

makanan yang mengandung vitamin BVitamin B juga disebut B kompleks, termasuk: Vitamin B1(thiamin), B2(riboflavin), B3(niasin), B9 (folat,juga disebut asam folat atau folacin), vitamin B6(pyridoxin), vitamin B12(cobalamin), B7(biotin) dan B5 (asam pantotenat). Vitamin B bekerja secara bersama-sama, dan masing-masing ada di setiap sel untuk melakukan berbagai tugas penting yang berbeda, termasuk membantu tubuh untuk mengolah dan mendapatkan energi dari karbohidrat, protein dan lemak, serta berperan dalam metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Beberapa jenis makanan bisa merupakan sumber sangat baik untuk salah satu dari keluarga vitamin B, misalnya makanan yang satu tinggi di B2, sementara yang lain lebih banyak mengandung vitamin B yang lain. Kabar baiknya vitamin B secara umum terdapat di seluruh jenis makanan, jadi jika Anda mengkonsumsi makanan yang bervariasi dengan diet seimbang , maka Anda kemungkinan besar sudah mendapatkan berbagai macam vitamin B yang Anda butuhkan setiap hari.

Advertisement

Berikut makanan yang banyak mengandung vitami B kompleks

Vitamin B1 (thiamin)

Vitamin B1 memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh, termasuk sistem syaraf, otot, jantung, fungsi enzim, dan memetabolisme karbohidrat. Makanan yang mengandung vitamin ini termasuk daging sapi, hati, susu, kacang-kacangan, gandum, beras, jeruk, telur, dan biji-bijian. Beberapa makanan yang sering diperkaya B1 adalah pasta, roti, sereal dan tepung.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Mengkonsumsi riboflavin terutama baik untuk kesehatan kulit. Makanan yang paling banyak mengandung vitamin ini adalah susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju. Sementara itu asparagus, bayam dan sayuran berdaun hijau tua juga mengandung riboflavin. Ayam, ikan, dan telur juga menyediakan nutrisi penting ini.

Vitamin B3 (niacin)

Ayam, kalkun, ikan salmon dan jenis ikan lainnya termasuk tuna kaleng dengan air adalah sumber  niacin yang baik. Makanan lain seperti sereal yang diperkaya, kacang-kacangan, kacang, pasta dan gandum juga menyediakan nutrisi ini dalam jumlah yang bervariasi. Vitamin ini mempromosikan fungsi saraf,  kardiovaskular yang sehat dan membantu tubuh memproduksi energi.

Vitamin B9 (folat)

Buah-buahan dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, dan sayuran segar lainnya adalah sumber folat yang sangat baik. Folat bermanfaat mempromosikan kesehatan sel darah merah dan fungsi sistem saraf. Hal ini terutama sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat khususnya cacat otak.

Baca juga:  Top 10 Makanan Sumber Kalium Tertinggi

Vitamin B6(pyridoxin)

Beberapa makanan sumber vitamin B6 terbaik adalah unggas, seafood, pisang, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan lainnya, kentang dan sereal. Nutrisi ini penting untuk mendukung pertumbuhan sel darah baru, untuk itu diet Anda harus mendapat 1,3 miligram vitamin B6 setiap hari.

Vitamin B12(cobalamin)

Vitamin B12 secara umum hanya ditemukan dalam makanan hewani. Namun beberapa produk kedelai atau sereal ada yang diperkaya dengan vitamin B12. Makanan sumber alaminya termasuk seafood jenis kerang, udang, dan kepiting, juga ikan dan daging sapi. B12 membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mendukung fungsi sistem saraf yang sehat.

Vitamin B7(biotin) dan vitamin B5(asam pantotenat)

Organ hati dan kuning telur adalah sumber makanan yang kaya akan biotin, yaitu nutrisi yang dibutuhkan untuk metabolisme yang sehat. Makanan seperti ikan salmon, daging dan buah alpukat merupakan sumber yang baik dari kedua vitamin B ini. Namun kebanyakan buah dan sayuran hanya sedikit mengandung biotin, termasuk keju dan biji-bijian. Yogurt dan alpukat adalah sumber asam pantotenat yang sangat baik, yang diperlukan untuk fungsi enzim. Asam pantotenat juga ditemukan di berbagai macam makanan seperti kacang-kacangan, ubi jalar, jamur, dan brokoli.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *