Top Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

makanan yang mengandung asam folatMakanan yang banyak mengandung Asam folat terutama sangat penting dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini karena nutrisi ini penting untuk mencegah kelainan atau cacat tabung syaraf pada janin. Namun secara keseluruhan, vitamin yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini juga tidak boleh dikecualikan dari diet harian yang sehat. Tidak hanya bermanfaat mencegah kemungkinan depresi atau cacat lahir untuk ibu hamil, asam folat juga bermanfaat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti Alzheimer dan beberapa jenis kanker. Namun kabar baiknya banyak makanan yang kaya asam folat.

Advertisement

Berikut dibawah ini adalah daftar makanan paling populer yang mengandung asam folat tinggi :

Roti dan Sereal yang diperkaya asam folat

Asam folat ditemukan dalam biji-bijian, dan produk yang terbuat dari biji-bijian juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat ini. Hal ini karena asam folat biasanya ditambahkan kedalam produk dari biji-bijian seperti roti dan sereal ketika diproses.

Pasta yang diperkaya

Anda harus cerdas dalam memilih pasta yang akan Anda makan. Jika Anda mencari pasta yang sehat, maka pilihlah yang terbuat dari gandum. Rata-rata satu cangkir pasta gandum mengandung 100mcg asam folat, yang merupakan salah satu pilihan makanan sehat dan mengenyangkan untuk ibu hamil.

Telur

Telur banyak mengandung protein dan nutrisi, merupakan pilihan makanan yang sangat sehat serta mengandung kurang dari 100 kalori. Telur baik untuk makanan bayi hingga orang dewasa karena kemudahan dalam pengolahannya. Untuk memiliki dosis harian asam folat, menyimpan telur rebus beberapa di kulkas atau menyertakan telur dalam makanan Anda beberapa kali seminggu.

Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan yang juga tinggi kandungan asam folat. Varietas kacang seperti kacang lima, kacang hitam bermata, kacang merah , dan kacang polong, merupakan pilihan terbaik karena rata-rata mengandung sekitar 200mcg folat.

Jenis lain seperti kacang almond, kacang tanah, dan biji bunga matahari juga menawarkan folat.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dan brokoli kaya akan berbagai vitamin termasuk banyak asam folat. Orang kebanyakan telah menambahkan sayuran hijau kedalam makanan utama atau salad.

Asparagus

Satu cangkir asparagus bisa menyediakan sekitar 79mcg asam folat. Ini adalah makanan yang sangat sehat dan dapat ditambahkan ke dalam menu makan siang atau makan malam keluarga Anda.

Brokoli

Brokoli telah terbukti sebagai jenis sayuran yang sangat sehat, tak hanya vitamin, dan mineral, juga antioksidan dan folat. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 104mcg nutrisi ini. Brokoli juga merupakan sumber yang baik zat besi, kalsium dan serat. Anda mungkin sejak lama menyukai makan sayuran ini.

Bunga kol

Meskipun sayuran ini dikenal mengandung banyak vitamin C, ia juga mengandung tinggi asam folat. Makan satu cangkir bungkul maka Anda akan mendapatkan sekitar 55mcg asam folat. Kembang kol sangat mudah dimasukkan kedalam diet harian And, bisa untuk salad atau bersama menu makan siang.

Baca juga:  Makanan yang Banyak Mengandung Kalsium untuk kesehatan Tulang

Beetroot

Beetroot sangat terkenal akan khasiatnya yang mendetoks hati, namun masih ditambah dengan manfaat lain, yaitu satu cangkir beet mengandung 136mcg asam folat.

Jagung

Satu cangkir jagung menyediakan sekitar 76mcg asam folat, sehingga merupakan tambahan yang bagus untuk makan siang atau salad. Jagung segar adalah versi yang terbaik daripada kalengan.

Seledri

Seledri dikenal membantu menyingkirkan batu ginjal dan menurunkan hipertensi. Selain itu, ia juga dikenal akan kandungan asam folatnya.  Satu cangkir seledri akan memberikan sekitar 34mcg asam folat untuk tubuh Anda. Seledri dapat dimakan mentah, dikukus, atau gabung dengan makanan lain.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran berwarna yang kaya akan asam folat, serta dapat dikonsumsi dengan berbagai cara misalnya jus sayur wortel. Satu cangkir wortel mentah mengandung sekita 5% dari kebutuhan total asam folat harian Anda.

Labu

1 cangkir Labu kuning mengandung asam folat sekitar 20mcg hingga 36mcg. Selain folat, labu kuning adalah makanan sehat alternatif yang tinggi akan gizi, terutama betakaroten yang bermanfaat sebagai provitamin A.

Buah segar

Buah jeruk, kemon, limau, stroberi, raspberry, jeruk bali, dan pepaya adalah makanan sehat dan mengandung tinggi asam folat. Bahkan buah pepaya yang sangat umum ini mempu memberikan sekitar  115mcg folat per cangkir.

Belewah

Buah bertekstur lembut, berasa segar dan manis ini adalah favorit banyak pecinta makanan sehat. Belewah sangat mudah dimakan, bisa dimakan segar, dibuat jus, atau jenis minuman segar dari buah.

Alpukat

Alpukat banyak memiliki manfaat kesehatan, bahkan dokter sangat menyarankan ini terutama untuk ibu hamil. Buah ini sangat mengandung asam folat serta asam lemak esensial omega 3, yaitu jenis lemak sehat yang bermanfaat untuk otak dan jantung.

Jus tomat

Jika Anda menyukai tomat, maka Anda akan mendapatkan banyak asam folat darinya. Jus atau ekstrak tomat bisa memberikan sekitar 48mcg asam folat per cangkir. Buah sayur ini juga mengandung zat besi, yang akan membuat darah Anda sehat dan mengurangi kebutuhan mengkonsumsi suplemen zat besi. Manfaat tomat lainnya adalah berasal dari likopen, baca lecih lanjut infonya disini

Hati

Hati adalah jerohan, yang tak hanya mengandung tinggi zat besi, juga merupakan sumber protein yang baik, vitamin A, vitamin B, dan asam folat!. 100 gr hati bebek dan angsa mengandung 738,00 mcg folat. Namun bagi ibu yang sedang hamil atau sedang mencoba untuk hamil, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi jerohan ini.

Paprika merah

Sayuran yang manis dan lezat ini merupakan jenis makanan yang sangat padat nutrisi! . Untuk paprika merah 1 ons menyediakan sekitar 65 mcg folat, ditambah dengan vitamin A, vitamin C yang sangat tinggi. Keuntungan lainnya adalah, paprika merah rendah kalori yaitu hanya 89 kalori – cocok bagi yang mencoba diet menurunkan berat badan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *