Makanan yang Banyak Mengandung Kalsium untuk kesehatan Tulang

makanan mengandung kalsiumPada dasarnya, makanan yang bagus untuk mendukung kesehatan tulang adalah yang mengandung dua nutrisi ini yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium adalah jenis mineral yang sangat penting untuk fungsi tubuh yang tepat, yang disimpan didalam tulang Kita. Sedangkan Vitamin D dibutuhkan tubuh supaya bisa menyerap kalsium. Tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet atau makanan sehari-hari bisa menyebabkan tulang rapuh, yang membuat kita lebih rentan terhadap patah tulang dan penyakit radang sendi. Untuk membangun tulang yang sehat di masa depan, mengkonsumsi makanan tinggi kalsium harus dimulai sejak dini – ketika anak dan remaja. Terutama bagi kaum wanita yang mulai menginjak usia menopouse, kondisi osteoporosis atau kerapuhan tulang lebih rentan pada mereka. Nah untuk itu, penting untuk memasukkan makanan tinggi kalsium kedalam diet sedini mungkin plus mendapatkan vitamin D cukup setiap hari.

Advertisement

Berikut beberapa jenis makanan terbaik yang mengandung kalsium tinggi

Susu

Susu adalah makanan penyedia kalsium yang tinggi, satu cangkir susu sudah menyediakan sekitar 30 persen dari asupan kalsium yang kita butuhkan setiap hari. Namun susu yang banyak dijual di toko-toko biasanya sudah diperkaya dengan vitamin D, sehingga membuatnya menjadi semakin tinggi mineral untuk tulang ini.

Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran hijau seperti kangkung, selada air, sawi, bayam, kangkung, mungkin bisa dikatakan sebagai makanan sumber kalsium terbaik selain susu. Bayam termasuk dalam kelompok sayur yang mengandung asam oksalat, yang membuat tubuh manusia bisa menyerap kalsium.

Ikan salmon dan sarden

Vitamin D jarang ditemukan dari sumber makanan alami. NamunĀ  ikan berlemak seperti salmon mungkin bisa menjadi sumber terbaik. Satu porsi ikan salmon akan memberikan vitamin D yang kita butuhkan sehar hari. Sementara salmon Kaleng dan sarden mengandung tulang yang lebih lunak yang dapat dimakan sehingga juga memberikan kalsium.

Almond

Dari semua jenis kacang pohon, almond lebih bayak mengandung kalsium . Anda juga bisa mendapatkan manfaat kalsium yang sama dari almon dalam bentuk mentega. Mentega almond lebih rendah kolesterol dan rendah lemak dan lebih tinggi mengandung protein daripada selai kacang.

Baca juga:  Top 9 Makanan Sehat Untuk Anak-anak Balita

Keju

Keju terbuat dari susu yang secara alami memiliki banyak kalsium. Jadi keju secara otoatis juga banyak mengandung kalsium, namun untuk pilihan yang lebih sehat, cobalah keju yang dibuat dari susu skim.

Yogurt

Yogurt merupakan produk kuliner kuno. Karena proses pembuatannya, yogurt sebenarnya secara signifikan lebih banyak menyediakan kalsium dibandingkan susu. Yoghurt juga memiliki banyak manfaat lain daripada sekedar sumber kalsium.

Ikan tuna dan tongkol

Tuna adalah ikan golongan berlemak yang sarat dengan vitaminĀ  D yang menyehatkan. Hal ini juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya seperti kalium, magnesium, dan asam lemak omega-3. Ikan tuna sangat mudah ditemukan, dalam bentuk segar, olahan, kalengan, serta murah dan sederhana untuk ditambahkan kedalam diet.

Kuning Telur

Kabar baik bagi yang tak pernah melewatkan sarapan telur : telur mengandung cukub tinggi vitamin D yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Namun vitamin D ini hanya ditemukan dalam bagian kuning telur. Tambah items sarapan Anda dengan jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D dan kalsium.

Brokoli

Dari semua sumber kalsium nabati, brokoli adalah jenis kedua dari sayuran hijau tua. Brokoli tidak hanya sehat untuk tulang, tetapi juga sumber yang sangat baik vitamin C, serat, dan nutrisi yang mengandung sifat melawan kanker yang disebut antioksidan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *