Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kekuatan Otak

Makanan meningkatkan otak dan konsentrasiKonsentrasi Anda merupakan salah satu aspek dari fungsi mental. Hal ini adalah kemampuan kita untuk fokus pada tugas dan pekerjaan dengan menggunakan memori, penalaran, pemahaman dan pengambilan keputusan. Semua fungsi otak ini juga bekerja secara bersama dengan jumlah energi kita, kesehatan, dserta fungsi khusus lainnya dalam tubuh. Otak kita tidak berfungsi secara tertutup, sehingga tidak mengherankan jika apa yang manfaat tubuh dan kesehatan juga bermanfaat bagi otak. Olahraga/latihan adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk pikiran dan tubuh, dan tentu saja gizi dari makanan yang kita konsumsi.

Advertisement

Ada banyak makanan yang sudah dikenal penting untuk otak kita. Kekurangan mereka dalam jangka panjang secara bertahap dapat merusak fungsi mental dan meningkatkan risiko penyakit otak tertentu.

Tapi bagaimana makanan penguat mental jangka pendek? Kita mungkin sudah mengerti bahwa ada beberapa makanan yang dapat membantu kita lebih fokus, yang bermanfaat ketika kita perlu konsentrasi yang tinggi dan dapat mengatasi kelelahan mental hilang untuk sementara waktu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan mental yang cepat bisa kita dapatkan dari beberapa makanan yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Ada banyak makanan yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otak, berikut diantaranya :

Gula dapur

Gula pada umumnya dimasukkan ke dalam kopi dan teh adalah terdiri dari monosakarida glukosa dan fruktosa. Nutrisi ini sangat cepat dimetabolisme untuk menghasilkan energi. Gula banyak tersedia dan telah dikenal untuk meningkatkan otak bila diperlukan. Efeknya jangka pendek tetapi cepat bekerja dan dirasakan.

Sementara itu gula halus selalu dianggap buruk bagi kesehatan, namun juga memiliki manfaat jika dimoderasi dan sekali sekali saja. Cobalah untuk minum segelas minuman manis atau permen pada saat Anda sedang membutuhkan peningkatan konsentrasi cepat. Penderita diabetes harus berhati-hati, tetapi jika Anda dinyatakan dalam kesehatan yang baik, gula bisa aman jika di moderasi.

Dark chocolate

Makanan lain yang banyak dianggap buruk bagi kesehatan adalah cokelat, namun bisa bermanfaat baik bagi otak. Cokelat tersesendiri sebenarnya benar-benar tidak buruk,  tapi ketika ditambahkan dengan banyak gula dan aditif lainnya, mengkonsumsinya sehari-hari dapat memiliki efek yang merugikan kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa coklat dapat membantu melepaskan hormon otak yang dapat membantu mendorong fungsi otak dalam jangka pendek. Sementara itu dark chocolate kaya dengan antioksidan yang siap membantu tubuh mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel tubuh dan otak.

Efek antioksidan mungkin hanya bermanfaat untuk jangka panjang, sementara gula dan kafein yang terkandung dalam cokelat dapat memberikan peningkatan mental yang cepat ketika Anda membutuhkannya.

Kacang-kacangan dan Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian telah banyak dijelaskan sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan untuk jangka waktu lama. Jenis makanan ini juga diketahui mengandung protein dan sejumlah mikronutrisi yang penting bagi kesehatan. Hal ini diantaranya vitamin E, vitamin B6 dan asam lemak omega-3 .

Baca juga : Top Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak

Semua nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan otak secara khusus dan oleh karena itu dapat membantu  meningkatkan fungsi mental. Makan kacang-kacangan dan biji-bijian tidak memberikan efek langsung dalam meningkatkan konsentrasi Anda, tetapi jika dimasukkan kedalam diet harian Anda, maka Anda dapat memastikan telah memberikan nutrisi yang dibutuhkan kepada otak untuk dapat berfungsi maksimal.

Ikan berlemak

Ikan yang berminyak kaya akan asam lemak omega 3, yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan otak dan meningkatkan fungsi otak. Manfaat omega 3 diantaranya sangat penting dalam penurunan risiko demensia dan memperlambat penurunan kemampuan mental seiring dengan usia.

Baca juga:  Makanan Sehat untuk Jantung dan sistem kardiovaskular

Asam lemak omega 3 diperlukan sepanjang hidup kita. Anak-anak dan anak muda bisa mendapatkan banyak manfaatnya. Beberapa ikan juga mengandung tryptophan, yaitu sejenis asam amino esensial yang diketahui meningkatkan kadar serotonin (hormon otak yang mengatur mood). Oleh karena itu ikan harus dipertimbangkan sebagai makanan otak yang penting.

Minum Air

Sebagian besar dari kita mungkin kurang berpikir bahwa air adalah makanan yang harus dikonsumsi secara teratur untuk mempertahankan hidup. Yang menjadi masalahnya adalah banyak orang tidak memperoleh minum air yang cukup air.

Dalam kehidupan modern dengan segala kenyamananannya ditambah dengan minuman ringan dan minuman manis lainnya, air putih cenderung kurang diperhatikan. Orang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas kecil setiap hari.

Tanpa mengkonsumsi cairan yang cukup, sebagian besar proses tubuh bisa terganggu, selanjutnya fungsi otak juga tidak akan terhindar. Bahkan dehidrasi ringan mungkin akan membuat orang akan merasa sulit untuk dapat berkonsentrasi dengan baik.

Cobalah meningkatkan asupan air Anda dan Anda mungkin akan segera menemukan peningkatan fungsi otak dan konsentrasi Anda.

Makan sarapan

Sarapan harus terdiri dari nutrisi penting yang menunjang kesehatan otak. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, namun banyak yang masih memilih untuk melewatkannya.

Pada dasarnya semua ketegangan yang terjadi pada tubuh Anda adalahkarena tidak mendapatkan makanan ketika Anda terjaga. Ingatlah bahwa tubuh harus berurusan dengan aktivitas fisik dan mental sepanang hari, dan sarapan adalah bahan bakar tubuh Anda untuk menangani peningkatan permintaan energi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang meninggalkan sarapan cenderung memiliki memori jangka pendek dan rentang konsentrasi yang buruk daripada mereka yang makan sarapan.

Jangan lewatkan sarapan yang diimbangi dengan minum air yang cukup untuk melalui hari-hari beraktifitas sebelum makan siang.

Kafein

Tidak ada keraguan bahwa kafein adalah salah satu zat yang paling dikenal sebagai stimulan untuk sistem saraf pusat. Hal ini dapat mendorong kemampuan otak, walaupun hanya untuk jangka waktu yang singkat.

Penelitian terkini mengungkapkan bahwa minuman berkafein memiliki manfaat lebih banyak daripada efek negatifnya daripada yang sudah diperkirakan sebelumnya. Beberapa dari manfaat kopi bisa membuat perbedaan dalam jangka panjang.

Namun untuk bisa mendorong konsentrasi secara cepat, kafein adalah solusinya plus efeknya dapat meningkat dengan gula tambahan.

Namun yang perlu diingat bahwa solusi haruslah lebih kearah jangka panjang dengan jalan makan makanan yang sehat daripada tergantung pada kopi sepanjang hari, dan setiap hari.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Makanan sehat yang penting bagi kesehatan tubuh secara umum juga sama pentingnya bagi otak Anda. Buah-buahan dan sayuran menjadi pilihan yang jelas dan beberapa diantarnya bermanfaat sebagai penguat otak yang lebih baik.

Alpukat dan blueberry adalah jenis buah yang perlu Anda pertimbangkan. Kedua buah ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dikenal untuk mencegah penyakit mental dan penurunan mental.

Semua sayuran sangat baik untuk tubuh Anda, tetapi Anda harus memastikan telah mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau untuk kesehatan otak termasuk asparagus. Hal ini mengandung banyak vitamin B dan vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk fungsi otak yang optimal.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *