Top 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Makanan terbaik untuk kulitKebanyakan orang mengandalkan produk kosmetik berbasis kimia untuk merawat kulit. Namun sebenarnya, kulit akan mendapatkan manfaat yang banyak dari makanan yang tepat. Anda dapat menyehatkan kulit Anda hanya dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan ini.

Advertisement

Faktor genetik dan kebiasaan gaya hidup berperan penting untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka Kita dapat dengan mudah untuk mengatasi jerawat, mengurangi tanda penuaan seperti garis-garis dan kerutan kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan kecantikan alami kulit.

Ada banyak makanan yang menyediakan vitamin yang menunjang kulit, tidak hanya akan baik bagi kesehatan Anda secara umum, tetapi juga kulit Anda.

Berikut top 10 makanan yang sangat baik khususnya untuk menjaga kulit agar selalu sehat dan indah

1. Buah jeruk

Jeruk merupakan buah super yang sangat bermanfaat untuk kulit. Buah ini sangat tinggi vitamin C, yang diperlukan untuk merawat dan memperbaiki sel-sel kulit. Vitamin tertentu dalam jeruk juga membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit serta mencegah berbagai macam tanda-tanda penuaan dini.

Ditambah lagi dengan vitamin  B1 dan B9 yang terkandung dalam jeruk yang akan meningkatkan aliran darah, sehingga akan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang akan mencapai kulit yang diperlukan untuk mempertahankan tekstur yang sehat. Peningkatan sirkulasi darah ke kulit juga mencegah kulit terhidrasi, mencegah kulit kering dan mengelupas.

2. Bayam

Salah satu dari Jenis sayuran berdaun hijau ini terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini juga termasuk baik untuk kulit Anda karena merupakan sumber vitamin A, B, C dan E serta kalium, zat besi, kalsium, magnesium dan bahkan asam lemak omega 3.

Vitamin A yang terdapat dalam bayam adalah antioksidan yang juga membantu mencegah kerusakan sel dan penuaan dini. Plus juga membantu mencegah kulit kering dan keriput dan melindungi kulit terhadap kerusakan kulit akibat UV matahari.

3. Kacang Almond

Almond adalah salah satu makanan sumber terbaik vitamin E, yaitu vitamin yang membantu menyehatkan kulit dan melindunginya dari paparan sinar ultraviolet yang merusak kulit.

Almond juga mengandung berbagai jenis zat antioksidan yang membantu mengurangi keriput, garis-garis, keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Asam lemak esensial yang terdapat dalam almond dikenal dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga membantu mengtasi masalah gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Namun makan almond sebaiknya dimoderasi, karena kacang ini juga tinggi kalori.

Andapun bisa memijat wajah, tangan dan kaki Anda secara teratur dengan minyak almond untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan berseri-seri .

4. Buah Alpukat

Alpukat adalah pelembab kulit alami terbaik karena mengandung jenis lemak sehat dan berbagai nutrisi penting di dalamnya. Bahkan, alpukat bekerja sebagai humektan untuk kulit dan membantu membuat penampilan kulit menjadi lebih muda dan mengurangi munculnya garis-garis dan kerutan.

Alpukat mengandung vitamin C, E, K, asam folat, magnesium dan kalium, yang semuanya penting bagi kesehatan kulit. Vitamin E yang tinggi dari alpulkat membantu melindungi kulit dari keriput dan kerusakan yang disebabkan oleh UV dan polusi.

Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat untuk perawatan kulit dari dalam. Dan Untuk mendapatkan warna kulit yang baik, Anda juga bisa menggosok bubur buah alpukat matang langsung ke permukaan kulit Anda sebanyak 2 – 4 kali dalam seminggu. Hancurkan daging dari buah alpukat dan mencampurnya dengan sedikit susu murni. Kemudian gunakan sebagai masker untuk wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air.

5. Buah blueberry

Blueberry tinggi vitamin C, yaitu salah satu zat antioksidan kuat yang membantu menjaga kesehatan kolagen pada kulit. Dalam hal kandungan antioksidan, departemen kesehatan Amerika telah menempatkan blueberry di peringkat nomor satu untuk jenis makanan dengan antioksidan.

Baca juga:  Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kulit

Anthocyanin dan quercetin adalah antioksidan yang terdapat dalam buah blueberry, yang bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap kencang dan indah.

Buah Berry lainnya seperti raspberry, blackberry dan stroberi, semuanya juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

6. Buah Tomat

Tomat adalah buah sayuran yang secara umum tersedia dimana-mana, dan juga sangat baik untuk kulit Anda. Tomat mengandung tingkat tinggi antioksidan yang dikenal sebagai lycopene, yang membantu melindungi kulit dari matahari dan mencegah tanda penuaan dini.

Senyawa asam dalam tomat juga membantumengurangi dan membersihkan jerawat dan noda kulit lainnya. Vitamin A dalam tomat juga membantu menjaga kesehatan mata dan membuat rambut menjadi kuat dan berkilau.

Selain mengkonsumsi tomat sebagai buah atau jus,  Anda juga dapat menggunakan bubur tomat pada kulit Anda selama minimal 10 menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Anda bisa melakukan ini setiap hari untuk mendapatkan kulit yang bersih dan mulus.

7. Teh Hijau

Teh hijau dianggap sebagai salah satu minuman yang sehat dan merupakan gudang manfaat untuk kulit. Hal ini banyak mengandung antioksidan yang membantu mengatasi radikal bebas untuk mencegah penuaan dini.

Teh hijau sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai jenis gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, keriput, dan kutil. Ditambah,  hal ini juga sangat efektif untuk menjaga kulit terhadap sengatan matahari dan pengelupasan bila diterapkan secara lokal.

Cobalah untuk minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari untuk kesehatan, dalam hal ini khususnya kulit.

8. Dark Chocolate

Coklat hitam juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Hal ini mengandung Flavonoid, yang akan melindungi kulit dari sinar UV matahari – salah satu penyebab utama kulit yang tidak sehat. Tak hanya itu, nutrisi ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan hidrasi.

Dark chocolate mengandung banyak kalori, sehingga sebaiknya tidak memakannya lebih dari tiga ons setiap hari.

9. Telur

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin B kompleks serta zat mineral seperti zat besi, tembaga dan selenium yang penting untuk kesehatan khususnya kulit. Selenium membantu menjaga kulit agar tak mudah terkenai infeksi, dan vitamin A membantu perkembangan sel-sel dan pertumbuhan jaringan kulit baru yang diperlukan untuk proses penyembuhan luka.

Mineral Tembaga dalam telur bermanfaat mempromosikan elastisitas kulit. Dan antioksidan yang ditemukan dalam telur membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat UV yang dapat menyebabkan banyak permasalahan kulit umum hingga kanker.

Satu porsi telur akan memberikan asupan protein yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Anda juga bisa menggunakan telur kedalam masker wajah buatan sendiri.

10. Ikan salmon

Ikan Salmon adalah makanan lain yang bisa membuat kulit Anda sehat dan bercahaya. Jenis ikan ini sangat kaya akan asam lemak omega 3, yang telah dikenal menyehatkan kulit dengan cara mengurangi produksi zat inflamasi tubuh. Hal ini yang pada akhirnya membantu mencegah tersumbatnya pori-pori dan mengurangi garis-garis dan kerutan pada kulit, sehingga terlihat segar dan bersih.

Asam lemak omega 3 juga berperan meningkatkan sirkulasi darah, yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Salmon juga mengandung selenium dan seng. Selenium membantu melindungi kulit dari sinar UV, dan seng merangsang produksi sel-sel baru dan penyamakan kulit mati, sehingga kulit terlihat bersih dan sehat.

Untuk mendapatkan kesehatan dan keindahan kulit secara maksimal, Anda juga mempertahankan gaya hidup yang sehat yang mencakup olahraga secara teratur, minum cukup air, tidur malam yang cukup enam sampai delapan jam setiap hari, dan mengurangi stres. Semua ini akan sangat bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan dan membantu menjaga kulit Anda sehat, dan indah.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *