Makanan yang baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Makanan untuk kesehatan paru-paruMenurut Medline plus, paru-parudigunakan untuk bernafas rata-rata sekitar 25.000 kali. Penyakit paru-paru seperti kanker, radang paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik dan asma bisa membatasi kemampuan tubuh untuk memperoleh oksigen yang cukup yang diperlukan untuk semua fungsi sel. Untuk menjaga paru-paru kita agar selalu dalam kondisi prima, maka ikutilah diet sehat yang kaya akan makanan segar. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru termasuk labu, pepaya, bayam, sayur kangkung, paprika kuning, jambu biji, kacang hitam, kacang-kacangan, ikan salmon liar dank entang berwarna coklat muda .

Advertisement

Inilah makanan-makanan yang baik untuk mendukung dan menjaga kesehatan paru-paru

Makanan mengandung karotenoid

Karotenoid adalah fitonutrien yang dapat membantu mencegah kanker paru-paru. Fitonutrien adalah senyawa yang terdapat dalam makanan nabati, yaitu yang memberikan warna-warna cerah. Secara khusus beta cryptoxanthin dan kombinasi antara lutein dan zeaxanthin menjanjikan perlindungan dari kanker paru-paru. Labu lebih banyak mengandung beta cryptoxanthin, dan selanjutnya adalah buah pepaya. Untuk mendapatkan lutein dan zeaxanthin yang banyak, tambahkan juga sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung kedalam diet Anda.

Makanan segar mengandung Vitamin C

Vitamin C  merupakan salah satu jenis antioksidan juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan antioksidan ini bermanfaat untuk membantu pneumonia, yaitu infeksi umum pada paru-paru. Review lima penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Royal Society of Medicine” pada tahun 2007, peneliti menemukan bahwa asupan vitamin C memiliki efek pencegahan dari pneumonia untuk tiga studi, dan menunjukkan efek terapi dalam dua studi lainnya. Jika Anda hanya makan jeruk untuk mendapatkan vitamin C, saatnya untuk melihat makanan yang paling tinggi vitamin C lainnya yaitu paprika kuning dan jambu.

Makanan yang mengandung Folat

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung folat juga dapat membantu melindungi paru-paru dari penyakit paru obstruktif kronik, atau PPOK; yaitu sebuah istilah yang mencakup berbagai macam kondisi paru-paru termasuk emfisema, bronkitis kronis dan beberapa bentuk asma. Sebuah studi pada orang dewasa dengan COPD yang diterbitkan dalam “Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition” pada tahun 2010 menemukan bahwa sesak napas dari kondisi ini berhubungan dengan rendahnya asupan folat. Dan para peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan asupan folat bisa menguntungkan untuk fungsi paru-paru secara keseluruhan. Makanan lain yang paling tinggi folat adalah kacang hitam dan kacang.

Baca juga:  Makanan Penambah Darah Pencegah Anemia

Makanan yang mengandung vitamin B6

Seperti halnya folat, vitamin B 6 secara umum juga terkait dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan memberikan perlindungan dari kanker paru-paru pada khususnya. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of American Medical Association” pada tahun 2010, peneliti melihat lebih dari 385.000 sampel darah dari pria perok*k dan bukan perok*k, dan mereka menemukan resiko kanker paru yang lebih rendah pada mereka yang memiliki peningkatan vitamin B6 dalam darah.Sumber alami yang baik vitamin B 6 untuk paru-paru yang sehat adalah ikan salmon dan kentang berwarna coklat muda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *