Makanan untuk Diet Seimbang dan pengertiannya

Makanan diet seimbangDiet yang seimbang adalah mengatur pola makan termasuk jumlah yang sehat dan mencakup kandungan gizi yang seimbang yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Dalam rangka untuk mendapatkan asupan gizi yang benar-benar seimbang, Anda harus mendapatkan kalori dan nutrisi harian dari seluruh makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Apakah Kalori? Jumlah kalori dalam makanan adalah ukuran dari jumlah energi yang tersimpan dalam makanan itu. Tubuh Anda menggunakan kalori yang berasal dari makanan untuk berjalan, berpikir, bernapas, dan segala aktifitas yang kita lakukan. Rata-rata orang membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap hari dari makanan. Asupan kalori harian seseorang harus didasarkan pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik. Kaum pria umumnya membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita, dan orang-orang yang aktif membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang yang diam (tidak aktif) .

Advertisement

Sumber kalori harian Anda sama pentingnya dengan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Anda harus membatasi mengkonsumsi “kalori kosong,” atau semua makanan yang tidak atau hanya sedikit memberikan gizi. Kalori kosong diidentifikasikan seperti kalori yang berasal dari gula dan lemak padat seperti mentega dan shortening.

Kalori kosong paling sering dari makanan seperti sosis, kue, keju, cookie, donat, minuman berenergi, minuman rasa buah, es krim, pizza, minuman olahraga dan minuman ringan atau soda.

Mengapa Diet Seimbang itu sangat Penting?

Diet yang seimbang sangat penting karena organ dan jaringan tubuh kita membutuhkan nutrisi yang tepat untuk dapat bekerja secara efektif. Tanpa nutrisi yang baik, tubuh kita akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit, infeksi, kelelahan, dan memiliki kinerja yang buruk. Anak-anak dengan pola makan yang buruk mengembangkan risiko masalah pertumbuhan dan perkembangan. Kebiasaan makan yang buruk tersebut bisa terus berjalan selama hidup mereka.

Meningkatnya obesitas dan diabetes adalah contoh utama dari efek pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga. Empat dari 10 penyebab utama kematian di Amerika Serikat bahkan dunia secara langsung dipengaruhi oleh diet yaitu penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Cara untuk Mencapai Diet Seimbang

Pada inti dari diet seimbang adalah makanan yang tinggi vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya dan mengurangi lemak dan gula yang tidak perlu.

Berikut ini adalah beragam makanan penting untuk diet yang seimbang.

Buah-buahan

Selain sebagai sumber yang sarat gizi, buah-buahan adalah makanan ringan yang cepat dan lezat. Pilihlah buah-buahan apa yang sedang musim di daerah Anda, yang segar dan yang paling memberikan nutrisi. Baca juga : Pentingnya Antioksidan dari Buah-buahan dan Sayuran

Baca juga:  Olahraga Terbaik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Sayur-sayuran

Sayuran juga merupakan sumber utama vitamin dan mineral. Sayuran berdaun hijau tua umumnya mengandung nutrisi paling tinggi dan bisa dimakan di setiap kali makan. Contohnya termasuk bayam, kangkung, kacang panjang, brokoli, dan ucet.

Padi-padian

Padi dan biji-bijian lain seperti gandum adalah sumber karbohidrat yang berguna untuk mencukupi kebutuhan kalori untuk kita beraktifitas sepanjang hari. Padi atau gandum yang ditumbuk secara tradisional umumnya masih menyediakan nila gizi tambahan termasuk serat dan vitamin B.

Protein

Daging dan kacang-kacangan merupakan makanan utama sumber protein yang penting untuk perkembangan otot dan otak yang tepat. Daging rendah lemak seperti ayam, ikan, dan potongan daging sapi tertentu adalah pilihan terbaik. Membuang kulit dan lemak yang menempel pada daging adalah cara yang mudah untuk mengurangi  jumlah lemak dan kolesterol dalam daging.

Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, almond, biji bunga matahari, dan kenari, juga merupakan sumber protein yang baik. Tahu, tempe, dan produk-produk berbasis kedelai lain seperi susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik dan alternatif sehat dari daging.

Susu

Produk susu menyediakan kalsium, vitamin D, dan banyak nutrisi penting lainnya. Namun, umumnya susu juga merupakan sumber lemak, sehingga yang terbaik adalah memilih varian susu yang rendah lemak atau susu dan keju bebas lemak.

Minyak

Minyak harus digunakan dengan efisien.  Minyak yang baik seperti minyak zaitun bisa menggantikan minyak sayur berlemak dalam diet sehat Anda. Hindari makanan yang digoreng kedalam minyak karena mengandung banyak kalori kosong, lemak jenuh, dan lemak trans yang membahayakan kardiovaskular.

Untuk mempertahankan diet seimbang dan berat badan yang sehat, Anda harus mengurangi konsumsi :

  • alkoh*l
  • kolesterol
  • biji-bijian olahan
  • lemak padat/ lemak trans, dan lemak jenuh
  • garam
  • gula

Jika Anda ada pertanyaan tentang diet Anda atau merasa perlu untuk menurunkan berat badan atau makan yang lebih baik, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi. Mereka bisa menyarankan perubahan pola makan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dan, jika perlu menurunkan berat badan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *