Top Makanan Sumber Beta-karoten Tinggi

Makanan sumber betakaroten tinggiBeta Karoten pigmen yang membuat warna-warni cerah pada banyak buah dan sayuran, terutama merah, dan oranye. Buah Jeruk, buah mangga, wortel, ubi jalar, beet, dan labu adalah beberapa contoh dari sekian banyak buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber tinggi Beta karoten. Beta Karoten adalah bentuk vitamin A yang berasal dari sumber nabati, dan akan diubah menjadi vitamin A bentuk aktif ketika dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini juga merupakan zat yang bersifat antioksidan kuat – dan penelitian telah menunjukkan bahwa beta karoten bermanfaat melindungi tubuh dari kanker,  penuaan dini,  dsb. Baca juga tentang Manfaat Vitamin A dan apa itu betakaroten

Advertisement

Berikut top buah dan sayuran yang banyak mengandung zat beta-karoten, yaitu bentuk vitamin A dari makanan nabati

Ubi jalar

Ubi jalar yang memiliki warna oranye adalah sumber yang paling tinggi dari beta karoten. Setiap porsi 100g dari ubi jalar dapat menyediakan 9444 μg  Beta karoten. Tak hanya itu saja, ubi jalar juga dikenal sebagai sumber vitamin C, D, B6 dan mineral seperti zat besi dan magnesium. Umbi yang manis ini juga efektif mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, melawan virus flu, dan membantu meningkatkan energi. Hal ini juga meningkatkan mood dan mempromosikan pertumbuhan  kulit, gigi dan tulang yang sehat.

Wortel

Wortel yang memiliki warna oranye cerah ini adalah sayuran yang tinggi Beta Caroten. Bahkan satu porsi 100g wortel mampu memberikan 8285 μg Beta karoten untuk Anda. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, gigi, memperbaiki penglihatan, melawan tanda-tanda awal penuaan, dan menyehatkan kulit.

Bayam

Sayuran hijau tua ini merupakan sumber zat besi nabati yang paling terkenal. Selain itu bayam juga merupakan sumber makanan yang kaya Beta karoten, yaitu menyediakan sekitar 5626 μg untuk 1 porsi100g . Tak hanya buah atau sayur yang berwarna cerah, daun sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam juga tinggi betakaroten.

Labu botol

Sayuran yang memiliki rasa manis ini adalah salah satu yang banyak digemari orang. Tak hanya lezat, ia juga memiliki kandungan Beta karoten tinggi sekitar 4570 μg perporsi  100g. Tinggi serat namun rendah lemak, sehingga labu botol adalah pilihan yang sehat untuk jantung. Tak hanya itu saja, karena Anda juga akan mendapatkan antioksidan dari makan sayuran ini.

Baca juga:  Resep Teh Hijau dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Baca juga : Pentingnya Antioksidan dari Buah-buahan dan Sayuran

Beet root (buah bit)

Buah bit, yang juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami ini juga tinggi kandungan betakaroten. Tak hanya itu, bit juga menyediakan antioksidan, mineral, dan berbagai vitamin penting lainnya. Baca juga : Manfaat buah bit dan kandungan nutrisinya

Labu kuning

Sama seperti kerabatnya diatas, labu botol. Labu kuning juga menyediakan betakaroten yang sama tingginya. Tak hanya itu saja, sayuran yang bertekstur lembut dan berasa manis ini juga kaya akan vitamin E dan vitamin C, yang bersama dengan betakaroten akan menjaga kesehatan mata Anda.

Buah pepaya

Buah pepaya yang banyak kita jumpai dijual dipasar tradisional ini, meskipun murah jangan diremehkan. Pepaya merupakan makanan super, karena ia menyediakan berbagai jenis nutrisi penting termasuk betakaroten ini. Mengkonsumsi pepaya dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata, mencegah pebuaan dini, hinga mencegah kanker.

Buah mangga

Buah mangga yang telah masak memiliki daging buah yang berwarna kuning atau oranye cerah, yang cukup menunjukkan bahwa buah tropis yang manis ini mengandung banyak betakaroten. Hal ini dapat  memberikan pada tubuh kita sekitar 1.785 IU vitamin A per porsi 1 cangkir, yaitu sekitar 35 persen dari kebutuhan vitamin A yang kita butuhkan setiap hari. Sayangnya buah ini sangat tinggi kadar gula, sehingga bagi penderita gula darah tinggi atau diabetes sebaiknya berhati-hati.

Demikian top makananan yang mengandung banyak beta-karoten, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi bentuk vitamin A aktif demi kesehatan yang baik. Mungkin masih banyak makanan lain yang belum kita disebutkan – hal ini termasuk sayuran berwarna hijau tua seperti kangkung, atau kale  mungkin juga banyak menyediakan betakaroten.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *