Makanan Sehat untuk Jantung dan sistem kardiovaskular

Makanan nabati bernutrisi - sehat untuk jantungPenyakit kardiovaskular termasuk jantung koroner semakin menjadi masalah kesehatan utama hingga saat ini, yang disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan makan yang tidak sehat, faktor stres, gaya hidup dan kurangnya aktifitas dan olahraga. Selain jantung koroner, hal ini juga bisa ditambah juga dengan masalah tekanan darah dan stroke. Hanya berolahraga saja kurang cukup untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan-makanan yang tidak sehat tinggi lemak jenuh seperti pada makanan cepat saji adalah pemicu utama kolesterol tinggi, salah satu pemicu utama penyakit kardiovaskular terutama jantung. Selain menghindari makanan tinggi lemak jenuh, dan berolahraga, untuk menjaga kesehatan jantung kita juga sangat membutuhkan makanan-makanan yang sehat, kaya nutrisi dan berbagai zat antioksidan.

Advertisement

kebutuhan untuk makan makanan yang tepat karena jika terlalu! Berikut daftar makanan yang baik untuk jantung Anda:

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau termasuk bayam, bok choy, daun lobak, selada, dll telah dikenal bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung bahkan kanker. Hal itu karena sayuran jenis ini sangat rendah lemak, kalori namun tinggi serat yang bermanfaat. Selain itu, golongan sayuran ini juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium, dll, yaitu mMineral ini bermanfaat untuk fungsi optimal jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa rutin makan satu porsi  sayuran berdaun hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga sebesar 11 persen.

Oat

Oat adalah salah satu pilihan sarapan yang paling sehat dan ringkas yang tersedia dipasaran. Hal ini tidak hanya membuat kita bisa merasa kenyang dan berenergi, juga baik untuk jantung Anda. Oat mengandung beta glukan, yaitu merupakan jenis serat larut yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol terutama LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Mengambil oatmeal untuk sarapan atau roti oat akan ada manfaatnya.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, barley, millet, kacang-kacangan baik untuk jantung sehat karena akan memberikan tubuh serat alami dan vitamin. Hal ini mengandung vitamin E, zat besi, magnesium dan sejumlah zat anti-oksidan. Mengonsumsi jenis makanan ini secara teratur juga dapat mengurangi tekanan darah.

Kedelai

Kedelai pada dasarnya adalah jenis kacang-kacangan, yang juga tersedia dalam bentuk susu kedelai, edamame, tempe, atau tahu. Kedelai adalah pengganti protein dari daging merah yang sehat karena daging merah umumnya tinggi lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol jahat sangat buruk bagi kesehatan jantung.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan minyak yang paling sehat dan baik untuk jantung. Minyak zaitun sebagai bagian rutin dari diet Anda bisa membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung dan juga kaya anti-oksidan. Minyak zaitun extra virgin mengandung polifenol dan memberikan manfaat banyak bagi kesehatan secara keseluruhan. Berikan sedikit minyak zaitun di salad sebagai ganti mayones yang tidak sehat dan tinggi kalori. Lebih baik lagi jika menggantikan minyak goreng biasa dengan minyak zaitun untuk menumis.

Baca juga:  Top 9 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan ASI

Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin dan bisa bekerja sebagai pembersih darah. Mengonsumsi buah tomat secara teratur dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin K  dalam tomat membantu pembekuan darah.

Apel

Apel kaya akan kandu ngan zat yang disebut dengan guercetin, sejenis  fotokimia yang memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini juga membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat membahayakan jantung. Makanlah buah apel untuk sarapan dengan sereal atau makan apel sebagai camilan pengganti yang tidak sehat bagi kardiovaskular seperti keripik atau makanan goreng minyak.

Jeruk

Buah jeruk merupakan makanan yang sehat terutama bagi jantung Anda berkat dua nutrisi yang disebut pektin dan kalium. Pektin, adalah jenis serat larut, yang pada dasarnya mencegah penyerapan kolesterol dan membantu mencegah jaringan parut pada jaringan jantung, sedangkan kalium dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan dapat membantu mencegah pembekuan darah. Hal ini juga mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah, yang telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung pada pria.

Asparagus

Aparagus mengandung vitamin K, yang dapat membantu pembekuan darah, dan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Hal ini juga menawarkan dua nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol yaitu serat larut dan saponin (nutrisi yang mencegah penyerapan kolesterol dalam usus).

Kacang almond

Almond bila dimakan dengan moderasi diketahui mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah dan penyakit jantung.Hal ini juga mengandung vitamin B1, B7, vitamin E dan mineral seperti magnesium, zat besi, seng, juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal.

Anggur merah

Anggur merah bila diminum dalam jumlah yang sehat bisa sangat baik untuk jantung karena mengandung jenis antioksidan kuat yang disebut resveratrol dan juga flavonoid. Semua jenis buah anggur segar juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *