Makanan-makanan sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat ibu hamilMakanan begitu sangat penting dibicarakan terutama bagi Ibu Hamil, dimana mereka sekarang memiliki tanggung jawab untuk memastikan bayi yang dikandungnya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Informasi tentang makanan juga beredar dimana-mana dan banyak pertentangan sehingga mengetahui mana makanan yang baik dan tidak saat hamil begitu penting. Ibu hamil mungkin juga khawatir tidak mendapat nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang memadai, padahal dalam kondisi ini seringkali mereka mengalami masalah dengan nafsu makan. Jadi disini  ada informasi mengenai beberapa makanan yang sarat akan nutrisi yang sangat dibutuhkan Ibu ketika sedang hamil! Jadi hanya beberapa gigit saja, ibu hamil sudah bisa mendapatkan banyak nutrisi yang dibutuhkan.

Advertisement

Berikut makanan-makanan sehat dan terbaik untuk kesehatan Ibu hamil dan pertumbuhan janin yang dikandungnya

Daging -sumber zat besi dan protein tinggi

Asam amino dalam protein adalah blok setiap sel dalam tubuh Ibu dan janin dalam kandungannya. Makanan yang tinggi protein juga mengenyangkan dan menstabilkan gula darah. Daging tanpa lemak adalah pilihan yang sangat baik untuk ibu hamil, karena selain tinggi  protein, juga tinggi zat besi yang penting untuk membantu bayi dan Ibu memperoleh pasokan sel darah merah. Perlu dii  ngat bahwa volume darah bisa meningkat sebanyak 50 persen bila seorang wanita sedang hamil, itulah mengapa sebabnya anemia selama kehamilan adalah sangat umum. Zat besi juga membantu membangun otak bayi dengan memperkuat koneksi saraf. Selain daging, sayuran berdaun hijau  tua seperti bayam, kangkung, serta kacang-kacangan, tahu, dan buah kering kaya akan zat besi. Sementara itu tempe, susu kedelai, dan kacang hijau juga sumber protein yang baik.

Telur

Selain mengandung 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein, nutrisi yang penting untuk kehamilan.

Telur juga kaya akan kolin, yang mendukung kesehatan secara keseluruhan, pertumbuhan, dan otak bayi Anda plus membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa telur yang diperkaya bahkan mengandung asam lemak omega 3, yang sangat penting bagi perkembangan otak dan penglihatan.

Wanita yang sehat dengan kadar kolesterol darah normal bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh yang seimbang. Tapi jika Ada bermasalah dengan kolesterol, putih telur bisa menjadi pengganti dari telur utuh.

Yogurt

Janin yang tumbuh dalam kandungan Ibu sangat membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya, dan Ibu juga perlu untuk menjaga tulang dan ototnya kuat dan saraf berfungsi normal. Yoghurt mengandung kalsium sebanyak susu – plus dikemas dengan protein dan folat. Bakteri baik yang aktif dalam yogurt juga dapat membantu mencegah sakit perut serta infeksi jamur yang lebih sering terjadi pada kehamilan.

Tip: Untuk mendapatkan penyerapan kalsium, kalau bisa dapatkan produk yoghurt yang juga diperkaya dengan vitamin D.

Ikan Salmon

Ikan air dingin seperti salmon mengandung omega-3, yang paling penting adalah jenis yang disebut dengan DHA. Kenapa omega 3 begitu penting? 1. Tubuh tidak dapat membuatnya sendiri, 2. Membantu memetabolisme vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan E.  3. dapat membantu mengurangi risiko depresi prenatal, dan mereka penting untuk perkembangan mata dan otak janin – otak dan retina terdiri dari DHA. Ikan salmon liar, sarden, dan herring tinggi omega 3 dan baik untuk kehamilan.

Tip: Hindari ikan pred*tor termasuk ikan hiu, ikan todak, marlin, ikan king makerel, tuna segar, dan ikan karang seperti ikan kerapu karena berpotensi mengandung tinggi racun pencemaran seperti merkuri dan dioksin.

Baca juga:  Inilah tanda awal kehamilan sebelum tiba haid berikutnya

Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan folat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 yang membantu pertumbuhan jaringan janin dan pertumbuhan otak plus memudahkan morning sickness. Makan alpukat adalah cara yang lezat untuk mendapatkan vitamin Anda.

Tip: Perlu diingat bahwa alpukat tinggi lemak meskipun jenis lemak yang baik dan kalori. Jangan berlebihan kecuali Anda sedang mengalami kesulitan menaikkan berat badan.

Oat

Oat kaya akan serat, vitamin B, zat besi dan sejumlah mineral lainnya. Selain jenis karbohidrat kompleks, oat tinggi serat yang membantu jika bermasalah dengan sembelit.

Edamame

Ini adalah polong hijau kedelai yang dimasak, kaya dengan protein, kalsium, folat,  vitamin A dan B, edamame bisa digabungkan dengan masakan apa saja, sup, atau untuk tumis.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti tembaga, mangan, magnesium, selenium, seng, kalium,  kalsium,  dan vitamin E. Kacang paling banyak mengandung serat dan protein dari semua sayuran, seperti buncis, kacang polong, kacang merah, kacang pinto, dll. Meskipun kacang-kacangan tinggi lemak, khusus untuk beberapa jenis.

Wortel dan paprika merah

Wortel dan paprika merah kaya beta-karoten, yang nantinya oleh tubuh diubah menjadi vitamin A – penting bagi perkembangan mata, kulit, tulang dan organ janin. Sayuran berwarna ini juga merupakan sumber vitamin B6 dan vitamin C, plus serat untuk menjaga pencernaan yang sehat.

Buah Mangga

Kebetulan, ibu hamil biasanya sangat menyukai rasa asam manis mangga. Mangga mengandung lebih banyak vitamin A dan C. Buah tropis Ini adalah pelengkap yang sempurna untuk hidangan yang manis dan gurih.

Ubi jalar

Ubi jalar yang berwarna oranye mengandung betakaroten, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Terlalu  banyak asupan vitamin A yang ditemukan dalam sumber-sumber hewani, seperti hati, susu, dan telur bisa berbahaya, namun betakaroten adalah jenis yang berbeda. Hal ini karena karoten akan dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan oleh tubuh, sehingga tidak perlu untuk membatasi mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya betakaroten.

Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat.

Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kale, lobak Swiss, kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk kehamilan. Mereka juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata, Geagan kata.

Buah-buahan dan sayuran berwarna

Makan banyak buah-buahan dan sayuran yang berwarna, hijau, merah, oranye, kuning, ungu, dan putih akan memastikan bahwa Ibu  dan bayi mendapatkan berbagai nutrisi karena setiap kelompok warna memberikan vitamin dan mineral yang berbeda.

Keuntungan lain dari banyak mengkonsumsi sayuran dan buah : Selama tahap akhir dari kehamilan, bayi mengenali selera makan ibunya melalui cairan ketuban. Jadi, jika Anda mengekspos bayi Anda dengan makan berbagai buah-buahan dan sayuran sehat, maka kemungkinan besar nanti bayi Anda akan mengenali dan menerima makanan-makanan itu nanti setelah tumbuh menjadi bayi.

Tips

Selain beberapa makanan yang sehat untuk ibu hamil diatas, mendapatkan cukup cairna juga sama pentingnya untuk kesehatan kehamilan. Air memiliki banyak manfaat bagi Ibu dan pertumbuhan bayi dalam rahim, membangun sel-sel baru, memberikan nutrisi, pembilasan racun dan, masih banyak lagi. Air juga dapat membantu mengurangi sembelit selama kehamilan. Bahaya nyata dehidrasi pada ibu hamil adalah berisiko tinggi mengalami persalinan prematur.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *