Top 9 Makanan Sehat Untuk Anak-anak Balita

Makanan balita sehatMakanan seimbang yang kaya akan semua nutrisi penting akan sangat membantu anak Anda untuk dapat tumbuh lebih kuat, lebih tinggi, dan lebih cerdas. Gizi yang lengkap sangat diperlukan oleh balita terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Banyak sekali balita mengalami kelambatan pertumbuhan atau cacat  karena kurangnya asupan nutrisi. Kuncinya adalah memoderasi makanan untuk mereka, karena terlalu banyak atau berlebihan juga bisa berakibat buruk. Pastikan Anda telah memberikan makanan seimbang yang mengandung semua nutrisi penting demi kebaikan balita Anda saat ini dan untuk masa depan.

Advertisement

Berikut beberapa makanan yang baik untuk disertakan kedalam diet balita untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya

1. Buah Pisang:

Pisang sarat dengan nutrisi penting seperti karbohidrat, zat besi, vitamin dll, dan merupakan makanan paling sehat dan ideal untuk balita. Harganya yang terjangkau, tersedia dimana-mana, dan tak sulit untuk dikonsumsi dimanapun. Kandungan serat yang tinggi dalam buah pisang akan membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat. Pisang yang telah matang dapat dengan mudah dihaluskan, sehingga merupakan makanan yang sempurna untuk bayi.

2. Ubi Jalar:

Ubi jalar memiliki rasa yang  manis alami adalah sayuran yang lebih disukai balita. Hal ini kaya akan kandungan vitamin C, serat, kalium dan nutrisi penting lainnya, sehingga ubi jalar sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak. Termasuk tinggi antioksidan dan beta karoten, sehingga ubi jalar baik untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan memperkuat sistem kekebalan balita sehingga tak mudah sakit.

3. Telur Rebus:

Putih telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting untuk memastikan kekuatan dan kesehatan balita yang baik. Sementara zat Kuning telur mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin D, vitamin E dan seng, yang semuanya berperan dalam pertumbuhan balita secara keseluruhan. Telur juga tinggi kolin, nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Setelah bayi mulai diberikan makanan padat, telur harus menjadi bagian dari diet harian mereka. Namun jika keluarga  memiliki riwayat alergi, telur sebaiknya tidak diberikan kepada balita di tahun pertamanya.

4.  Susu dan Yogurt:

Yoghurt dan susu secara keseluruhan mengandung lemak, protein, fosfor dan kalsium yang membantu menguatkan gigi dan tulang bayi – serta memastikan perkembangan balita secara keseluruhan. Yoghurt khususnya uga mengandung Probiotik, yaitu bakteri sehat yang akan membantu memperkuat dan meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Balita satu tahun mungkin saja alergi terhadap susu dan produk susu. Oleh karena itu, Anda harus membicarakannya dengan dokter anak sebelum memberikan yogurt.

Baca juga:  Efek Samping minum Obat Aspirin yang perlu diperhatikan

5. Daging Ayam:

Daging Ayam mengandung vitamin B6 dan juga protein, yang bermanfaat meningkatkan penyerapan nutrisi dari energi tubuh. Hal ini juga akan memperkuat tubuh dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita yang cepat.

6. Buah alpukat:

Buah alpukat adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi yang tinggi, termasuk protein dan lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi ini membantu mencegah penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan balita secara keseluruhan dan mempromosikan perkembangan otak yang sehat dan lebih cerdas. Alpukat matang mudah dihaluskan, sehingga lebih mudah dikonsumsi bayi dan membuatnya kenyang.

7. Sayuran berdaun hijau:

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak, brokoli, dll kaya akan zat besi dan folat yang bermanfaat meningkatkan aliran darah, memperkuat otot, dan meningkatkan kesehatan dan perkembangan secara keseluruhan. Brokoli mengandung vitamin C, kalium, beta karoten, folat  dan nutrisi penting lainnya yang membuatnya menjadi salah satu makanan sehat untuk pertumbuhan anak.

Baca juga : Top Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

8. Sereal bayi:

Salah satu makanan yang banyak tersedia untuk balita adalah sereal. Sereal umumnya sudah diperkaya dengan zat besi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Tak hanya itu, sereal biasanya juga diperkaya dengan berbagai nutrisi penting lainnya.

9. Buah jeruk:

Bayi yang sudah berusia di atas satu tahun sudah dapat diperkenalkan dengan buah jeruk, seperti jeruk bali, jeruk gula, dll.  Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi, zat besi dan kalium. Vitamin C baik untuk kulit, membantu membangun kolagen,  dan memperkuat tulang, otot dan jaringan lainnya. Sementara kalium yang hadir dalam jeruk membantu untuk mempertahankan cairan dalam tubuh dan juga mempromosikan kontraksi otot – membantu penyerapan zat besi dan membantu menyembuhkan luka secara efektif.

Demikian 9 makanan yang bagus untuk diberikan sebagai makanan harian balita, mengingat akan kandungan nutrisinya yang tinggi. Masih banyak ragam makanan lain yang cocok untuk balita termasuk labu kuning, buah pir, gg dan lain-lain.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *