Makanan Paling Rendah Kalori namun Bergizi

Makanan rendah kaloriMakanan rendah kalori tidak berarti juga rendah pada rasa atau rendah nutrisi. Dalam gambaran banyak orang, makanan rendah kalori banyak dianggap tak memiliki rasa atau kurang dalah hal nutrisi. Tidak selalu demikian karena ada beberapa makanan selain ramah bagi berat badan, namun tetap bisa enak soal rasa dan yang terpenting adalah bergizi.  Penuhi kulkas Anda dengan makanan-makanan yang rendah kalori dan sehat yang mendukung kesehatan dan upaya penurunan berat badan Anda. Memilih makanan rendah kalori yang tepat akan mendukung Anda untuk menuju pembakaran lemak daripada mengumpulkan lemak.

Advertisement

Berikut daftar beberapa makanan paling rendah kalori yang layak untuk dimasukkan kedalam diet

Selada air

Selada air yang berdaun hijau kecil memberikan selain tinggi nutrisidan antioksidan, juga rendah kalori.

Sayuran lain yang rendah kalori adalah bayam, sawi, brokoli, kubis merah, seledri, asparagus, wortel, dan bunga kol

Bokchoy

Sayuran hijau bisa menjadi tambahan yang layak untuk diet rendah kalori. Selain itu juga tinggi vitamin C dan vitamin A, dan antioksidan. Baca juga :Manfaat Bokchoy untuk Kesehatan tubuh Kita

Lobak

Lobak atau beetroot sangat rendah kalori, namun tetap menyediakan nutrisi penting seperti vitamin C. Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk menambah massa otot.

Labu kuning

Labu kuning, meskipun rendah kalori juga kaya akan kalium dan kaya akan beta-karoten. Selain bergizi, labu kuning juga manis dan cukup fleksibel untuk dikonsumsi. Labu kuning juga sumber vitamin C, dan E,  kalium dan tembaga.

Mentimun

Mentimun terdiri sekitar 95 persen air, dan merupakan salah satu pilihan rendah kalori. Jumlah kadar air yang tinggi pada ketimun juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi dan merasa kenyang sehingga akan cenderung mampu bertahan dari godaan ngemil. Jangan khawatir, mentimun tidak seperti kelihatannya, karena selain tinggi air, ketimun juga banyak mengandung mineral dan vitamin.

Plum

Buah plum manis namun rendah kalori, bahkan buah ini juga dikenal sangat tinggi mengandung antioksidan, mineral, dan beberapa vitamin.

Grapefruit

Makanan yang manis termasuk buah umumnya tinggi kalori, namun tidak begitu untk jeruk bali atau grapefruit. Selain rendah kalori, varietas jeruk yang satu ini menyediakan banyak vitamin C seperti jeruk lainnya.

Stroberi

Tak hanya rendah kalori, stroberi juga tinggi serat, plus menyediakan banyak vitamin C. Studi menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C dapat mempermudah bernapas selama latihan terutama bagi yang menderita asma akibat olahraga.

Baca juga:  Makanan yang Mengandung Protein paling Tinggi

Melon

Buah melon yang manis dan lembut ini mengandung sedikit kalori, namun  banyak mengandung vitamin C dan kalium.

Bulgur

Bulgur terbuat dari gandum yang telah dikukus, dikeringkan, dan kemudian dimemarkan – tinggi mengandung serat dan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Gandum

Gandum serpihan adalah cara mudah untuk menambahkan makanan bernutrisi namun rendah kalori untuk diet Anda. Gandum termasuk mengandung vitamin B 6 , serat , dan mineral.

Popcorn

Jika memilih camilan rendah kalori, maka popcorn adalah pilihan yang paling sehat. Popcorn yang terbuat dari jagung tanpa goreng minyak ini mengenyangkan, dan memiliki kalori lebih sedikit daripada kebanyakan makanan ringan yang ada.

Kue beras

Ketika Anda ingin makan sesuatu yang renyah, kue beras bisa memenuhi kebutuhan Anda tanpa khawatir akan banyak kalori. Kue beras yang terbuat dari beras merah menyediakan karbohidrat sebagai energi. Hindari pilihan yang aneka rasa dari gula dan bahan-bahan lainnya.

Kerang

Kerang adalah seafod yang kaya akan nutrisi dan protein, plus omega 3 namun rendah kalori. Sebuah studi European Journal of Sports Science menunjukkan bahwa semakin Anda mengkonsumsi  omega 3, maka akan dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga Anda dengan cara meningkatkan aliran darah, dan pengambilan oksigen secara maksimal dengan kerja otot.

Dada ayam

IJika Anda sedang mencari makanan berprotein yang rendah kalori, sepertinya sulit selain dada ayam yang tanpa kulit.

Protein dapat membantu mencegah kegemukan karena membuat merasa kenyang, dan meningkatkan efek termal dari makan(membakar kalori hanya dengan mencerna makanan).

Tofu

Ada bermacam tekstur tahu yang tersedia. Tahu sutra adalah jenis tahu yang tidak memiliki banyak air yang ditekan keluar, sehingga kalori dapat ditekan.

Kacang merah

Kacang merah kalengan adalah cara yang cepat untuk menambahkan protein nabati yang rendah kalori dan serat untuk diet Anda. Kacang merah juga mengandung protein dan serat, plus karbohidrat kompleks lebih lambat dibakar  dan mengenyangkan.

Susu skim

Susu skim tanpa lemak selain menyediakan kualitas protein, juga mengandung  nutrisi pembangun tulang yaitu kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Yoghurt tanpa lemak

Mengkonsumsi Yoghurt tanpa lemak adalah cara yang baik untuk memperoleh protein berkualitas dan probiotik untuk menu sehari-hari  tanpa harus khawatir akan kalori. Probiotik bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Satu gagasan untuk “Makanan Paling Rendah Kalori namun Bergizi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *