Top 10 Makanan Bermanfaat membersihkan Pembuluh darah

makanan pembersih arteriArteri adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk menyalurkan darah yang mengandung nutrisi dan kaya oksigen dari jantung menuju ke berbagai jaringan di seluruh tubuh. Hal ini adalah kebalikan dari pembuluh darah balik (vena), yatu pembuluh darah yang mengembalikan darah kejantung.

Advertisement

Pembuluh darah arteri adalah tabung yang terdiri dari tiga lapisan, yaitu tunika intima(lapisan dalam), tunika media(lapisan otot yang menangani tekanan), dan tunika vadventia(jaringan ikat yang mehubungkan ke jaringan sekitar). Pembuluh Arteri terbesar adalah aorta, yang memiliki jaringan arteri yang lebih kecil yang dikenal dengan arteriol dan kapiler – yaitu yang panjang dan menyebar keseluruh tubuh.

Arteri yang sehat memiliki dinding bagian dalam yang halus sehinga dapat mengalirkan darah dengan mudah.

Namun ketika plak telah menumpuk pada dinding arteri bagian dalam(tunika intima), maka arteri akan tersumbat dan menghambat aliran darah. Plak yang menyumbat ini terbangun dari sejumlah zat yang berbeda yang terdapat dalam darah seperti lemak, kolesterol, kalsium, kotoran sel, dan fibrin.

Orang yang memiliki tingkat tinggi kolesterol LDL (kolesterol buruk) dan tingkat kolesterol HDL(kolesterol baik) berisiko tinggi terkena penyumbatan pembuluh darah arteri. Faktor risiko lainnya adalah hipertensi, diabetes, dan kebiasaan mer0k0k.

Baca juga : Gejala Kolesterol Tinggi, Pencegahan dan Cara Mengatasinya
Tersumbatnya arteri dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit arteri koroner, penyakit arteri karotis, penyakit pembuluh darah perifer, infark miokard (serangan jantung), dan insiden serebrovaskular (stroke).

Dengan demikian menjaga arteri supaya tetap sehat dan terbebas dari risiko penyumbatan sangatlah penting. Anda bisa menjaganya dengan mengkuti gaya hidup sehat dan makan makanan yang sehat.

Banyak makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga dinding arteri bersih, mencegah arteri tersumbat dan meningkatkan kesehatan jantungdan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah Top 10 makanan yang mampu membersihkan arteri untuk menjaganya tetap elastis dan terbebas dari penyumbatan plak :

Makanan nabati bernutrisi

1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang baik untuk jantung sehat karena bisa menjaga arteri ter bebas dari penumpukan plak. Ikan air dingin ini kaya akan asam lemak omega 3 sehat yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) __ yang bermanfaat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL, sekaligus menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan peradangan pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah di arteri. Asam lemak ini bahkan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

The American Heart Association merekomendasikan untuk makan 2 sampai 3 porsi salmon setiap minggu. Satu porsi salmon sama dengan 2 sampai 3 ons.

Memasak dengan metode panggang untuk hidangan kesehatan jantung.

2. Kunyit

Kunyit adalah herbal anti inflamasi yang kuat yang mampu membantu menjaga arteri terbebas dari segala jenis penyumbatan. Kunyit mengandung kurkumin, yang berkhasiat menurunkan peradangan, yang merupakan penyebab utama pengerasan arteri.

Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 oleh peneliti Perancis, kurkumin dapat membantu mengurangi deposit lemak di arteri hampir 26 persen.

Kunyit juga mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk menjaga kadar homosistein yang optimal. Homosistein adalah zat yang lebih menyebabkan penumpukan plak dan kerusakan pembuluh darah. Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi oksidasi kolesterol dan kadar LDL.

Untuk tujuan menjaga kesehatan arteri agar berfungsi dengan baik, Anda bisa minum segelas kunyit hangat setiap hari.

3. Bawang putih

Salah satu cara alami dan mudah untuk membersihkan arteri adalah mengikutkan bawang putih dalam diet Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Jantung Farmakologi di Mainz, Jerman, peneliti menemukan bahwa asupan bawang putih rutin dapat membantu mencegah pengerasan aorta.

Hal ini akan meningkatkan kesehatan arteri Anda dengan jalanmengurangi tingkat kolesterol LDL. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung seiring orang bertambah tua.

Anda dapat mengkonsumsi 1 hingga 4 siung bawang putih mentah setiap hari. Anda juga bisa memasukkannya kedalam sup, semur, dan jenis masakan lain. Tanyakan kepada dokter jika anda mengambil keputusan jika mengambil suplemen apapun termasuk suplemen bawang putih.

4. Buah Delima

Menurut sebuah studi yang dilaksanakan tahun 2005 yang diterbitkan Prosiding National Academy of Sciences, para ilmuwan meyakini bahwa antioksidan tinggi dalam delima merangsang produksi oksida nitrat, yang selanjutnya membantu menjaga darah mengalir dan arteri terbuka. Buah ini bahkan dapat mengurangi formasi plak yang ada didalam arteri. Antioksidan dalam buah delima terutama vitamin C dan polifenol.

Baca juga:  Top 10 Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh

Catatan: jus delima mungkin tidak cocok jika dikonsumsi bersama jenis obat tertentu. Jadi yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter tentang minum jus delima untuk membersihkan arteri Anda.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang baik dan sehat untuk jantung adalah jenis proses dingin atau extra-virgin. Hal ini kaya akan antioksidan yang disebut dengan polifenol dan jenis lemak tak jenuh tunggal. Perpaduan antioksidan dan lemak sehat membantu mengurangi LDL dan meningkatkan kadar lemak baik atau HDL. Hal ini padaakhirnya membantu mengurangi penumpukan plak di arteri Anda.

And bisa menggunakan minyak zaitun extra-virgin untuk memasak dan sebagai dressing salad. Bahkan Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti dari mentega.

6. Buah Alpukat

Tak diragukan lagi bahwa alpukat adalah buah yang menyehatkan ketika berbicara tentang jantung dan pembuluh darah. Studi menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kadar olesterol LDL dalam darah.

Kadar kolesterol LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan plak di dinding arter dan dapat meningkatkan kolesterol jahat atau HDL.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang mencegah oksidasi kolesterol plus kalium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Anda bisa makan 1 buah alpukat setiap hari.

7. Buah Semangka

Buah semangka adalah buah yang sehat, dalam hal ini khususnya untuk arteri Anda. Sebuah studi yang dilakukan 2011 oleh University of Kentucky menemukan bahwa semangka membantu mengurangi efek aterosklerosis (pengerasan arteri akibat plak) pada hewan.

Selain itu, asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam semangka membantu menurunkan tekanan darah; membantu memperlebar pembuluh darah dengan cara merangsang produksi oksida nitrat.

Selain itu, semangka juga diketahui membantu memodifikasi lemak darah dan menurunkan akumulasi lemak perut, yang akhirnya mengurangi risiko yang terkait dengan akumulasi plak, yaitu arteri koroner dan penyakit jantung.

Makan 1 cangkir buah semangka segar setiap hari bagus untuk menjaga arteri Anda terbebas dari plak dan mendapatkan manfaat kesehatan jantung yang lebih baik.

8. Kacang Almond

Almond baik untuk jantung jika dimakan dengan dimoderasi. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 dalam Journal American Heart Association menemukan bahwa almond dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 15 persen.

Almond mengandung lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat membantu mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Hal ini pada akhirnya mengurangi resiko penumpukan plak di arteri. Hal ini juga akan dibantu magnesium yang juga ditemukan dalam kacang almond yang mencegah pembentukan plak dan membuat tekanan darah stabil.

The American Heart Association menyarankan untuk memoderasi almon 3 hingga 5 porsi setiap minggu. Satu porsi setara dengan segenggam almond.

9. Brokoli

Para peneliti di Imperial College London mengatakan bahwa setidaknya mengkonsumsi 1 cangkir brokoli setiap hari bisa mencegah penyumbatan arteri. Sayuran ini kaya akan sulforaphane yang membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah pembentukan plak di arteri.

Karena brokoli juga tinggi vitamin K, maka hal ini sekaligus mencegah kalsium merusak arteri. Selain itu, serat tinggi dari brokoli juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol yang lebih rendah.

Asupan 2 hingga 3 porsi brokoli setiap minggu sangat baik untuk kesehatan. Satu porsi brokoli sama dengan 1/2 cangkir brokoli mentah. Pilih pengolahan yang bebas minyak, misalnya panggang atau kukus untuk memperoleh manfaat kesehatan bagi jantung.

Baca juga : Buah-buahan dan Sayuran Penurun Kolesterol

10. Asparagus

Brokoli termasuk kedalam golongan Sayuran hijau yang dikenal sangat sehat, yang juga dikenal sebagai makanan pembersih arteri. Hal ini membantu meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh, yaitu antioksidan yang membantu melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan arteri tersumbat.

Selain itu, asam alfa-linoleat dan asam folat dalam asparagus juga membantu mencegah pengerasan arteri.

Anda dapat mengkonsumsi asparagus dengan cara dikukus, dipanggang, tumis, salad atau sup.

Referensi :

  1. pnas.org
  2. imperial.ac.uk
  3. circ.ahajournals.org
  4. urmc.rochester.edu
  5. news.osu.edu

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *