Makanan Yang Membantu Meningkatkan Tinggi Badan

Makanan untuk meningkatkan tinggi badanMemiliki Tinggi badan yang ideal selalu menjadi dambaan semua orang. Biasanya, Orang yang memiliki tinggi badan yang kurang akan merasa kurang pede ketika mereka berkumpul dengan teman-teman mereka yang lebih tinggi. Memang ada beberapa produk yang menjanjikan peningkatan tinggi badan di pasaran, namun seringkali tidak dapat bekerja seperti yang diharapkan. Sebagian besar kasus, untuk dapat mencapai tinggi badan tergantung pada gen, jenis makanan yang tepat, dan latihan tertentu yang tepat. Pria bisa terus tumbuh tinggi hingga usia 25 tahun, sedangkan wanita dapat mencapai ketinggian maksimal pada usia 18 – 19 tahun.

Advertisement

Tinggi badan diatur oleh semacam hormon yang disebut Human Growth Hormone (HGH). Hormon  ini disekresikan oleh kelenjar hipofisis yang meningkatkan tinggi badan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengambil makanan yang membantu fungsi HGH untuk dapat mencapai tinggi badan yang tepat.

Meskipun tinggi badan sangat ditentukan secara genetik, namun fakta lain juga diketahui bahwa tinggi badan tergantung pada faktor-faktor luar tertentu terutama gizi. Ketinggian badan yang kurang bisa jadi akibat pertumbuhan yang lambat karena asupan gizi yang tidak memadai. Dengan demikian, menjalankan diet seimbang adalah sangat penting untuk meningkatkan peluang bisa memiliki tubuh tinggi, terutama selama usia remaja. Makanan  dan olahraga yang tepat diperlukan untuk mencapai ketinggian dan berat badan yang optimal. Untuk memastikan bahwa tubuh Anda telah mendapatkan berbagai jenis nutrisi untuk membangun otot yang kuat, ligamen dan tendon, maka penuih kebutuhan kalsium, mineral, vitamin dan protein tubuh Anda dari diet.

Untuk itu, penuhilah semua unsur nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan Anda, sebagai berikut  :

Protein:

Protein merupakan pembangun tubuh kita, sehingga sangat berperan dalam menambah tinggi badan dengan cara membangun berbagai jaringan tubuh. Terdapat makanan yang mengandung asam amino yang dirancang untuk hormon pertumbuhan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit dan gigi.

Mineral:

Makanan yang mengandung mineral termasuk magnesium, fosfor, fluoride, yodium, zat besi dan mangan juga berperan penting dalam meningkatkan tinggi badan dan pertumbuhannya.

Kalsium adalah mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang yang kuat. Sementara minuman berkarbonasi, garam , gula, lemak dan kopi adalah inhibitor kalsium, sehingga konsumsi berlebihan dapat mempengaruhi pertumbuhan Anda. Obat-obatan terlarang termasuk kebiasaan tak sehat seperti mer*kok  juga dapat menghambat pertumbuhan badan dan memiliki efek merugikan lainnya pada kesehatan.

Vitamin :

Vitamin D sangat penting dibutuhkan untuk perkembangan tulang yang sehat dan kuat . Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan, dan tulang lemah. Terlepas dari vitamin D, vitamin lain yang juga dibutuhkan untuk pertumbuhan adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C atau asam askorbat, dan vitamin F. Sebagian besar vitamin-vitamin ini terkandung dalam buah-buahan dan sayuran.

Berikut ini makanan-makanan yang akan membantu peningkatan tinggi badan Anda

1. Susu skim:

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan tulang yang kuat, sehingga tubuh pada akhirnya lebih cepat tinggi. Susu merupakan makanan sumber kalsium yang sangat baik. Selain itu, susu juga diperkaya dengan vitamin A yang berguna memelihara kalsium dalam tubuh. Susu juga mengandung protein, yang berguna membantu membangun sel-sel tubuh kita.  Minum Susu skim bebas lemak dan mengandung 100% protein –  2 sampai 3 gelas susu dianjurkan setiap hari.

Baca juga:  Makanan yang menyebabkan asam lambung tinggi

2. Produk Susu:

Selain susu, makanan produk susu juga bisa berpengaruh terhadap tinggi badan. Makanan dari susu seperti keju,   yoghurt,  dan es krim kaya akan vitamin A, B, D dan E. Makanan-makanan dari susu juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium  penting untuk pertumbuhan. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan ketinggian badan rendah. Mendapatkan asupan kalsium yang cukup juga penting terutama selama masa pubertas.

3. Buah dan Sayuran:

Selain berguna untuk meningkatkan tinggi badan, buah-buahan dan sayuran penting dalam mempertahankan gaya hidup yang sehat. Hal ini adalah sumber vitamin, serat, kalium dan folat. Vitamin A berperan membantu dalam perkembangan tulang dan jaringan tubuh. Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, semangka dan aprikot kaya akan vitamin A. Vitamin A juga ditemukan dalam sayuran seperti wortel, kacang polong, labu kuning, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar dll Selain itu, jeruk buah-buahan, berry, kentang dan tomat juga mengandung vitamin C yang membantu dalam pertumbuhan yang sehat dari tulang dan berkontribusi terhadap ketinggian seseorang.

4. Daging Ayam:

Daging ayam adalah salah satu sumber protein yang tinggi diantara beberapa makanan hewani lainnya. Bahkan, ayam menyediakan sejumlah besar protein yang diperlukan tubuh untuk membangun jaringan dan otot.

5. Daging sapi:

Terlepas dari ayam, daging sapi juga merupakan sumber penting protein. Tetapi daging sapi juga mengandung lemak yang akan meningkatkan kadar kolesterol. Ada beberapa pemotongan daging sapi yang terbaik dan lebih rendah lemak.

6. Tepung dan bijian:

Pati dan biji-bijian adalah sumber utama energi bagi tubuh kita. Selain itu, bijian menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena juga menyediakan kalori yang diperlukan, konsumsinya harus ditingkatkan terutama selama masa anak-anak dan pubertas karena ini adalah fase pertumbuhan badan yang paling cepat. Beras, jagung, dan gandum  bermanfaat bagi pertumbuhan yang tepat.

7. Telur:

Telur juga merupakan sumber protein yang baik . Putih telur mengandung 100% protein tetapi Anda juga harus mengurangi bagian kuning karena mengandung lemak tinggi. Telur juga mengandung vitamin B2, yang juga dibutuhkan untuk mempercepat tinggi badan. Untuk tujuan meningkatkan tinggi badan, 3 sampai 6 telur bisa dimakan setiap hari.

8. Kedelai:

Kedelai mengandung protein tertinggi dari semua makanan nabati . Protein murni yang terkandung dalam kedelai bermanfaat meningkatkan massa dan jaringan tulang . Untuk meningkatkan tinggi badan, 50 gram kedelai setiap hari disarankan. Vegetarian bisa memenuhi kebutuhan mereka akan protein dari kedelai .

9. Oatmeal:

Oatmeal juga merupakan sumber protein nabati. Hal ini membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Dianjurkan untuk mengoksumsi 50 gram oatmeal untuk sarapan setiap hari.

10. Kalsium Coral:

Kalsium karang diperoleh dari karang laut dapat membantu dalam meningkatkan massa tulang, sehingga membuat tulang dapat tumbuh dan memanjang. kalsium ini harus konsumsi pada usia dini untuk mendapat hasil hasil maksimal.

Tinggi badan bisa tergantung dari faktor genetik, tetapi juga bisa secara signifikan dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang tepat. Makan-makanan yang sehat yang dibarengi  dengan aktivitas fisik yang cukup dapat sangat menyumbang dalam meningkatkan tinggi badan Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *